BATUSANGKAR INTERNATIONAL CONFERENCE 2ND, THEME " ISLAMIC ECONOMIC DEVELOPMENT: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN GLOBAL ECONOMIC COMPETITION", OCTOBER 14-15, 2017
CLICK HERE FOR MORE INFORMATION...

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

2

Bantu Biaya Pendidikan Mahasiswa

Humas IAIN Batusangkar:Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mengucap syukur atas bantuan beasiswa pendidikan yang diterimanya dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Selasa, (10/5) di Kampus IAIN Batusangkar. Beasiswa pendidikan ini terwujud atas kerjasama IAIN Batusangkar dengan Baznas Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Program ini menjadi salah satu fasilitas bagi mahasiswa IAIN Batusangkar.

3

Kasmuri Rektor IAIN Batusangkar mengatakan, Zakat di Kampus IAIN Batusangkar saat ini sudah meningkat dari tahun sebelumnya. Kedepannya Zakat di kampus ini akan terus berkembang. Zakat dari kampus ini yang dikelola Baznas jua bermanfaat bagi mahasiswa kurang mampu untuknterus bisa melanjutkan pendidikan di IAIN Batusangkar. " Peningkatan jumlah zakat di kampus ini merupakan bentuk penggalian potensi zakat yang ada di daerah kita ini. Karena, potensi zakat sangat besar dalam Islam. Banyak lagi potensi zakat yang belum tergali. Jika seluruh potensi zakat tergali, saya yakin kemiskinan bisa terentaskan," tutur Rektor pertama IAIN Batusangkar saat memberikan sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan beasiswa pendidikan Baznas dan penandatanganan MoU IAIN Batusangkar dengan Baznas Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Lebih lanjut disampaikan Rektor, kerjasama IAIN Batusangkar dengan Baznas dilakukan guna membantu mahasiswa IAIN Batusangkar untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan sampai menjadi sarjana di kampus ini. "Kerjasama ini bisa bermanfaat dan mahasiswa bisa menyelesaikan kuliah dengan baik dan menjadi ulama serta manusia berguna," harap Kasmuri.

1

Dalam sambutannya Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar Emrizal Dt. Yang Basa menyampaikan rasa apresiasinya kepada Rektor IAIN Batusangkar. Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik. Kami mendukung kerjasama ini untuk aset bangsa masa depan. Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman Samsuardi Surma menyampaikan, kita telah mengalokasikan 32,5% dari dana zakat untuk bantuan pendidikan dalam program Padang Pariama Cerdas. "Program bantuan ini bisa di dapat bagi mahasiswa minimal IPK 2,75. Untuk itu selamat belajar dan semoga menjadi manusia berguna kedepannya," harap Samsuardi.

Ketua Baznas Kabupaten Dharmasraya Abdul Gani dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa kerjasama ini sudah berjalan selama 3 tahun. Bantuan yang kami berikan kepada mahasiswa sebesar 750.000 rupiah setiap bulannya sampai tamat dengan catatan perilaku dan nilai mahasiswa selalu dalam keadaan baik dan positif. "Untuk itu kami membutuhkan bantuan dari kampua untuk memantau mahasiswa tersebut. Jika ada hal kurang baik, kami menanti laporan dari pimpinan kampus," harap Abdul Gani sembari memberikan ucapan selamat kepada Rektor IAIN Batusangkar yang baru dilantik beberapa hari lalu.

Secara terpisah Chardinal Putra, Humas IAIN Batusangkar mengatakan, kerjasama tahun ini adalah memperbaharui kerjasama yang sebelumnya. Karena, status kampus ini sudah menjadi IAIN. Sebelumnya kita sudah bekerjasama dengan Baznas Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dan telah memberikan bantuan kepada mahasiswa yang dianggap berhak. Kerjasama ini akan berkelanjutan pada masa yang akan datang. " Kita tentu sangat berterima kasih atas respon dan perhatian dari Baznas se-Sumbar. Disamping bantuan Baznas masih banyak lagi fasilitas bantuan beasiswa baik miskin maupun prestasi yang sumber dananya beragam, seperti APBN dan lembaga-lembaga lainnya," ungkap Chardinal Putra.

4

Menanggapi bantuan dan program beasiswa Baznas ini. Hendri mahasiswa penerima beasiswa mengatakan, saya sangat bersyukur sekali atas bantuan beasiswa ini. Dengan adanya kerjasama ini sangat membantu mahasiswa. Kedepannya saya berharap bantuan yang diberikan lebih meningkat jumlahnya. Hal senada juga diutarakan Tisna. Ia mengatakan bahwa program ini sangat bagus. Adanya program ini orang tua kami tidak susah lagi memikirkan biaya kuliah kami. “Program ini juga bisa disalurkan secara lebih luas,” harap Tisna. (RMS/HMS)