BATUSANGKAR INTERNATIONAL CONFERENCE 2ND, THEME " ISLAMIC ECONOMIC DEVELOPMENT: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN GLOBAL ECONOMIC COMPETITION", OCTOBER 14-15, 2017
CLICK HERE FOR MORE INFORMATION...

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72, "INDONESIA KERJA BERSAMA"

suasana ujian um ptkin

Humas IAIN Batusangkar: Sebanyak 683 calon mahasiswa (cama) tercatat akan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) di IAIN Batusangkar. Tes dijadwalkan serentak di seluruh PTKIN se-Indonesia pada Selasa-Rabu (14-15/6).

Calon mahasiswa baru ini akan memperebutkan sekitar 1600 kursi yang tersebar di empat Fakultas. Yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terdiri dari sepuluh Jurusan, Fakultas Syariah tiga Jurusan, Fakultas Uslhuluddin, Adab dan Dakwah dua Jurusan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tiga jurusan, jumlah tersebut dibagi tiga, 50 persen jalur SPAN PTKIN, 30 persen UM PTKIN dan 20 persen Jalur Mandiri dari total penerimaan mahasiswa baru tahun 2016.

salah soorang peserta ujian um ptkin

Dikatakan ketua panitia Penerimaan mahasiswa baru (PMB) IAIN Batusangkar Nasfizar Guspendri Tahun ini kita menerima mahasiswa untuk jalur UM-PTKIN sebesar 30% yang diikuti sekitar 683 calon mahasiswa.

Nasfizar menjelaskan, UM-PTKIN merupakan seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama. Pendaftaran secara online sendiri telah dibuka sejak 01 Mei hingga 03 Juni lalu.

Pada hari pertama, peserta menghadapi ujian potensi akademik, kebahasaan, dan pengetahuan keislaman. Disambung hari berikutnya, IPA,IPS dan IPC. ”Pengumuman hasil ujian pada 18 Juli mendatang. Pengumuman dapat diakses di laman http://um-ptkin.ac.id,” ucap ketua panitia PMB.

Dalam UM PTKIN tahun ini, IAIN Batusangkar melibatkan sekitar 64 pengawas yang terdiri dari tenaga dosen dan pegawai.

Nasfizar yang juga sebagai Dekan pada Fakultas Eknomi dan Bisnis Islam berpesan kepada seluruh calon mahasiwa, agar berhati hati saat membaca soal ujian, konsentrasi dan semoga sukses. (dn/hm)