BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan, Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar Targetkan A
Tujuh Jurusan Sudah Terakreditasi A

By Putra Lanova 04 Jul 2019, 07:36:02 WIB Akademik
BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan, Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar Targetkan A

Keterangan Gambar : Penyerahan Cendra mata dari wakil rektor I ke BAN-PT


IAIN Batusangkar, Dua orang Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan Asesmen Lapangan di IAIN Batusangkar dalam rangka Akreditasi Jurusan Tadris Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 19/06-19 Kampus I IAIN Batusangkar.
Adapun Tim Asesmen BAN-PT tersebut terdiri dari Dr. Maria Paristiowati, M.Si dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Dr.Ratna Ningsih Eko Sardjono, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Rektor IAIN Batusangkar yang di wakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Desmita, M.Si mengatakan di hapapan Asesor BAN PT, dalam visistasi kali ini kita betul-betul untuk meningkatkan proses pengajaran di IAIN Batusangkar, dan nantinya kita bisa melahirkan atau meluluskan mahasiswa betul-betul mempunyai standar mutu yang jelas dari BAN-PT.
“ini kita harapkan akan menambah nilai dalam meningkatkan mutu pendidikan di IAIN Batusangkar, dalam rangka asesmen lapangan ini kita perlihatkan apa-apa yang telah kita miliki dan yang telah kita tuangkan dalam borang, yang telah kita kirimkan ke BAN-PT. nantinya apa yang kita miliki sesuai dengan kenyataan, ini akan menambah teretan panjang Akreditasi “A” yang kita miliki di IAIN Batusangkar.”
kita berharap hasilnya akreditasi yang di visitasi oleh BAN-PT akan membuktikan kita betul-betul siap dalam menjalankan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar minimum mutu pendidikan, dan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap IAIN Batusangkar," ujar desmita.

Sementara itu Tim asesor mengatakan dalam visitasi kali ini, sebelumnya kami telah menilai apa yang telah bapak/ibu tuangkan dalam borang, ini akan kita klarifikasi kebenaran-kebenaran data yang telah di tuangkan dalam borang.”ucap Maria Paristiowati”
“Proses akreditasi ini betul-betul pembinaan dan pembelajaran apa yang kita ciptakan dalam proses pendidikan terutama di jurusan Kimia IAIN Batusangkar, dan informasi-informasi baru terus kita ciptakan sebagai penyelenggara pendidik di Institusi”
Sementara itu Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd. mengatakan yang menjadi tolak ukur penilaian dari BAN-PT tersebut meliputi aspek:  visi dan misi, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum dan pembelajaran, sarana dan prasarana, sistem informasi dan terakhir penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. Inilah yang diniilai oleh BAN-PT dan alhamdulillah kita bisa memenuhi standar tersebut. (dn/hm)