SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Foto Jurnalis 1

Humas IAIN Batusangkar ikut Diklat Jurnalistik BDK Padang.

Padang Humas IAIN Batusangkar, Informasi sangat pesat sekali, kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan terutama lembaga yang akan menginformasikan kepada masyarakat.

Bertempat Balai Diklat Keagamaan Provinsi Sumatera Barat, 30 pelaku humas dan Jurnalistik dibawah naungan Kementerian Agama dari Provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, Yang berlangsung selama 12 hari tanggal 11 hingga tanggal 21 April 2016.

Dalam pembukaan kepala Balai Diklat Keagamaan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan berikanlah nuansa berbeda dalam menyajikan sebuah informasi kepada Publik, cari dan berituhulah Ungkap Drs. M. Zuhri Hasibuan.

Foto Jurnalis 2

Peserta diklat merupakan ASN yang berperan sebagai Humas  ini, ditekankan oleh Nofal agar selalu memberikan citra positif pada  lembaga nya. “ Agar berita atau informasi menarik dan enak dibaca , haruslah ditulis dengan bahasa jurnalistik,” ujar Nashrian salah satu Narasumber.

Dalam penulisan berita memerlukan keterampilan dalam membuat cerita itu semakin dimunati oleh sipembaca dan ada baiknya di berikan tambahan berupa gambar atau foto. Untuk menambah pemahaman, peserta di minta untuk membuat berita dengan tata bahasa yang baik dan benar. “Menulis berita dengan baik untuk menggunakan rumus 5W + 1H,” ujar  Febriani TVRI Padang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Salman, MM mennyampaikan Jurnalis itu harus kritis, gesit, mau menggali dan mencari tahu tentang apa saja. 

Salman juga menekankan kepada seluruh peserta Diklat Teknis Jurnalistik menjadi acuan dalam bertugas. dalam paparannya membahas tentang 5 Nilai Budaya Kerja, dengan menanyakan kepada beberapa peserta pengertian dari masing masing 5 Nilai Budaya Kerja. (dn Hms)