FTIK IAIN BATUSNAGKAR PERTAJAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DALAM MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD 21.

By Doni Okta 11 Mei 2018, 11:30:46 WIBAkademik

FTIK IAIN BATUSNAGKAR PERTAJAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DALAM MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD 21.

Keterangan Gambar :


Batusangkar (3/5) – Menjawab tantangan pendidikan pada abad 21, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar menggelar workshop peningkatan kompetensi pedagogik dosen yang fokus pada pembahasan “Sosok Utuh Kompetensi Dosen dan Impelementasinya dalam RPS dan Pembelajaran”. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh kepedulian FTIK sebagai salah satu fakultas yang sudah seharusnya mapan dalam menghadirkan sosok dosen yang utuh guna memberikan role model kepada mahasiswa yang akan diluluskan sebagai calon tenaga pendidik dan kependidikan yang akan di pakai oleh masyarakat.

Kegiatan yang bertempat di Hotel Emersia Batusangkar ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Desmita, M.Si. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa “hendaknya kegiatan ini bukan hanya pelaksanaannya saja, namun bagaimana kegiatan ini menyentuh pada ranah aspek pedagogik dosen dan dapat diterapkan dalam pembelajaran perkuliahan”.

Menyambung apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor, Dekan FTIK IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyampaikan hal yang senada. Ia berujar “kegiatan workshop ini hendaknya menjadi salah satu langkah bagaimana untuk menjadi sosok dosen yang utuh yang bukan hanya sekedar transfer of knowledge tetapi juga transfer of manner di era keterbatasan zaman dengan kondisi Crisis of moral”.

Acara yang digelar pada tanggal 03 Mei 2018 tersebut menghadirkan 150 dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dengan menghadirkan Narasumber Nasional yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yakni Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. beliau menyampaikan bahwa pedagogi merupakan ilmu mendidik yang berkaitan dengan teaching atau pengajaran saja yang fokus pada transfer materi, namun pedagogi juga berkaitan dengan bagaimana komunikasi, transaksi, dan sentuhan psikologis yang mengarahkan pada peserta didik untuk menantang pada proses berpikir kritis. Selain itu, konsep pedagogi dalam pembelajaran hendaknya memiliki sebuah tujuan secara terukur dalam sebuah proses pembelajaran yang akan mengarah pada profil umum.

Tidak hanya fokus pada pembahasan pedagogi, kegiatan workshop juga disisipkan materi tentang penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh tenaga pengajar atau dosen FTIK khususnya faham akan fungsi dan penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran. karena e-learning bukan hanya sekedar pangkalan data untuk pengisian nilai, namun dapat dieksplorasi sebagai bentuk kemudahan dalam proses administrasi perkuliahan di kampus. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Tim IT IAIN Batusangkar yakni Zikra Wahyu, M.Kom dan Fauzi. MS., M.Kom yang menyebutkan bahwa “E-learning  yang ada dikampus sudah selayaknya digunakan untuk banyak hal, baik itu pada absensi perkuliahan maupun pada berbagai hal yang dapat membantu mempermudah mahasiswa dalam kegiatan akademik. Hal tersebut juga berkaitan dengan proses bimbingan dan pangkalan data yang pada akhirnya akan dibutuhkan pada masa yang akan datang”. (zal/dn)