Atasi COVID-19 Dosen IPA IAIN Batusangkar Hasilkan Hand Sanitizer beraroma Sereh
Hasilkan Hand Sanitizer beraroma Sereh

By Doni Okta 24 Mar 2020, 08:48:15 WIB Penelitian dan Pengabdian
Atasi COVID-19 Dosen IPA IAIN Batusangkar Hasilkan Hand Sanitizer beraroma Sereh

Keterangan Gambar : Hand Sanitizer beraroma Sereh


Batusangkar, Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri Batusangkar ciptakan alternatif produk penyanitasi tangan (hand sanitizer) dengan kandungan formula potensial beraromakan sereh, langkah dini pencegahan penyebaran wabah Corona Virus (COVID-19). Rabu/18-03-2020.

Produk yang dikembangkan oleh beberapa dosen IPA IAIN Batusangkar Aidhya Irhash Putra. S.Si.,MP dan Maya Sari, M.Si. ini memiliki kandungan yang lebih ampuh membunuh virus, jamur, dan bakteri dan terutamanya menagtasi wabah Corona Virus (COVID-19). karya ini didorong dengan kelangkaan hand sanitizer di pasaran.

Aidhya menyebutkan, secara formulasi untuk 1 liter hand sanitizer aroma sereh mengandung Etanol 96% berfungsi zat anti Mikroba, Gliserol 98% berfungsi sebagai pelembab dan Hidrogen Peroksida 3% dapat berfungsi mempertahankan pH dan juga Air steril atau Aquadest, sedangkan Maya Sari menututurkan prosedur dalam pembautannya depat mengunakan gelas ukur 1000 ml, becker glas, gelas ukuran 50 ml, batang pengaduk dan botol kaca.

“Dalam pengunaan hand sanitizer aidhya dan maya menerangkan prosedur sejumlah 833 ml etanol 96% dimasukan ke dalam gelas ukuran 1000 ml. dan ditambahkan 41,7 ml hydrogen peroksida 3% kedalam gelas ukur berisi etanol, selanjutnya 14,5 ml gliserol 98% juga ditambahkan air 1000 ml dan aduk hingga homogeny, dan ini semua akan kita diamkan selama 72 jam dan akan siap kita gunakan untuk mengatasi wabah Corona Virus (COVID-19) ini. Dan kita juga merujuk pada Badan Pengawas Obat dan Makan dalam Surat Edaran”

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA mengapresiasi hasil kerja dari para dosen IAIN Batusangkar terutama dosen MIPA pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang telah menciptakan hand sanitizer dalam pencegahan dini wabah Corona Virus (COVID-19).

Begitu juga Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora, M.Sc yang juga dosen MIPA IAIN Batusangkar, produk hand sanitizer yang telah kita ciptakan akan kita pergunakan untuk semua dosen dan karyawan IAIN Batusangkar, terutama kita tarok pada Pinger Print di setiap Fakultas dan Institut.

Kita juga mendorong para dosen MIPA untuk membuat hand sanitizer lebih banyak dan ini bisa kita bagikan kepada semua dosen dan karyawan IAIN Batusangkar, harapan kita bisa mengantisipasi, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus (COVID-19) khususnya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar “tuutup marjoni” (hm/dn/cp)