Empat Jurusan IAIN Batusangkar Terakreditasi “A” dari BAN-PT

By Putra Lanova 27 Feb 2018, 10:31:12 WIBAkademik

Empat Jurusan IAIN Batusangkar Terakreditasi “A” dari BAN-PT

Keterangan Gambar :


Batusangkar Kamis, 4/1’’18: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, bahagia dan bangga dengan Terakreditasinya beberapa jurusan di awal tahun 2018. Terakreditasinya Jurusan dan satu Program Studi Pascasarjan (S2) IAIN Batusangkar oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras seluruh tim, yang melibatkan semua unsur perwakilan civitas akademika mulai dari pimpinan, dosen, pegawai, dan juga mahasiswa. Semoga menjadi berkah untuk kita semua”.kata H. Kasmuri, Rektor IAIN Batusangkar.

Dikatakan Ketua Lembaga Penjamin Mutu Ridwal Trisoni, Akreditasi sendiri merupakan tanggung jawab perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur oleh Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan terakreditasinya Jurusan dan Program Studi Pascasarjana IAIN Batusangkar, menjadi upaya Institusi kita menjamin mutu suatu lembaga pendidikan kepada lembaga yang independen, disini BAN-PT. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu di IAIN Batusangkar.

Standar akreditasi merupakan tolok ukur yang harus dipenuhi oleh institusi perguruan tinggi, yang digunakan untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan institusi. Suatu standar akreditasi terdiri atas beberapa elemen penilaian (parameter/indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan, ucap Ridwal Trisoni.

"Puji Syukur, Akreditasi yang diperoleh dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap IAIN Batusangkar," Hasil ini cukup membanggakan kita semua karena Jurusan dan satu Program Pascasarjana pada IAIN Batusangkar memperoleh nilai akreditasi dari BAN PT, yakni Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan nilai A, Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan nilai A, Jurusan Tadris Fisika dengan nilai B, di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Sedangkan di Fakultas Syariah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) dengan nilai A Jurusan Ahwal Al Syakhshiyyah (AS) dengan nilai A, dan Jurusan Hukum Tata Negara (siyasah) Terakreditasi BAN-PT, sedangkan pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Jurusan Ilmu Al-Quran Tafsir dengan nilai B, dan Pascasarjana S2 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) memperoleh Nilai B. Sementara Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) masih Menunggu keputusan dari BAN-PT. Insyak Allah kita berharab juga dapat nilai A. Kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Desmita.

Dengan terakditasinya Jurusan dan 1 Program Studi Pascasarjan di IAIN Batusangkar maka hal ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk lebih giat dalam meningkatkan mutu serta kualitas Pendidikan sehingga menjadi perguruan tinggi negeri terkemuka di Sumatera Barat serta Indonesia, dan tidak tertutupnya kemungkinan menjadi "World Class University" seperti target yang dicanangkan kedepannya, dalam Rencana Indek Pegembangan IAIN Batusangkar, Ucap Desmita.

Dengan nilai A sebagai patokan standar jaminan mutu tertinggi, dan nilai ini akan menjadi asset penting bagi IAIN Batusangkar. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Adapun target lain tahun depan adalah menjadikan semua jurusan di lingkungan IAIN Batusangkar untuk dapat memperoleh akreditasi dengan nilai A dan ISO yaitu Akreditasi Standar Internasional. Sambung desmita, (dn/hm)