Mahasiswa IAIN Batusangkar Raih Juara II Grand Final Semarak Fisika Tingkat Nasional

By Putra Lanova 11 Mar 2018, 20:52:42 WIBAkademik

Mahasiswa IAIN Batusangkar Raih Juara II Grand Final Semarak Fisika Tingkat Nasional

Keterangan Gambar :


IAIN Batusangkar, Kabar menggembirakan bagi keluarga besar Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Pasalnya Tim Lomba Fisika dari kampus yang baru saja jadi IAIN ini, meraih Juara II dalam ajang Grand Final Semarak Fisika Tingkat Nasional pada (24/2) di IPB Bogor.

Semarak Fisika 2018 merupakan kegiatan yang terdiri dari seminar dan pameran perlombaan karya. Pameran Perlombaan Karya Semarak Fisika 2018 dinilai sebagai perhelatan bergengsi, ajang kompetitif bagi mahasiswa fisika seluruh Indonesia. Tema Semarak Tahun ini adalah: “Mengoptimalkan Aplikasi Fisika yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan sebagai Kontribusi Bagi Indonesia”.

Mahasiswa Tim Lomba Semarak Fisika dari IAIN Batusangkar terdiri dari Muhammad Gifron (Ketua), Nelmi Agustina dan Doris Wela (anggota) telah berhasil menyisihkan pesaingnya yang berasal dari kampus-kampus ternama di Wilayah II IHAMAFI, yang meliputi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Setelah melewati perjalanan yang panjang dari mulai pendaftaran lomba pada tanggal 15-31 Januari 2018, masuk 10 besar Grand Final Semarak Fisika menyisihkan ratusan peserta dari perguruan tinggi terkemuka. Dan akhirnya meraih Juara II Tingkat Nasional.

Di era keterbukaan dan persaingan bebas seperti sekarang ini, perguruan tinggi manapun bisa bersaing secara fair dengan mahasiswa lainnya. Termasuk mahasiswa dibawah binaan Kementerian Agama yang ada di UIN, IAIN dan STAIN.

Tim Mahasiswa Jurusan Fisika IAIN Batusangkar Semester VI ini mengambil bagian dalam Perlombaan Pameran Produk dengan mengangkat judul paper: “Penerapan Sains Sebagai Solusi Permasalahan Energi Listrik Dalam Kehidupan Sehari-Hari”.

SEMARAK 2

Ketua Jurusan Fisika IAIN Batusangkar Veni Haris bersama Wakil Rektor II Marjoni Imamora yang mendampingi di IPB Bogor merasa bangga atas prestasi anak didiknya. “Tidak sia-sia persiapan dan latihan serta seleksi yang selama ini kami lakukan, anak-anak menyajikan prestasi yang membanggakan almamater kami”, kata Veni.

Grand Final Semarak Fisika 2018 di gelar oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) diikuti oleh sejumlah kampus-kampus ternama seperti Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Padjajaran Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, UIN Bandung, UIN Jakarta dan IAIN Batusangkar.

Menanggapai prestasi itu Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap tiga Mahasiswa Jurusan Fisika itu.”Terimakasih anak-anakku, jerih payah yang kalian lakukan selama ini telah membuahkan hasil dan IAIN berhutang budi pada kalian”, katanya.

Kasmuri yang didamping Wakil Rektor III Rizal menyampaikan, prestasi ini bagi kami istimewa disaat kami baru melakukan pembenahan dan penguatan sains dan teknologi di sini.

Sementara itu, Rizal sebagai Wakil Rektor III yang bertugas membina mahasiswa mengatakan mahasiswa-mahasiswa sang juara itu adalah mahasiswa yang selama ini berprestasi di Jurusan Fisika. “Ternyata mahasiswa kami tidak kalah bersaing dengan mahasiswa umum lainnya di tanah air”.(hm/dn)