Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin Resmikan Gedung FEBI IAIN Batusangkar

By Doni Okta 29 Mar 2018, 10:48:03 WIBKunjungan

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin Resmikan Gedung FEBI IAIN Batusangkar

Keterangan Gambar :


Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin menandatangani prasasti saat meresmikan gedung Kampus II IAIN Batusangkar didampingi Gubernur Sumatera Barat, Kakan kemenag Sumbar, Wakil Bupati Kab. Tanah Datar

BATUSANGKAR, Jum’at 23/3-2018 Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin meresmikan penggunaan gedung baru kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat yang akan dipergunakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kampus II IAIN Batusangkar yang terletak di Nagari Parambahan, kecamatan Lima kaum. Kabupaten Tanah Datar.

Hadir pada acara tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kakan Kemenag Sumbar, Wakil Bupati Tanah Datar, Pimpinan Perguruan Tinggi, Forkopimda, Kakan Kemenag Tanah Datar, pimpinan OPD, Pimpinan Bank, Pimpinan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, Camat, Wali nagari, tokoh masyarakat dan keluarga Besar IAIN Batusangkar.

Disamping itu juga hadir rombongan Menteri Agama RI, Direktur Pendidikan Tinggi Kemagamaa Islam, Asisten Menteri Dan Ka Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI. 

Dalam sambutannya Lukman Hakim meminta agar segenap civitas akademika IAIN Batusangkar, terutama mahasiswa dapat memanfaatkan dan merawat gedung yang telah dibangun dari dana SBSN anggaran tahun 2017 tersebut.

"Rawatlah gedung ini agar dapat dimanfaatkan hingga generasi yang akan datang," katanya di Batusangkar, Jum'at (23/3).

Lukman mengatakan, keberadaan gedung ini harus disyukuri oleh seluruh mahasiswa, oleh karenanya mahasiswa diminta untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan untuk aktifitas yang positif dengan tujuan memberikan kemaslahatan terhadap banyak umat Islam diharapkan dapat memberikan jiwa terhadap gedung tersebut.

Selain itu ia mengatakan, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) merupakan salah satu wadah untuk menyampaikan nilai-nilai keislaman kepada masyarakat.

"Gedung baru yang dimanfaatkan oleh FEBI ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung IAIN untuk menyiarkan nilai-nilai keislaman," katanya.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga sampaikan dengan telah selesainya pembangunan gedung baru ini, diharapkan kepada mahasiswa, dapat memanfaatkan untuk benar-benar menggali ilmu khususnya nilai-nilai keislaman dan setelah tamat dapat diterapkan untuk kemaslahatan umat.

REKTOR IAIN Batusangkar Kasmuri melaporkan bahwa FEBI IAIN Batusangkar belum genap dua tahun. Namun demikian minat mahasiswa untuk kuliah di FEBI sangat besar. Tercatat saat ini FEBI IAIN Batusangkar memiliki 2.800 mahasiswa.

“Gedung FEBI ini dibangun dari skema pembiayaan SBSN Kemenag tahun 2017 sebesar 32miliar. Luas gedung 5.761 m2. Terdiri dari tiga lantai, gedung ini dimanfaatkan untuk ruang dekanat, laboratorium perbankan, perpustakaan, pusat layanan administrasi terpadu, dan ruang kuliah,” terang Kasmuri.

Tahun ini, lanjut Kasmuri, IAIN Batusangkar juga akan membangun gedung Fakultas Syariah dengan anggaran 35.8 miliar dari SBSN. “Kami berharap pada bulan Mei ini, tender sudah bisa dimulai,”

Semetera itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Ulya Atsani mengatakan “Gedung ini juga didesain ramah difabel, karena dilengkapi tangga disabilitas untuk mahasiswa yang berkebutuhan khusus,” ulya atsani menyampaikan terimah kasih kepada semua pihak yang telah berpartisifasi dalam pembangunan gebung FEBI, insak allah Dekan FEBI akan melaksanakan amanah Menteri Agama RI untuk menghidupkan, memberikan ruh dan jiwa pada gedung ini dengan memanfaatkan nya semaksimal mungkin demi kemaslahatan masyarakat,”(hm/dn)