SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Mahasiswa IAIN Batusangkar

BATUSANGKAR— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Batusangkar yang mengabdi di Jorong Ta­ratak Sipuah Nagari Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung kembali menggiatkan didikan subuh di masjid dan musala.

Koordinator KKN IAIN Batusangkar Jorong Sipuah Ardi kepada Haluan, Minggu (31/7) menyebutkan, dalam pen­ye­lenggaraan didikan subuh itu disajikan berbagai materi ke­agamaan, seperti salat jenazah, dakwah, serta administrasi ma­nagemen dan struktur organisasi musala dan masjid.

“Kami merasa senang sekali berada di tengah warga Jorong Taratak Sipuah yang cukup jauh di pedalaman Kenagarian Sum­pur Kudus ini. Para generasi mu­da dan anak-anak sekolah disini cukup antusias dalam menuntut ilmu pengetahuan,” jelas Ardi.

Sementara Silvia Rahmi, anggota KKN IAIN Batu­sang­kar juga menyebutkan, para generasi muda yang melakukan akti­vitas di musala, juga dibe­rikan tata cara pencatatan dan pembukuan musala guna ter­se­lenggaranya sistem manajemen rumah ibadah yang baik.

Sementara Rizki Kurniawan Putra, jurusan PAI IAIN Batu­sangkar, dalam kegiatan KKN tersebut juga telah memberikan praktek mengajar di SD yang ada di Jorong Taratak Sipuah.  Ia memberikan mata pelajaran tambahan seperti praktek salat dan olahraga.

“Untuk kegiatan keagamaan bagi anak-anak tingkat SD, kita juga telah memberikan tata cara penyajian melalui ceramah se­cara berkelompok. Ternyata metode ini cukup menarik bagi anak-anak disini,” tutur Nining Irmala Sari.

Untuk para tunas muda hara­pan bangsa yang tergabung dalam kelompok belajar PAUD, juga disajikan materi berbagai makanan sehat dan bergizi.  Kepada anak-anak tingkat SD di Jorong Taratak Sipuah ini juga diberikan kursus mata pelajaran Bahasa Inggris yang nantinya diharapkan sangat bermanfaat bagi generasi masa depan wila­yah ini untuk menghadapi era globalisasi.

Selain membersihkan ling­ku­ngan pekaranan warga, ma­hasiswa KKN IAIN Ba­tusangkar tersebut juga telah menggiatkan olahraga voli bagi generasi muda setempat. Kegiatan itu diawali dengan membangun lapangan voli baru yang dilakukan oleh gerasi muda putra maupun putri. (http://harianhaluan.com/news/detail/57656/mahasiswa-kkn-iain-batusangkar-ajak-anakanak-ramaikan-didikan-subuh)