Ramadhan membasuh hati yg berjelaga Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya Untuk lisan dan sikap yg tak terjaga Mohon dibukakan pintu maaf Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum

4441

 

Humas IAN Batusangkar, 20/112106. Sumatera Barat adalah daerah yang termasuk daerah rawan bencana, oleh karena itu masyarakat Sumbar harus punya kewaspadaan penuh untuk menghadapi bencana alam yang datangnya tidak bisa diprediksi. Dengan dasar pemikiran itu Korps Suka Relawan (KSR) PMI Unit IAIN Batusangkar mengadakan pendidikan Pra Diksar bagi anggota relawan yang baru mendaftar.

Pra Diksar kali ini diadakan pada hari Minggu 20/11/2016 di IAIN Batusangkar didukung penuh oleh Rektor IAIN Batusangkar dan Markas Komando PMI Kab. Tanah Datar. Adapun Peserta yang mengikuti Para Diksar ini sebanyak 48 orang calon anggota relawan dari 101 pendaftar dalam rekruitmen calon anggota 2016. Kegiatan Pra Diksar merupakan kegitan wajib diikuti oleh calon anggota baru sebelum mengkuti Diksar yang akan diadakan pada awal tahun depan, ungkap ketua KSR PMI Unit IAIN Batusangkar Cici Ladiya Elsa di lokasi Pra Diksar.

Adapun tema Pra Diksar tahun adalah ”Menciptakan Sukarelawan yang siap tanggap, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tujuh Prinsip ke Palan Merah an”. Cici berharap calon anggota tahun ini benar benar menjadi suka relawan yang tangguh dan siap selalu dalam membantu masyarakat menghadapi peristiwa bencana bencana yang selalu datang tiba tiba. Adapun KSR PMI nit IAIN Batusangkar setiap terjadi bencana pada, selalu terlibat aktif bersama elemen tanggap bencana lainnya dalam meberikan bantuan. Seperti bencana yang terjadi di Pangakalan Solok Selatan dan lain sebagainya. Cici juga menjelaskan, dalam kegiatan sehari hari KSR PMI Unit IAIN Batusangkar juga memberikan pelayanan pertolongan pertama bagi mahasiswa yang menghadapi masalah kesehatan ketika mengikuti perkuliahan dan kegiatan kampus, dan memberikan bantuan Tim kesehatan bagi lembaga lembaga kemahasiswaan IAIN Batusangkar yang mengadakan kegiatan di luar kampus dalam bentuk satgas Unit kesehatan.

Bertindak sebagai pemateri dalam Pra diksar ini, tiga personal relawan Markas PMI Kab. Tanah Datar yang sudah berpengalaman dalam kerelawanan, Pertama Bagus wahyudi berbicara tentang sejarah dam gerakan Palang Merah Dunia dan Indonesia agar peserta memahami semangat latar belakang keberadaan Palan Merah di dunia dan di Indonesia, kemudian pemateri kedua adalah, Suci Amalia Chandra yang akan memaparkan tentang lambang dan prinsip Palang Merah, pembicara ketiga, Nia Permata Hati berbicara tentang kepemimpian, menajemen dan keorganisasian dalam Palang Merah Indonesia.

Menyinggung tujuh prinsip ke Palang Merah an, salah satu Pembina KSR PMI Unit IAIN Batusangkar Ns. Novi Anggaraini DS, S.Kep. menjelaskan, prinsip pertama, Kemanusiaan, prinsip kedua, kesamaan, Prinsip ketiga kenetralan, prinsip keempat, kemandirian, Prinsip kelima, kesukarelaan, prinsip keenam, kesatuan, dan prinsip ketujuh adalah kesemestaan. Adapun uaraian tujuh prinsip itu dapat dibaca di AD/ ART PMI dan dalam buku panduan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanggulangan Bencana PMI. (Humas IAIN. BSk)