BATUSANGKAR INTERNATIONAL CONFERENCE 2ND, THEME " ISLAMIC ECONOMIC DEVELOPMENT: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN GLOBAL ECONOMIC COMPETITION", OCTOBER 14-15, 2017
CLICK HERE FOR MORE INFORMATION...

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

 

Humas IAIN Batusangkar- Dalam rangka penyebarluasan informasi dan pulikasi hasil-hasil penelitian dan artikel ilmiah di Sumbar. Pada bidang penelitian dan pengembangan sudah dilaksanakankegiatan jurnal penelitian mulai tahun 2014, 2015. Dan tahun 2016, jurnal penelitian yang sudah ada akan dikembangkan melalui aplikasi e-jurnal.

Untuk mewujudkan hal tersebut Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M) IAIN Batusangkar hadiri sosialisasi e-jurnal yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat, Selasa (1/3) lalu.

Ulya atsani, kepala P3M yang tak lama lagi akan berganti nama dengan perubahan STAIN Batusangkar Menjadi IAIN Batusangkar, akan memjadi LPPM IAIN Batusangkar menjelaskan, kehadiran Hebby Rahmatul Utamy, staf P3M/LPPM IAIN Batusangkar pada sosialisasi e-jurnal tentunya kita targetkan untuk mendapatkan informasi dan pengalaman terkait teknis pegelolaan e-jurnal. Kemudian menjalin silaturrahmi dengan Perguruan Tinggi se-Sumbar untuk membuka ruang kerjasama e-jurnal. “Selain itu, juga bisa bertukar informasi dalam pengelolaan jurnal yang baik,” ujar Dosen Sya’riah ini.

Lebih lanjut, Ulya Atsani menginformasikan, setiap tahun Program Balitbangda mengumpulkan hasil penelitian terutama penelitian yang ada di perguruan tinggi. Selama ini dalam bentuk laporan penelitian. Dengan dikembangkannya e-jurnal, hasil selama ini dapat dipublikasikan dalam bentuk e-jurnal. “Program ini sungguh besar manfaatnya bagi pribadi dosen dan institusi,” tegas Ulya.

E journal

Sebelumnya Pak Ulya menjelaskan, IAIN Batusangkar sudah memiliki beberapa jurnal, diantaranya Ta’dib, Juris, Studia Akademika, Sainstek. Dua jurnal sudah dikelola secara e-jurnal. Kita targetkan semua Jurnal tersebut menjadi e-jurnal. Sehingga semua jurnal di IAIN Batusangkar kedepannya bisa terakreditasi. “Untuk jurnal bisa terakreditasi perlu adanya e-jurnal,” kata Ulya.

Terkait, utusan setiap kegiatan yang diikuti P3M/LPPM. Kepala P3M/LPPM menuturkan, tidak selalu harus diikuti pimpinan. Hal-hal sifatnya teknis kita mengirim staf yang akan berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Dengan demikian kita berharap setiap kegiatan diikuti P3M/LPPM IAIN Batusangkar berpengaruh kepada kinerja P3M/LPPM kedepannya dengan akan diresmikannya STAIN Batusnagkar Menjadi IAIN Batusangkar. “Jadi setiap mengikuti kegitan selalu ada kontribusi pasca kegiatan. Tidak hanya terkesan formalitas,” ujarnya.

Hebby Rahmatul Utamy, Staf P3M/LPPM IAIN Batusangkar, peserta sosialisasi menuturkan, dari kegiatan ini memang jelas butuh tenaga teknis secara personal yang ahli dalam manajemen peran pengelolaan e-jurnal. Terutama sekali untuk editor dan petugas teknis IT.

“Berdasarkan informasi diskusi dengan tim LIPI. Idealnya pengelolaan e-jurnal butuh waktu 7 bulan untuk fasih mengelola OJS. Harapannya, masing-masing e-jurnal punya tim teknis khusus. Ada semacam regenerasi dalam pengelolaannya. Agar kedepannya, keberlanjutan e-jurnal tetap terjaga,” ungkap sekaligus harap Hebby.

Dalam pemaparannya, Syukhri, dari UNP menyampaikan pengalamannya dalam mengelola Open Journal System (OJS). Berdasarkan pengalamannya, kendala dalam mengelola OJS adalah jumlah dan kualitas tulisan masih belum memadai. Selain itu respon reviewer juga lama.

Sementara itu, Syafi’i, ST., MT., Phd dari Teknik Elektro UNAND dalam pemaparan strategi publikasi dan pengelolaan jurnal disampaikannya, dari segi kemampuan dan teknis mengelola jurnal itu kurang. Karena lazim disebuah tim tercatat beberapa nama. Namun, tidak semuanya bekerja.

Kegiatan Sosialisasi e-jurnal dengan tema “ penelitian pembangunan daerah dan kebijakan publik provinsi sumbar” dihadiri Kepala BAPPEDA Sumbar, Ketua Dewan Riset Daerah Sumbar, Ketua-Ketua Komisi Dewan Riset Daerah, Kabid. PENELITIAN dan Pengembangan, Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi se-Sumbar, Fungsional Peneliti. (/Hms/rms)