PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2018

Selamat & Sukses Kepada Jurusan dan Program Studi dengan TERAKREDITASI

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

PROFIL

 

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Visi : “ Unggul, Pembaharu dan Berkearifan Lokal”

Misi :

  1. Menghasilkan lulusan Ekonomi dan Bisnis Islam yang cerdas secara intelektual, spritual, emosional, sosial, dan bedaya saing dalam dunia kerja
  2. Mewujudkan pendidikan/pengajaran Ekonomi dan Bisnis Islam berbasis riset dan kearifan lokal
  3. Mewujudkan pendidikan /pengajaran Ekonomi dan Bisnis Islam secara integratif dan interkonektif berdasarkan Alquran dan Sunnah.
  4. Menghasilkan penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam yang berbasis integratif, interkonektif dan kearifan lokal.
  5. Menghasilkan Pembaharuan pemikiran dan pengembangan keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam berbasis riset dan kearifan lokal.
  6. Mempelopori kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berbasis riset ekonomi dan bisnis serta kearifan lokal.

Tujuan :

  1. Terwujudnya lulusan Ekonomi dan Bisnis Islam yang cerdas secara intelektual, spritual, emosional, sosial, dan bedaya saing dalam dunia kerja
  2. Terwujudnya pendidikan/pengajaran Ekonomi dan Bisnis Islam berbasis riset dan kearifan lokal.
  3. Terwujudnya pendidikan /pengajaran Ekonomi dan Bisnis Islam secara integratif dan interkonektif berdasarkan Alquran dan Sunnah.
  4. Terwujudnya hasil riset Ekonomi dan Bisnis Islam yang kompetitif dan berdaya saing serta terpublikasi.
  5. Tewujudnya hasil Pembaharuan pemikiran dan pengembangan keilmuan Ekonomi dan Bisnis Islam berbasis riset dan kearifan lokal.
  6. Terpeloporinya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berbasis riset ekonomi dan bisnis serta kearifan lokal.

Sejarah singkat :

                Awalnya merupakan jurusan syariah dan ekonomi Islam pada saat masih Menjadi STAIN Batusangkar, setelah beralih menjadi IAIN Batusangkar, prodi-prodi yang berada dalam jurusan syariah dan ekonomi Islam dibagi menjadi 3 fakultas, satu diantarnya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Jurusan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam :

  1. Jurusan Perbankan Syariah
  2. Jurusan Ekonomi Syariah dengan konsentrasi :
    1. Akuntansi Syariah
    2. Manajemen Syariah
  3. Jurusan Manajemen Informatika

Struktur Organisiasi :

Dekan Nasfizar Guspendri, SE., M.Si
Wakil Dekan Bidang Akademik dan kelembagaan Nailur Rahmi, M.Ag
Wakil Dekan Bidang Administasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Elfina Yenti, SE., Akt, M.Si, CA
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. David, M.Pd
Ketua Jurusan Perbankan Syariah Elfadli, SE.I., M.Si
Ketua Jurusan Ekonomi Syariah Gampito, SE., M.Si
Ketua Jurusan Manajemen Informatika Iswandi, M.Kom
Kepala Labor Perbankan dan Ekonomi Islam Romi Maimori, S.Ag., M.Pd
Kepala Labor Komputer Fitra Kasma Putra, M.Kom

 

STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

 

Struktur FEBI

 

 

 

DSC 0302

Tanah Datar, Oktober. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Batusangkar gelar Seminar Nasional Pasar Modal dengan tema “Pasar Modal dan Raksadana dalam konsep ekonomi islam”. Seminar ini bertujuan  untuk meningkatan pemahaman lebih luas bagi dosen dan mahasiswa tentang pasar modal  dan investasi baik berupa saham atau reksadana.

Seminar yang dibuka oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr.H.Kasmuri,MA ini menghadirkan narasumber ahli di bidangnya, yakni Keynote Speaker perwakilan OJK Sumatera Barat M.Taufiq, Perwakilan Bursa Efek Indonesia Irmawati Amran, Dewan Syariah Nasional MUI Kanny Hidayah.Y, Indopremier Padang Agam Rauzulma Warizki.

Kasmuri dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini, ia berharap kegiatan ini mampu memberikan pencerahan dan pemahaman kepada mahasiswa dan dosen tentang pasar modal juga jual beli saham yang selama ini seringkali kita dengar.

“Beruntung sekali dosen, mahasiswa dan para peserta yang mengikuti seminar hari ini, karena mendengarkan paparan langsung dari para narasumber yang ahli di bidangnya sekaligus praktisi pasar modal serta otoritas jasa keuangan,” katanya saat memberikan sambutan kemarin di Aula Auditorium IAIN Batusangkar.

