Ramadhan membasuh hati yg berjelaga Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya Untuk lisan dan sikap yg tak terjaga Mohon dibukakan pintu maaf Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum

suasana ujian um ptkin

Humas IAIN Batusangkar: Sebanyak 683 calon mahasiswa (cama) tercatat akan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) di IAIN Batusangkar. Tes dijadwalkan serentak di seluruh PTKIN se-Indonesia pada Selasa-Rabu (14-15/6).

Calon mahasiswa baru ini akan memperebutkan sekitar 1600 kursi yang tersebar di empat Fakultas. Yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terdiri dari sepuluh Jurusan, Fakultas Syariah tiga Jurusan, Fakultas Uslhuluddin, Adab dan Dakwah dua Jurusan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tiga jurusan, jumlah tersebut dibagi tiga, 50 persen jalur SPAN PTKIN, 30 persen UM PTKIN dan 20 persen Jalur Mandiri dari total penerimaan mahasiswa baru tahun 2016.

salah soorang peserta ujian um ptkin

Dikatakan ketua panitia Penerimaan mahasiswa baru (PMB) IAIN Batusangkar Nasfizar Guspendri Tahun ini kita menerima mahasiswa untuk jalur UM-PTKIN sebesar 30% yang diikuti sekitar 683 calon mahasiswa.

Nasfizar menjelaskan, UM-PTKIN merupakan seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama. Pendaftaran secara online sendiri telah dibuka sejak 01 Mei hingga 03 Juni lalu.

Pada hari pertama, peserta menghadapi ujian potensi akademik, kebahasaan, dan pengetahuan keislaman. Disambung hari berikutnya, IPA,IPS dan IPC. ”Pengumuman hasil ujian pada 18 Juli mendatang. Pengumuman dapat diakses di laman http://um-ptkin.ac.id,” ucap ketua panitia PMB.

Dalam UM PTKIN tahun ini, IAIN Batusangkar melibatkan sekitar 64 pengawas yang terdiri dari tenaga dosen dan pegawai.

Nasfizar yang juga sebagai Dekan pada Fakultas Eknomi dan Bisnis Islam berpesan kepada seluruh calon mahasiwa, agar berhati hati saat membaca soal ujian, konsentrasi dan semoga sukses. (dn/hm)

Pemberian Cendara Mata dari Wakil Rektor I

"IAIN BATUSANGKAR TERAPKAN RAMAH AKADEMIK"

Humas Batusangkar – Prof. Dr. Rer Nat. Umar Fauzi, salah seorang Dosen pada Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai narasumber Workshop Peningkatan Kopetensi Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, tema yang di usung “ Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi”, Rabu, 01/06.16.

Rektor IAIN Batusangkar dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik, Kelembagaan Drs.Desmita,M.Si dalam kesempatan ini menyampaikan berberapa hal dalam sambutan pembukaan, agar kita dapat membuka wawasan –wawasan dosen diperguruan tinggi terutama pada IAIN Batusangkar.

Peserta Workshop Pembelajaran Riset

Pada tahun ini desmita mengatakan draf penyusunan Pembelajaran Berbasis Riset ini sudah disusn oleh tim untuk memerapka pebelajaran pada tahun acaran 2016 ini di IAIN Batusnagkar, mengingat kita telah berubah menjai IAIN Batusnagkar, dengan kita angkatkan acara Workshop ini akan menambah wawasan mengenai pembelajaran berbasis Riset di perguruan tinggi Terutama kita Perguruan Tinggi Islam, hal ini akan di paparkan oleh narasumber yang lansung kita datangkan dari ITB.

Harapan kedepannya modal awal kita di Perguruan Tinggi Islam Bisa menerapkan pembelajaran- pembelajar yang berbasis Riset kepada mahasiswa IAIN Batusangkar.

Sambutan Ketua Panitia Workshop Pembelajaran Riset

Ketua panitian Aidya Irhash Putra, menyapaikan acara workshop ini berlansung selama satu hari, dengan 40 orang peserta, semua peserta adalah dosen yang tergabung pada Fakultas Tarbiyah dan keguruan IAIN Batusangkar, dalam hal ini juga di hadiri oleh Direktur Pascasarjan, Ketua LPM dan LPPM. (dn,hm)

1 Ketua STAIN Batusangkar Bersama Menteri Agama RI

Dr. H. Kasmuri, MA Dilantik Jadi Rektor IAIN Batusangkar

Batusangkar (Jakarta), Rabu, 04 Mai 2016 Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin melantik Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat (Sumbar), Dr. H. Kasmuri, MA. Dalam pelantikan di hadiri Wakil Ketua Bidang Akademik dan Pengembangan Lembanga Dra. Desmita, M.Si, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama Dr. Rizal, M.Ag dan Humas IAIN Batusangkar Syarul AS.

