822 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Mandiri IAIN Batusangkar

By Doni Okta 24 Jul 2018, 10:53:26 WIBKemahasiswaan

822 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Mandiri IAIN Batusangkar

Keterangan Gambar : Kunjungan Rektor


IAIN Batusangkar, melaksanakan Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri. Sebagaimana yang dijadwalkan PMB Jalur Mandiri tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari Selasa, 24 hingga Kamis, 26 Juli 2018.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA, didampingi Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. Ketua Pelaksana Ujian Mandiri Dr. Ulya Atsani, S.H., M.Hum, yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  dan Tim Humas melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi Ujian Jalur Mandiri di kawasan kampus 1.

Ketua Panitia PMB IAIN Batusangkar Dr. Ulya Atsani, S.H., M.Hum, menyatakan meskipun sudah banyak mahasiswa baru yang sudah diterima melalui jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN namun ternyata minat calon mahasiswa untuk masuk ke IAIN Batusangkar Jalur Mandiri masih cukup besar. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah PMB Jalur Mandiri yang diikuti oleh 822 calon mahasiswa baru, yang telah mendaftarkan diri nya ke IAIN Batusangkar melalui online ke website IAIN Batusangkar sejak 18 Juni hingga 20 Juli 2018.

Dilihat dari minat calon mahasiswa baru dalam memilih jurusan yang ada di IAIN Batusangkar dalam PMB Jalur Mandiri ini, adalah empat Fakultas yang akan dipilih oleh calon mahasiswa baru, terdiri dari sebelas jurusan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, tiga jurusan di Fakultas Syariah, enam Jurusan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dan tujuh jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Ilmu, sambung Ulya Atasni.

Sementara itu Wakil Rektor I Desmita mengatakan, mengenai peminat jurusan favorite calon Mahasiswa IAIN Batusangkar tahun ini jurusan-jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan ada peningkatan siknifikan pada jurusan-jurusan yang ada pada Fakultas ushuluddin, Adab dan Dakwah yakni Pada jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dengan Konsentrasi Broadcsting dan Jurnalistik dan Psikologi Islam, ulasnya.

Adapun ujian meliputi materi-materi antara lain, Pengetahuan Agama, Pengetahuan Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum bidang IPA antara lain Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, PPKN, UUD 45. Sementara itu Pengetahuan Bidang IPS antara lain Matematika, Ekonomi, Sejarah, Geografi, PPKN, UUD 45, dan juga ujian lisan. Sedangkan hasil PMB akan diumumkan melalui website IAIN Batusangkar pada hari Jumat, 3 Agustus 2018.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA. Mengatakan ujian PMB ini merupakan tahap terakhir dari beberapa tahapan penerimaan mahasiswa baru di IAIN Batusangkar.

"Tahap pertama adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), selanjutnya Ujian Masuk (UM) PTKIN dan terakhir Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri," ujarnya. (hm/dn)