PEDULI KEMAJUAN DAERAH, FTIK IAIN BATUSANGKAR TERJUNKAN 118 ORANG MAHASISWA

By Doni Okta 19 Jul 2018, 08:17:35 WIBAkademik

PEDULI KEMAJUAN DAERAH, FTIK IAIN BATUSANGKAR TERJUNKAN 118 ORANG MAHASISWA

Keterangan Gambar : Foto Mahasiwa dan Pimpinan


IAIN Batusangkar– Menjawab tantangan kebutuhan daerah terkait maraknya berbagai kasus kriminalitas yang merebak di tengah-tengah masyarakat, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar, terjunkan 118 orang mahasiswa daerah dan lembaga pemerintahan.

Kegiatan yang bertajuk “Pengabdian untuk Nagari Berkemajuan” merupakan sarana bagi mahasiswa FTIK, khusunya Jurusan Bimbingan dan Konseling dalam mengimpelemntasikan teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan, Praktek Lapangan Konseling Pendidikan Luar Sekolah (PLKP-LS)

Dr. Sirajul Munir, M.Pd. Dekan FTIK IAIN Batusangkar mengatakan ini adalah sebuah terobosan baru bagi mahasiswa yang akan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat, dalam membantu masyarakat membangun daerah yang kasus kriminalitasnya tinggi, mudah-mudahan mahasiswa yang ikut pada program PLKP-LS ini memberikan dampak baik terhadap dirinya, kemajuan dan perbaikan daerah mereka ditempatkan.

Lebih lanjut Sirajul Munir mengatakan 118 orang Mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar akan di tempatkan berbagai wilayah di Kabupaten Tanah Datar, di tengah-tengah masyarakat mahasiswa dapat membantu masyarakat menerapkan pola pikir dan pola rasa dalam tata kehidupan yang bermasyarkat, hal ini merupakan sarana bagi mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar untuk menerapkan ilmunya pada praktek lapangan kali ini”, ujarnya.

Program PLKP-LS yang dimotori oleh Kepala Labor Tarbiyah FTIK IAIN Batusangkar, Dra. Demina, M.Pd. mengatakan “Praktek Lapangan Konseling Pendidikan Luar Sekolah (PLKP-LS) ini merupakan ajang pembuktian sekaligus pengimplementasian ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa, untuk dipraktekkan kepada masyarakat, dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan yang akhir-akhir ini marak terjadi khusunya masalah narkoba, pelecehan seksual, serta masalah-masalah kriminalitas lainnya, mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling yang memang sudah seharusnya ini merupakan lini kerja mereka, semoga ini menjadi awal yang baik bagi mahasiswa IAIN Batusangkar.

Kegiatan PLKP-LS selama 40 hari, fokus pada lembaga pemerintahan seperti Rumah Sakit dan Panti Sosial, dan juga di terjunkan pada daerah-daerah di Kabupaten Tanah Datar. Di antaranya Nagari Aia Angek, Koto Laweh, dan Singgalang Kecamatan X Koto.

Pasalnya warga menginginkan bantuan langsung dari mahasiswa agar ikut serta dalam mengentaskan permasalahan yang ada di masyarakat. Hal tersebut sebagaimana diungkap oleh salah seroang Wali Nagari, pada saat penyerahan mahasiswa, saat penyerahan yang juga di hadiri oleh kepala Rumah Sakit dan Pimpinan Panti Sosial. “kami merasa senang atas kehadiran mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar, mudah-mudahan kehadiran mereka membawa perubahan dalam perbaikan daerah, semoga bisa bekerja bersama di lapangan nantinya” pungkasnya. (dn/hm/zal)