Dr. H. Kasmuri, MA, sebagai Rektor Pertama IAIN Batusangkar, setelah alih status. Dengan demikian di Sumatera Barat ada tiga Rektor IAIN ketiganya bernaung di bawah Kementerian Agama RI, yaitu Rektor IAIN Batusangkar. Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, dan Rektor IAIN Bukittinggi.

rektor bersama menag

Dilantikanya Kasmuri Sebagai Rektor IAIN Batusangkar bukanlah sebuah proses serta merta, tetapi buah dari perjuangan yang panjang dan melelahkan, melibatkan segenap komponen Civitas Akademika dan Karyawan PNS dan Non PNS IAIN Batusangkar dan didukung oleh masyarakat Kab Tanah Datar. Keterlibatan aktif para tokoh tokoh Sumatera Barat dan tokoh tokoh perantau Tanah Datar dapat diancungkan jempol dalam alih status ini.

Dalam kesempatan ini Dr. Rizal, M.Ag mengatakan pelantikan rektor ini adalah tugas panjang buat kita menjadikan perguruan Tinggi Agama terpercaya di Sumatera Barat. Beliau berharap kita emban bersama program-program yang telah di rencanakan dan akan direncanakan sesuai Visi Misi IAIN Batusangkar untuk masa yang akan datang. Keluarga besar IAIN Batusangkar Menyambut gembira Pelantikan Rektor yang sudah lama di tunggu-tunggu.

SPAN2016

 

JADWAL DAN PERSYARATAN PENDAFTARAN ULANG

CALON MAHASISWA BARU IAIN BATUSANGKAR

YANG LULUS JALUR SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL PTKIN TAHUN 2016

Jadwal Pendaftaran :

Hari/Tanggal               :  Senin s.d Kamis / 13 s.d. 16 Juni 2016

Waktu                        :  8.15 s.d. 14.45 WIB (Istirahat 12.00 s.d 13.00 Wib)

Tempat                       : Kampus IAIN Batusangkar (Jln. Sudirman No.137 Kuburajo Lima Kaum)

Persyaratan Utama          :          

  1. Bukti pembayaran uang kuliah
  2. Photocopy Ijazah/STTB dan Hasil UN (MA, SMA atau Sederajat) yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar.
    1. Pas Photo warna ukuran 3 x 4 cm terbaru sebanyak 4 (empat) lembar.
    2. Mengisi Kartu Data Pribadi (Blanko sudah disediakan panitia).
    3. Mengisi Surat Pernyataan (Blanko sudah disediakan panitia).
    4. Surat Keterangan berupa :
      1. Surat keterangan Bebas Narkoba dan Psikotropika.
      2. Surat Keterangan Kesehatan dan Golongan Darah.

v  Fasilitas pemeriksaaan Kesehatan dan Bebas Narkoba serta cek golongan darah disediakan oleh tim medis di kampus IAIN Batusangkar pada waktu Pendaftaran Ulang dengan biaya Rp. 125.000 {seratus dua puluh lima ribu rupiah}.

v  Tes Narkoba dan Psikotropika dilakukan pada hari pendaftaran ulang.

v  Surat Keterangan kesehatan dan golongan darah diserahkan kepada panitia marhaban.

  1. Bukti pengambilan Jaket Almamater (ket : Pengambilan Jaket Almamater di Koperasi Pengawai Negeri (KPN) Syariah IAIN Batusangkar dengan biaya Rp. 150.000 (Seratus Lima puluh ribu rupiah)).

