PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2018

Selamat & Sukses Kepada Jurusan dan Program Studi dengan TERAKREDITASI

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

SirajulMunirMPD

Dr. Sirajul Munir, M.Pd-Dekan FTIK

 

Visi, Misi dan Tujuan FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)

Visi

Integratif dan Interkonektif, Berkearifan Lokal dan Bereputasi Global dalam Keilmuan Pendidikan dan Keguruan pada Tahun 2030

Misi

  1. Menyelenggarakanpembelajaran yang integratif, interkonektif dalam keilmuan pendidikan dan keguruan berkearifan lokal, didasarkan pada Al-Qur’an dan hadis.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang keilmuan dan pendidikan yang integratif, interkonektif bernuansa kearifan lokal.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat bidang pendidikan dalam perspektif Islam yang bermanfaat bagi masyarakat luas agar tercipta masyarakat yang religius.
  4. Mengembangkan manajemen yang kondusif dalam pengelolaan pendidikan.
  5. Melaksanakan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga lain dalam dan luar negeri.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, mandiri, dan bertanggung jawab
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten, kritis, inovatif, dan berdaya saing dalam dunia kerja.
  3. Terwujudnya hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan.
  4. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis keilmuan pendidikan.
  5. Terciptanya tata kelola fakultas yang transparan, berkeadilan dan terintegrasi.
  6. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri dalam pengembangan program pendidikan.

Jurusan:

  1. Pendidikam Agama Islam
  2. Pendidikan Bahasa Arab
  3. Tadris Bahasa Inggris
  4. Tadris Matematika
  5. Tadris Biologi
  6. Tadris Fisika
  7. Manajemen Pendidikan islam
  8. Bimbingan Konseling
  9. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  10. Tadris Kimia

Struktur FTIK2017

 

 

asesmenbanptBKRektor IAIN Batusangkar saat membuka kegiatan Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan Konseling secara resmi2

 

Humas_IAIN Batusangkar, Jurusan Bimbingan Konseling (BK), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar divitasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT), 14-15/11 di Ruang pertemuan Dosen IAIN Batusangkar. Dalam rangka pembajharuan akreditasi setelah STAIN batusangr berubah menjadi IAIN Batusangkar pada Desember tahun 2015 lalu.

Setelah mengirimkan borang akreditasi dan mendapatkandesk evaluation, pada hari Senin–Selasa, 14—15/ 11 dilaksanakan visitasi penilaian lapangan oleh tim asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.Kons. dan Dr. Adi Atmoko, M.Si

Kunjungan yang berlangsung dari tanggal 14-15/11 ini,  dalam rangka memverifikasi borang Jurusan BK. Borang tersebut merupakan dokumen yang menentukan nilai akreditasi Bimbingan Konseling. Tujuan visitasi ini adalah untuk melihat mutu, kualitas, kinerja dari Jurusan BK, sarana prasana, pengembangan dosen, fasilitas belajar, seperti penggunaan lab, mutu, profesionalitas dari komponen-komponen Jurusan, materi yang diajarkan dan sarana pendukung lainnya

Suasana hangat dan penuh keakraban menyelimuti penyambutan asesor oleh pimpinan IAIN, Dekan Tarbiyah, Kajur BK, dan dosen BK. Seperti biasa Rektor IAIN, Dr. H. Kasmuri, M.A mengucapkan selamat datang kepada tim asesor BAN-PT. Akhirnya tak lupa beliau memberikan kenang-kenangan sebagai wujud pernah berkunjung ke IAIN berupa cinderamata khas IAIN dan beberapa buku mengenai Profil dan Mengenal Lebih Dekat IAIN.

Rektor menyebutkan dalam penyusunan borang akreditasi banyak pihak yang turut mendukung peningkatan akreditasi hingga pengiriman borang kepada BAN-PT,” ujarnya

Jurusan Bimbingan konseling selama ini  terus membangun hubungan kekeluargaan yang kompak. Hal ini sangat baik dan sangat dibutuhkan lantaran, penguatan sebuah lembaga turut didukung oleh hubungan emosional yang baik pula.

“Harapannya, kita mendapat akreditasi yang terbaik artinya segala perlengkapan yang sudah kita benahi selama ini, kita optimis jurusan ini mendapatkan akreditasi sesuai harapan,”tutupnya

Verifikasi dimulai dari borang visi dan misi Jurusan Bimbingan Konseling dan dokumen kelengkapan borang Jurusan cukup memakan waktu karena perlunya menunjukkan dokumen yang menjadi lampiran setiap standar dalam borang. Dengan pendampingan yang dilakukan oleh kajur, Dasril,S.Ag, M.Pd disertai Tim Penyusun Borang, pencermatan item penilaian berjalan lancar.

Dr. Adi Atmoko, M.Si selaku ketua Tim Asesor BAN-PT menyampaikan kedatangannya di IAIN Batusangkar selain menjalin silaturahmi sesama muslim, kedatangannya kali ini dalam rangka melakukan kroscek kecocokan sebagaimana laporan yang telah diterima BAN PT.

“Kita akan coba mencocokkan atas apa yang telah ditulis Jurusan BK dalam laporannya ke BAN-PT dan yang tak kalah penting adalah kita di sini akan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran,” terangnya(Hms/SW)

Wakil Rektor Dr. Marjoni ImamoraM.Sc menyerahakan Piala Kepada Juara I Tingkat SMA2

INSAN CERDAS BERSAMA FISIKA”

Humas_IAIN Batusangkar, Ratusan siswa/si SMP/SMAN ikuti olimpiade Fisika yang digagas oleh Jurusan Fisika Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Batusangkar, dengan mengusung tema “Insan Cerdas Bersama Fisika” yang bertempat di Aula Auditorium IAIN Batusangkar.

