1.297 Mahasiswa IAIN Batusangkar akan Abdikan diri di 154 Jorong Se-Sumbar
Senin/17 Juni 2019. Seluruh Mahasiswa KKN IAIN Batusangkar, di Serahkan ke Daerah lokasi Masing2

By Doni Okta 19 Jun 2019, 07:51:53 WIB Kemahasiswaan
1.297 Mahasiswa IAIN Batusangkar akan Abdikan diri di 154 Jorong Se-Sumbar

Keterangan Gambar : Pemasangan Tanda Peserta KKN oleh Rektor IAIN Batusangkar


Batusangkar, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mempunyai kewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat. Implementasi pengabdian pada masyarakat di kalangan mahasiswa biasa dikenal dengan istilah prongram Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada program ini mahasiswa dapat mempraktekkan, menerpakan dan mengamalkan segala pengatahuan yang pernah dipelajari selama mengikuti pembelajaran di kampus.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Batusangkar Yusrizal Efendi, M. Ag mengatakan, Sebanyak 1297 mahasiswa IAIN Batusangkar akan melakukan pengabdian kepada masyarakat di 154 Jorong, 30 Nagari, 7 Kecamatan dan 4 Kabupaten di Sumatera Barat. Terdiri dari Kabupaten Tanah Datar, Pasaman Solok dan Kabupaten Sijunjung. Kegiatan KKN ini akan melibatkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyal 41 Orang dosen.
“Pelaksanaan KKN angkatan IV tahun 2019 IAIN Batusangkar berlangsung selama 42 hari. Kegiatan ini di mulai tanggal 17 Juni dan akan berakhir pada tanggal 26 Juli 2019, KKN anggkatan ke IV pada tahun 2019, terbagi dalam KKN Reguler dan KKN Nasional yang melibatkan tiga perguruan Tinggi terdiri dari Universitas Islam Riau (UIR) Pekan Baru, Universitas Islam Nageri (UIN) Sultas Thaha Saifiddin Jambi dan STIE-Syariah Bengkalis”.
Rektor IAIN Batusangkar. Dr. H. Kasmuri, MA dalam uapacara pelepasan KKN berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu menjaga nama baik almamater dengan selalu berupaya mengabdikan diri dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat. beliau berharap potensi yang ada di daerah KKN dan sumber dayanya dapat maksimalkan dengan baik. Kamis-13/06-2019.
“Dalam sambutan nya rektor, agar kembali meluruskan niat semata-mata untuk beribadah dalam menjalankan KKN pada tahun ini, yang penting anda sudah mendapat pembekalan sebelum di terjunkan di daerah-daerah yang telah di tentukan, ini harus dilaksanakan atau diimplementasikan di tengah masyarakat laus nantinya.”


Kasmuri menyampaikan KKN ini merupakan bentuk perwujudan nyata pengabdian perguruan tinggi secara langsung ke Masyarakat luas, untuk mengabplikasikan berbagai ilmu yang terus berkembang di dunia akademisi, dan juga terjalinnya kerjasama yang semakin baik antar IAIN Batusangkar dengan masyarakat, Pemerintah Daerah tentunya, ini akan menambah kesadaran masyarakat penting nya pendidikan.
Selain itu rektor mengingatkan kepada seluruh Mahasiswa yang akan ber KKN agar nanti, pergaulan dengan masyarakat bisa membaur dengan warga. KKN ini dilakukan tidak hanya sebagai bagian dari tugas akademis saja, melainkan juga sebagai bentuk advokasi bagi masyarakat, bisa juga nanti membantu masyarkat dalam memecahkan problem Sosial. “ucap kasmur”
Hadir dalam melepas Mahasiswa KKN, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Seluruh Dekan, Dosen Pimbimbing Lapangan dan Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Batusangkar.(dn/hm)