SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Peserta Seminar PMR WIRA saat menyanyikan Indonesia Raya1

“MEWUJUDKAN SUKARELAWAN MUDA YANG AKTIF DAN KREATIF”

Humas_IAIN Batusangkar, Korp Sukarela (KSR) PMI Unit IAIN Batusangkar gelar seminar PMR Wira se-Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan yang dihelat di Aula Auditorium IAIN Batusangkar dilansungkan dalam rangka memperingati HUT UKM KSR PMI Unit IAIN Batusangkar yang ke-5.

Komandan KSR PMI Unit IAIN Cici Ladiya Elsa mengatakan, kegiatan seminar mengusung tema “Mewujudkan sukarelawan yang muda dan kreatif, serta menjunjung tinggi 7 prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional”, Seminar diikuti sebanyak 14 sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Datar, dengan jumlah peserta per sekolah 3 orang dan 1 orang pembina.

Cici berharap agar peserta seminar dapat mengikuti kegiatan secara serius agar dapat mewujudkan sukarelawan muda yang aktif dan kreatif.

Komandan menjelaskan, seminar yang diberikan dalam bentuk materi tersebut.. Selain mendapatkan pengetahuan, ajang ini diharapkan mampu menjalin komunikasi dan silaturahmi di antara para peserta. Adapun pemateri berasal dari PMI Kabupaten Tanah Datar yakni Faisal,S.Hi dan Ns.Ungadi,S.Kep.

Selain itu, ia juga menambahkan KSRPMImerupakan ujung tombak Palang Merah Indonesia di tingkat perguruan tinggi. Dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dituntut untuk professional dengan berlandaskanpadatujuh prinsipdasar GerakanPalang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, yaitu:Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan,Kesatuan dan Kesemestaan.” Tegasnya kemarin, saat di temui di Kampus IAIN Batusangkar

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Syariah Zulkifli menyampaikan sebagai organisasi yang memiliki tanggung jawab dengan dasar kemanusiaan, sudah sepatutnya Relawan muda Palang Merah Indonesia memiliki kesiapsiagaan, ketanggapan dan keprofesionalan di lapangan. “Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit IAIN Batusangkarmerupakan organisasi sosial kemanusiaan yang diharapkan mampu melaksanakan tugas dan peran serta dalam mengatasi permasalahan di atas dengan tetap berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, sehingga dapat terciptanya keadaan sosial yang diharapkan.” Ujarnya

Ia berpesan dengan materi-meteri yang diberikan nantinya, diharapkan ke depan para peserta PMR bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa memberikan manfaat kepada orang lain, Terutama di sekolah masing-masing. (sri/Humas)