Sementara itu, Alex Mini Direktur PT. Indopemier Sekuritas mengatakan kegiatan ini sangat baik sekali buat kita semua baik Bursa efek indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mensosialisasikan investasi berupa saham raksadana. “Jangan pernah takut berinvestasi di saham raksadana yakni untuk masa depan teman-teman dan peserta seminar semua, bahwa saham raksadana sesuatu yang sangat menguntungkan.” Ujarnya saat memberikan semangat kepada peserta seminar.

Peserta seminar diikuti oleh Lembaga keuangan di Sumatera Barat, mahasiswa se-lingkup IAIN Batusangkar , dan masyarakat umum. (Sri/HUmas)

Akreditasi : C

Visi

Menjadi program diploma unggulan dibidang informatika yang terintegrasi dengan ilmu keislaman di Indonesia

Misi

  1. Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan yang profesional dalam ilmu pemrograman komputer dan kemampuan dalam mendesain web.
  2.  Mempersiapkan ahli madya yang memiliki kompetensi programmer dengan spesialisasi pembuatan Program Aplikasi untuk Sistem Informasi Fungsional
  3.  Memberikan keterampilan yang sesuai dengan kompetensinya dalam bentuk praktek di laboratorium dan di lapangan.
  4. Menyediakan sarana dan prasarana akademik yang menunjang kepada profesionalitas, spesialisasi dan keahlian dalam bidang Teknologi Informasi

 

Kurikulum Jurusan Manajemen Informatika

Semester Kode Mata kuliah SKS
I MKK Algoritma dan Pemrograman 4
MKB Paket Program Aplikasi 3
MKK Matematika Dasar 3
MKK Manajemen Umum 2
MPK Bahasa Arab I 3
MPK Bahasa Inggris I 3
MPK Sejarah Peradaban Islam 0
II MKK Sistem Operasi 2
MKB Bahasa Pemrograman I 3
MKK Aljabar Linier 3
MKB Pengantar Teknologi Informasi 3
MKK Dasar Akuntansi I 2
MKB Rangkaian Digital 2
MPK Pendidikan Kewarganegaraan 3
MPK Bahasa Indonesia 2
MPK Bahasa Arab II 2
MPK Bahasa Inggris II 2
MPB Pengelolaan Instalasi Komputer 0
III MKK Dasar Akuntansi II 2
MKB Pengantar Jaringan Komputer 3
MKB Bahasa Assembler 2
MKB Sistem Basis Data 3
MKK Konsep Sistem Informasi 3
MKB Bahasa Pemrograman II 3
MKB Teknik Riset Operasional 3
MKB Aplikasi Disain Grafis 3
MKK Arsitektur Komputer 2
MPK Praktek Pengamalan Ibadah 0
IV MKK Sistem Informasi Manajemen 3
MKB Perancangan Basis Data 3
MKB Pemograman Berorientasi Objek I 3
MKB Statistika 3
MKB Pemrograman Terstruktur 3
MPK Akhlak Tasawuf 2
MKB Struktur Data 3
V MKB Pemograman Web I 3
MBB Magang 2
MKK Analisa dan Perancangan Sistem Informasi 4
MKK Metode Penelitian 2
MKB Sistem Informasi Akuntansi 3
MKK Teknik Kompilasi 2
MKB Pemograman Berorientasi Objek II 3
VI MPB Etika Profesi 2
MKB Pemograman Web II 3
MKB Multimedia 3
MPK Fiqh 2
MKB Tugas Akhir 4
Total 120

GI13

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia resmi berdiri di IAIN Batusangkar pada tanggal 26 Oktober 2016 yang dilakukan langsung oleh Direktur Bursa Efek Indonesia melalui perwakilannya. Kegiatan ini juga  menggandeng PT Indo Premier Securities sebagai penyedia jasa keuangan terintegrasi di pasar modal berdasarkan ijin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Galeri Investasi ini merupakan galeri resmi BEI ke-221 yang juga galeri ke-7 di Sumatera Barat, serta Galeri Investasi Syariah ke-13 yang ada di Indonesia. Selain perwakilan dari BEI serta Indopremier kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor OJK Sumbar serta Dewan Syarian Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia. Kedua perwakilan memberikan gambaran umum mengenai keabsahan bertransaksi pada BEI serta bagaimana Fatwa DSN mengenai hal tersebut.

Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Batusangkar sebagai pionir dari kegiatan ini berharap dengan pembukaan galeri ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan Ekonomi Indonesia secara umum serta ikut memberikan pendidikan kepada masyarakat luas mengenai bagaimana berinvestasi pada BEI. Secara khusus galeri ini diharapkan juga memberikan dampak nyata bagi perkembangan keilmuan Sivitas Akademika IAIN Batusangkar dalam bidang Ekonomi Syariah. Lain dari pada itu diharapkan juga adanya kesadaran dari semua kalangan baik itu mahasiswa, dosen, maupun karyawan pada IAIN Batusangkar serta masyarakat umum untuk dapat mulai berinvestasi secara Syariah melalui Galeri Investasi ini. Seperti yang disampaikan juga oleh perwakilan Indopremier bahwa untuk mulai berinvestasi terutama investasi jangka panjang tidak perlu modal yang banyak, bahkan kalangan mahasiswa dengan hanya Rp.100.000,- saja mereka sudah dapat melakukan investasi pada BEI. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi keraguan masyarakat terhadap investasi di pasar modal.

