MUI, DANDIM BERIKAN KULIAH UMUM DI IAIN BATUSANGKAR

By Putra Lanova 30 Agu 2018, 09:02:09 WIBAkademik

MUI, DANDIM BERIKAN KULIAH UMUM DI IAIN BATUSANGKAR

Keterangan Gambar : MUI, DANDIM BERIKAN KULIAH UMUM DI IAIN BATUSANGKAR


Kembalikan Peran Masjid di Tengah Perguruan Tinggi dan Bangsa Harus miliki Karakter
IAIN Batusangkar, Menyahuti Perkembangan hari ini. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar Hadirkan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat H. Gusrizal Gazahar, Lc., M.Ag. Dt Palimo Basa. Dan Letkol, Inf. Edi Sugianto Harahap S.Pd, M.Ipol Komandan Kodim (Dandim) 0307 / Tanah Datar, dalam acara Kuliah Umum.

Kegiatan kuliah umum yang buka langsung oleh Rektor yang di wakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Ibu Dra. Desmita, M.Si. dengan mengusung Tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Problematika Keumatan”. Auditorium IAIN Batusangkar, Senin 27 Agustus 2018.

Dalam sambutanya desmita, kuliah umum di IAIN Batusangkar suatu kewajiban bagi mahasiswa baru sebelum memasuki banggu perkuliahan, desmita juga mengajak mahasiswa baru juga mengetahui Visi, Misi IAIN Batusangkar, yang mempunyai Filosofi Kincir Air .

Ketua MUI Sumbar mengatakan dihadapan Ratusan Mahasiswa, Umat di Indonesia khususnya di Sumatera Barat harus memberiakan kontribusi perkembangan dunia hari ini, karena perguruan tinggi adalah tempat melahirkan tokoh-tokoh dalam keberlangsungan suatu negara.

“fungsi Masjid di perguruan tinggi tidak bisa lepas dari kegiatan-kegiatan mahasiswa dalam menuntut ilmu, terutama tempat ibadah bagi seluruh mahasiswa, disamping tempat ibadah kembalikan peran masjid ditengah-tengah mahasiswa dalam diskusi-diskusi ilmiah dan pembinaan umat dalam mencerdaskan anak bangsa, jadi peran masjid ditengah-tengah perguruan tinggi sangat tinggi peran nya’’

Lebih lanjut Gusrizal Gazahar memaparkan dihadapan dosen dan mahasiswa IAIN Batusangkar, kembalikan peran masjid di tengah-tengah perguruan tinggi, disanalah nanti bisa kita tuangkan peran perguruan tinggi  menghadapi problematika keumatan.

Peran perguruan tinggi dan peran masjid bisa kita satukan dalam keberlangsungan unutk melahirkan generasi-generasi yang dibutuhkan pada zaman ini, jangan kita kehilangan jati diri kita ditengah-tengan negeri kita sendiri, ucap ketua MUI.

Sementara itu Dandim 0307 tanah datar bangsa ini harus memiliki karakter yang jelas, karena negara yang tidak memiliki karakter, akan tertinggal dari negara-negara yang lain. Disamping itu mahasiswa harus mempunyai visi dan misi dalam hidup, akan memjadi kerawanan bila mahasiwa tidak memiliki visi, misi yang jelas. Kita harus bangga menjadi warga negara RI.

Mahasiswa sebagai terpelajar janganlah gampang terprovokasi dengan perkembangan zaman hari ini, kita harus bijak dalam menyikapi permasalahan-permasalahan yang diakibatkan ulah kita sendiri.

Edi juga menghimbau seluruh mahasiswa IAIN Batusangkar tidak mendekati narkoba, apalagi menggunakannya sekali terjerat narkoba dan menggunakan narkoba, maka akan sulit untuk lepas, selanjutnya yang perlu dijauhi LGBT, karena hal ini merupakan penyakit menular.

Perguruan tinggi harus melahirkan generasi yang berkarakter jangan pernah merubah nagara. Tapi rubahlah diri sendiri.(hm/dn)