PENULIS PRODUKTIF DAN PENGGIAT LETERASI DARI IAIN BATUSANGKAR

By Doni Okta 05 Mei 2018, 12:23:48 WIBAkademik

PENULIS PRODUKTIF DAN PENGGIAT LETERASI DARI IAIN BATUSANGKAR

Keterangan Gambar : Foto Irwan bersama Wakil Rektor II Marjoni Imamora, setelah Menerima Penghaargaan.jpg


Batusangkar-Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei diperingati melalui Upacara Bendera di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Rabu (02/05), dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Zuldafri Darma. Upacara diikuti oleh Forkompimda, OPD, Perguruan Tinggi, perwakilan guru dan siswa se Kabupaten Tanah Datar.

Saat memperingati hari pendidikan Nasional tersebut, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar patut berbangga dengan prestasi yang diraih oleh salah seorang Dosen Jurusan Tadris Bahasa Inggiris yang energik bernama Irwan M.Pd., beliau sebagai penerima penghargaan penulis dinilai paling produktif, Tahun 2018 oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ke 58 dan Hari Otonomi Daerah ke 22 di Lapangan Cindua Mato, Batusangkar Suamatera Barat, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar yang di dampingi oleh Rektor IAIN Batusangkar dalam hal ini di wakili oleh Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, Rabu 2 Mei 2018.

Irwan, M.Pd yang akrap di panggil Malin, lahir tahun 1974 silam, anak kebanggaan Nagari Tuo Pariangan itu mendapatkan penghargaan penulis dinilai paling Produktif yang telah berhasil mempublikasikan 14 karya tulis (buku) yang sudah diterbitkan, 20 Buku terjemahan dari Bahasa Inggris, 2 buku terjemahan dari Arab Melayu dan naskah kuno Minangkabau, 22 artikel di media masa lokal dan nasional, 12 laporan penelitian, 2 artikel di Jurnal Internasional, 11 artiiel di jurnal nasional. 1 buku antologi puisi.

“Sebelunya Irwan Malin Basa juga salah satu Penemu motif batik Pariangan, beliau mengatakan telah mendapatkan 13 hak paten terhadap motif-motif tersebut semenjak tahun 2017 sampai tahun ini”.

Wakil Bupati Zuldafri Darma menyampaikan penyerahan piagam penghargaan bersama Forkompimda Tanah Datar dan beberapa Kepala OPD, Zuldafri juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas prestasi yang di raih oleh salah satu dosen Perguruan Tinggi di Kabupaten Tanah Datar yakni IAIN Batusangkar.

Senada dengan Marwan kepada Dinas Arsipdan Perpustakaan, penulis dan pegiat literasi di daerah telah menunjukan karyanya dengan melahirkan banyak buku, dimana dinas akan mempromosikan dan membeli buku yang telah dicetaknya. “Penerima piagam ini merupakan orang-orang yang telah menunjukan karyanya. Dinas akan membeli bukunya dan distribusikan bagi pustaka dan taman bacaan,”jelas Marwan.

Semetara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Kasmuri, MA Memberikan Apresiasi terhadap apa yang telah di raih oleh dosennya, sebagai penulis dinilai paling produktif Tahun 2018 oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Prestasi ini bisa menjadi Inspirasi bagi dosen dan seluruh civitas Akademika IAIN Batusangkar.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Desmita, mengatakan dengan diraihnya penghargaan ini, menunjukan kampus yang Terakreditasi semakin Nampak kualitasnya.(hm/dn)