Galeri IAIN Bsk

Setelah kegiatan peresmian ini berarti Galeri Investasi Syariah IAIN Batusangkar yang beroperasi di Jl. Sudirman No. 137 Kuburajo Lima Kaum Batusangkar, Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) lantai 1 sudah dapat digunakan untuk melayani keinginan warga kampus maupun masyarakat sekitar untuk mulai berinvestasi. Bagi calon investor yang belum memahami seluk beluk serta cara berinvestasi pada Bursa Efek Indonesia dapat langsung berkonsultasi dengan pegawai galeri yang dengan senang hati akan memandu serta menerangkan hal tersebut, sehingga diharapkan tidak ada lagi kekhawatiran dalam berinvestasi dan Perekonomian Bangsa dapat semakin kokoh dengan peran serta aktif dari masyarakat.-iGe-

Akreditasi : C

Visi

Menjadi pusat pendidikan Ekonomi Syariah bidang ilmu manajemen syariah terkemuka dan unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kepemimpinan yang dipadukan dengan nilai-nilai syariah serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat global

Misi

  1. Menyediakan pelayanan pendidikan manajemen syariah kepada mahasiswa dalam rangka membentuk kompetensi yang bertaqwa kepada Allah SWT, berjiwa wirausaha dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidangnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  3. Memberikan peluang bagi staf akademik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan disiplin ilmunya melalui pendidikan formal maupun non formal.
  4. Memberikan penghargaan yang tinggi kepada staf akademik dan karyawan program studi konsentrasi manajemen syariah dalam bentuk peningkatan kesejahteraan dan pengembangan karir

 

Kurikulum Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Syariah

Semester Kode Mata Kuliah SKS
I MPK Bahasa Arab I 2
MPK Bahasa Inggris I 2
MPK Akhlak Tasawuf 2
MPK IAD 2
MKK Teologi Islam 2
MPK Pengantar Manajemen Syariah 3
MKK Matematika Ekonomi 3
MKK Pengantar Akuntansi I 3
MKK Pengantar Ekonomi Syariah 2
II MPK Bahasa Arab II 2
MPK Bahasa Inggris II 2
MPK Civic Education/Pendidikan kewargaan 3
MKK Lembaga Keuangan Syariah 2
MKB Bahasa Indonesia 2
MKK Ushul Fiqh I 2
MKB Pengantar Akuntansi II + Lab 3
MKK Ilmu Ekonomi Mikro Islam 2
MPK Sejarah Perabadan ekonomi Islam 2
III MKB Bahasa Arab Ekonomi 2
MKB Bahasa Inggris Ekonomi 2
MKK Ushul Fiqh II 2
MKK Ilmu Ekonomi Makro Islam 2
MKK Pengantar Manajemen Keuangan 3
MKK Statistik I 2
MKB Kapita Selekta Fiqh 2
MKB Akuntansi Biaya + Lab 3
MKK Fiqq Muamalah I 2
MKB Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi 3
IV MKB Hadits-hadits Ekonomi 3
MKB Fiqh Muamalah II 2
MKK MManajemen SDM Syariah 3
MKK Manajemen Keuangan Syariah 3
MKB Statistik II 2
MKK Sistem Informasi Manajemen 3
MKK Akuntasi Manajemen 3
MKB Hukum Ekonomi Syariah 2
V MKK Manajemen Pemasaran Syariah 3
MKK Manajemen Strategik 3
MKK Metodologi Penelitian Ekonomi 3
MKB Analisis Laporan Keuangan Syariah 3
MKK Penganggaran Perusahaan Syariah 3
MKB Ekonomi Manajerial 3
MKK Manajemen Operasional 3
VI MKK Manajemen Produksi Syariah 3
MKK Manajemen Risiko Syariah 3
MKB Kewirausahaan* 3
MKB Manajemen Koperasi dan Usaha Kecil* 3
MPB Manajemen Ziswaf* 3
MKB Akuntasi Keuangan Syariah* 3
MKK Sistem Pengendalian Manajemen* 3
MKB Perpajakan 3
MKK Manajemen Investasi Syariah 3
VII MKB Magang 3
MPB Aspek Hukum dalam Bisnis 3
MKK Studi Kelayakan Bisnis 2
MPB Fiqh Kontemporer 3
MPB Etika Bisnis Syariah 2
VIII MKB Skripsi 6
MBB KKN 4
Total SKS 156