Sebanyak 475 peserta sangat antusias dalam mengikuti perlombaan dan memperebutkan piala bergilir. Pada olimpiade itu, untuk tingkat SMAN/MA juara I diraih oleh SMA 1 Lubuak Alung atas nama Panji Perman, Juara II MAN Kubang Putih (Tiva), Juara III SMA Islam Raudatul Jannah Payakumbuh (Rara Aulia Putri). Sedangkan tingkat SMP juara I diraih oleh SMP 1 Bukit Tinggi (Ellaisyah Azizah), Juara II SMP Islam Raudatul Jannah Payakumbuh (Aiket Jettu), Juara III SMP 1 Batusangkar (M.Afdal).      

Sementara itu, SMAN 1 Sumbar keluar sebagai juara umum, sedangkan tingkat SMP/MTs juara umum diraih oleh SMP 5 Batusangkar. Olimpiade yang diselenggarakan Jurusan Fisika ini dilaksanakan akhir pekan lalu di lingkungan kampus IAIN Batusangkar.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan Dr.Sirajul Munir, M.Pd mengatakan olimpiade fisika tingkat SMA/MA dan SMP/MTs sederajat merupakan sebuaheventyang sangat menyenangkan. “Saya berpesan kepada pelajar khususnya generasi muda yang mengikuti olimpiade fisika ini bahwa fisika sebagai ilmu pengetahuan mempunyai potensi dan keseruan yang tidak terbatas.” Tutur Dekan Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan saat menyampaikan sambutannya

Lebih lanjut, peserta tidak hanya untuk Tanah Datar, namun diikuti oleh siswa seluruh Sumbar. Iven ini juga disinergikan dengan program pendidikan di sekolah. Sesuai dengan temanya, “Insan cerdas bersama fisika”. (Sri/Humas)

222222

 

Rangkaian Acara Menyongsong Milad I dan Peresmian IAIN Batusangkar 21 Desember 2016

Batusangkar Oktober 2016.  IAIN Batusangkar melalui Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) melaksanakan seminar internasional tentang kependidikan yang bertema “Building Golden Generation” atau membangun generasi emas.  Seminar yang diselenggarakan pada hari Kamis sampai Jumat tgl 27 dan 28 Oktober di kampus IAIN ini menghadirkan para pakar pendidikan dari dalam dan luar negeri.  Hadir sebagai keynote speaker adalah Prof.Branislav Pupala, Ph.D yang merupakan guru besar dari Trnava University Slovakia, Prof. Zaidi, Ph.D guru besar University Selangor Malaysia dan Prof.Dr.H.Hasan Zaini, MA guru besar IAIN Batusangkar.   Seminar ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan praktisi pendidikan, birokrat, LSM, guru dan mahasiswa.

Acara yang langsung dibuka oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr.Kasmuri, MA berjalan dengan sukses dan menarik karena begitu tingginya antusiasme peserta yang bertanya dalam sesi diskusi. Dalam sambutannya Dr.Kasmuri, MA menyampaikan bahwa dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia Emas tahun 2045 kita mesti melakukan inovasi-inovasi pendidikan dalam berbagai bidang pendidikan.  Tren pendidikan global adalah mengggali kembali nilai-nilai pendidikan yang berbasis dari kulturbu daya lokal dan nilai-nilai keagamaan.

Sementara itu Dekan FTIK Dr.Sirajul Munir, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar ini akan dilaksanakan setiap tahun sebagai salah satu bentuk kepedulian perguruan tinggi dalam mensukseskan agenda pendidikan di Tanah Datar khususnya dan di Indonesia umumnya.  Acara ini juga merupakan salah satu agenda akademik dalam rangka memperingati Milad IAIN yang pertama yang akan diselenggarakan acara puncaknya padat gl 21 Desember 2016 nanti yang akan dihadiri oleh beberapa orang Mentri dan pejabat negara.

Disamping acara seminar tersebut FTIK IAIN juga melakukan penandatanganan MoU kerjasasama dengan seluruh fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Sumatera Barat.  Kerjasama ini mencakup kajian pendidikan, penelitian, networking, penulisan artikel dan lain sebagainya. 

Seminar ini juga dibagi kedalam sesi parallel yang menampilkan 44 pemakalah dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.  Ketua pelaksana seminar Yulnetri, M.Pd mengatakan sangat puas dengan suksesnya acara ini dan mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada seluruh Panitia yang sudah berjibaku mendukung acara ini.

Semua makalah yang ditampilkan dalam sesi parallel memunculkan ide-ide cemerlang untuk perbaikan pendidikan Indonesia yang berbasis kultur local dan keagamaan.  Salah seorang pemakalah Irwan, M.Pd menyajikan ide untuk mengangkat pola pendidikan surau kedalam bentuk long distance learning (e-learning) sehingga semua bentuk pendidikan surau bisa diakses oleh seluruh masyarakat.  Tema ini mendapat sambutan positif dari Prof.Branislav Pupala dari Slovakia dan akan dijadikan pilot projek riset pendidikan berbasis kultur local pada tahun 2017 nanti dalam bentuk join research project.(irw/humas)

seminar brochure Copy 2

Seminar Internasional Pendidikan, Pada Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik link berikut >> Info Seminar <<