BATUSANGKAR INTERNATIONAL CONFERENCE 2ND, THEME " ISLAMIC ECONOMIC DEVELOPMENT: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN GLOBAL ECONOMIC COMPETITION", OCTOBER 14-15, 2017
CLICK HERE FOR MORE INFORMATION...

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72, "INDONESIA KERJA BERSAMA"

Akreditasi : B

Program Pascasarjana dengan konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam dilaksanakan sejak terbitnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.Dj. I/ 806.A/2010 tentang izin penyelenggaraan program studi strata dua Manajemen Pendidikan Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar tanggal 22 November 2010.

A. Visi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Pernyataan visi yaitu “Menjadi Pusat Keunggulan dalam Studi Manajemen Pendidikan Islam yang Integratif dengan Memanfaatkan Al-Quran dan Sunnah sebagai Landasan Keilmuan”.

Pernyataan visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pusat keunggulan dalam Studi Manajemen Pendidikan Islam yang integratif

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam bertujuan dan berisikan kurikulum dengan mengintegrasikan ilmu-ilmu manajemen ke dalam lembaga pendidikan Islam. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ini mempunyai nilai lebih dibanding program studi Manajemen Pendidikan Islam pada perguruan tinggi lainnya. Adanya keunggulan bersaing sehingga memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dan stakeholders secara keseluruhan. Program studi ini menjadi contoh dan tolak ukur bagi program studi magister manajemen pendidikan Islam di perguruan tinggi lainnya.

 Al-Quran dan Sunnah sebagai Landasan Keilmuan

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam mengkaji ilmu pendidikan Islam dengan pendekatan manajemen yang tetap berlandaskan kepada dua sumber hukum Islam yaitu Al-quran dan Sunnah. Semua aktifitas perkuliahan, pengelolaan program studi dan materi pembelajaran selalu didasarkan kepada Al-quran dan Sunnah.

B. Misi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Misi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam adalah sebagai Berikut:

  1. Menyiapkan Magister Manajemen Pendidikan Islam yang mampu mengintegrasikan Al-Quran dan Sunnah serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam manajemen pendidikan Islam.
  2. Mengembangkan ilmu manajemen pendidikan Islam melalui pengkajian dalam penelitian ilmiah dengan mengintegrasikan manajemen pendidikan dengan nilai keislaman dalam rangka membangun manusia unggul secara moral, intelektual dan amal serta profesional.
  3. Meningkatkan partisipasi tenaga kependidikan untuk menumbuhkembangkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam di tengah masyarakat yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Islam dan budaya bangsa Indonesia.
  4. Menata manajemen yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi modern.

C. Tujuan Program StudiMagister Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Tujuan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan lulusan yang memiliki keahlian yang komprehensif dalam bidang manajemen pendidikan Islam.
  2. Melahirkan lulusan yang mampu menampilkan diri dengan pemikiran-pemikiran strategis dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan kontekstual dan transformasi serta memahami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi bernafaskan Islam.

D. Sasaran Program StudiMagister Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam dituangkan dalam Rencana Strategis Pengembangan Program Pascasarjana STAIN Batusangkar tahun 2012 -2016. Adapun tema pengembangan periode ini adalah pengembangan penguatan kelembagaan dan modernisasi pelayanan (capacity building and modernization). Sasaran dan strategi pengembangan program studi yang ingin dicapai adalah:

  1. Terciptanya magister manajemen pendidikan Islam yang mampu menjadi manajer dalam bidang pendidikan dan bidang lainnya.
  2. Terciptanya magister manajemen pendidikan Islam yang dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi (doktoral)
  3. Terwujudnya Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam untuk dapat terakreditasi dengan baik.
  4. Tersedia sarana dan prasarana pendidikan yang representatif sehingga terciptanya iklim perkuliahan yang kondusif.