1.056 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Pembekalan KKN Th 2018

By Doni Okta 11 Mei 2018, 15:15:00 WIB Akademik
1.056 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Pembekalan KKN Th 2018

Keterangan Gambar : Pembekalan Kuliah Kerja Nyata IAIN Batusangkar, Angkatan ke III


IAIN Batusangkar. Sebelum melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan III tahun 2018 IAIN Batusangkar, Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BPKKN) memberikan pembekalan kepada semua peserta KKN dengan Tema “Membangun Masyarakat Madani dari Pinggir” yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan lembaga, Dra.Desmita.M.Si.

Desmita mengatakan bahwa mahasiswa merupakan perpanjangan tangan dari pihak kampus yang memiliki Tri Dharma yakni dalam Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian. Desmita berpesan agar Mahasiswa serius melaksanakan KKN, karena KKN adalah mata kuliah Intrakurikuler berbobot 4 SKS. Jalankan peran Mahasiswa sebagai Fasilitator dalam pemberdayaan masyarakat di lokasi KKN nantinya, dengan penerapan berbagai latar belakang keilmuan.

Hal penting yang juga harus dijaga adalah nama baik almamater, pandai memposisikan diri sesuai kebiasaan dan budaya daerah setempat, dalam bertutur kata, berperilaku dan berpenampilan layaknya masyarakat Minangkabau yang tetap sejalan dengan falsafah ABS-SBK, ucap Desmita.

Sementara itu Ketua Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BPKKN) IAIN Batusangkar Drs. Afwadi, M.Si menerangkan bahwa Mahasiswa IAIN Batusangkar yang telah lulus administrasi dan proses wawancara untuk penempatan lokasi pada Kuliah Kerja nyata pada bulan Juli 2018 mendatang berjumlah sebanyak 1.056 orang Mahasiswa yang nantinya disebar di 5 Kabupaten yaitu, Kab. Padang Pariaman, Kab. Lima Puluh Kota, Sijunjung dan Kab. Tanah Datar, Ucap Afwadi.

Selain itu, dari 1.056 orang mahasiswa yang mengikuti KKN tahun ini, 23 orang diantaranya akan mengikuti KKN Nasional, yang bekerjasama dengan tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) yaitu 10 orang di UIR Pekanbaru, 7 orang di IAIN Padangsidimpuan dan 6 orang STIE Syariah Bengkalis, tambah Afwadi.

Yusrizal Efendi, M.Ag., selaku Ketua LPPM IAIN Batusangkar, Pembekalan merupakan betuk orientasi yang perlu dilakukan sebagai bentuk pemberian pemahaman kepada mahasiswa tentang pelaksanaan KKN dan membekali mereka dalam merancang serta merumuskan program kerja yang akan dibawa ke lokasi KKN nanti.

Pembekalan tersebut dilaksanakan dengan sistem ceramah dan diskusi yang terdiri dari lima bentuk materi, yaitu tentang Urgensi, Tujuan dan Sasaran KKN di perguruan Tinggi yang di sampaikan lansung oleh Rektor IAIN Batusangkar, materi tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten diberikan oleh masing-masing Kepala Dinas PMD Kab. dimana lokasi penempatan mahasiswa KKN IAIN Batusangkar. Kemudian materi tentang Program Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari oleh Wali Nagari di masing-masing Kabupaten, materi Teknik Teknik Identifikasi dan Pemetaan Masalah oleh Drs. Afwadi, M.Si., Ketua BPKKN IAIN Batusangkar, materi Pengkajian Potensi dan Pendekatan Taraf Kesejahteraan Keluarga untuk Pembuatan Digitalisasi Peta Kemiskinan oleh Dr. Ulya Atsani, SH., M.Hum., dan Teknik Penulisan Laporan Kegiatan KKN yang di sampaikan langsung oleh ketua Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Batusangkar.(hb/dn)