*) Catatan penting :

  1. Calon Mahasiswa dan pendamping (Ayah, Ibu atau Famili) saat melakukan pendaftaran ulang harus berpakaian rapi, tidak ketat, tidak transparan dan menutupi aurat (laki-laki memakai kemeja/koko/batik, celana panjang dan wanita berbusana muslimah/Baju kurung dan berjilbab) serta memakai sepatu.
  2. Pembayaran Uang Pendidikan (SPP) pada kantor cabang/Unit/ATM Bank Rakyat Indonesia (BRI) seluruh Indonesia (Silahkan Download Panduan Pembayaran Dibawah Ini):

Panduan untuk melakukan pembayaran dapat didownload melalui link berikut :

DOWNLOAD PANDUAN PEMBAYARAN PENDAFTARAN ULANG MELALUI TELLER BRI DISELURUH INDONESIA

DOWNLOAD PANDUAN PEMBAYARAN PENDAFTARAN ULANG MELALUI ATM BRI DISELURUH INDONESIA

 

Rincian Pembayaran :

  Fakultas/Jurusan/ Program Studi Jumlah Uang Pendidikan (SPP)
I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan  
1 Pendidikan Agama Islam Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
2 Pendidikan Bahasa Arab Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
3 Manajemen Pendidikan Islam Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
4 Tadris/ Pendidikan Bahasa Inggris Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
5 Pendidikan Guru Raudhatul Afthal Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
6 Bimbingan Konseling Rp. 1.300.000 (Satu juta tiga ratus ribu rupiah)
7 Tadris/ Pendidikan Matematika Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah)
8 Tadris/ Pendidikan Biologi Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah)
9 Tadris/ Pendidikan Fisika Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah)
10 Tadris/ Pendidikan Kimia Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah)
     
II Fakultas Syariah  
1 Hukum Keluarga /Ahwal Al-Syakhshiyyah Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
2 Hukum Ekonomi Syariah Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
3 Hukum Tata Negara/Siyasah Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
     
III Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah  
1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
2 Ilmu Alquran dan Tafsir Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)
     
IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  
1 Perbankan Syariah Rp. 1.300.000 (Satu juta tiga ratus ribu rupiah)
2 Ekonomi Syariah Rp. 1.300.000 (Satu juta tiga ratus ribu rupiah)
3 Manajemen Informatika Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah)
  1. Panitia Marhaban adalah Panitia dari Dewan Mahasiswa yang menyelengarakan kegiatan orientasi kemahasiswaan bagi Mahasiswa Baru.
  2. Semua data dan bahan persyaratan harus terpenuhi secara lengkap.
  3. Kesalahan pengisian data menjadi tanggung jawab calon mahasiswa.
  4. Pendaftaran harus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, lewat dari jadwal pendaftaran dinyatakan mengundurkan diri.

Batusangkar, 27 Mei 2016

Panitia PMB IAIN Batusangkar

dto

Nasfizar Guspendri, M, Si

                                                         NIP 19750823 200312 1 004

Foto Jurnalis 1

Humas IAIN Batusangkar ikut Diklat Jurnalistik BDK Padang.

Padang Humas IAIN Batusangkar, Informasi sangat pesat sekali, kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan terutama lembaga yang akan menginformasikan kepada masyarakat.

Bertempat Balai Diklat Keagamaan Provinsi Sumatera Barat, 30 pelaku humas dan Jurnalistik dibawah naungan Kementerian Agama dari Provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, Yang berlangsung selama 12 hari tanggal 11 hingga tanggal 21 April 2016.

Dalam pembukaan kepala Balai Diklat Keagamaan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan berikanlah nuansa berbeda dalam menyajikan sebuah informasi kepada Publik, cari dan berituhulah Ungkap Drs. M. Zuhri Hasibuan.

Foto Jurnalis 2

Peserta diklat merupakan ASN yang berperan sebagai Humas  ini, ditekankan oleh Nofal agar selalu memberikan citra positif pada  lembaga nya. “ Agar berita atau informasi menarik dan enak dibaca , haruslah ditulis dengan bahasa jurnalistik,” ujar Nashrian salah satu Narasumber.

Dalam penulisan berita memerlukan keterampilan dalam membuat cerita itu semakin dimunati oleh sipembaca dan ada baiknya di berikan tambahan berupa gambar atau foto. Untuk menambah pemahaman, peserta di minta untuk membuat berita dengan tata bahasa yang baik dan benar. “Menulis berita dengan baik untuk menggunakan rumus 5W + 1H,” ujar  Febriani TVRI Padang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Salman, MM mennyampaikan Jurnalis itu harus kritis, gesit, mau menggali dan mencari tahu tentang apa saja. 

Salman juga menekankan kepada seluruh peserta Diklat Teknis Jurnalistik menjadi acuan dalam bertugas. dalam paparannya membahas tentang 5 Nilai Budaya Kerja, dengan menanyakan kepada beberapa peserta pengertian dari masing masing 5 Nilai Budaya Kerja. (dn Hms)