BATUSANGKAR INTERNATIONAL CONFERENCE 2ND, THEME " ISLAMIC ECONOMIC DEVELOPMENT: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN GLOBAL ECONOMIC COMPETITION", OCTOBER 14-15, 2017
CLICK HERE FOR MORE INFORMATION...

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Sambutan Ketua STAIN Batusangkar Dr.H.KasmuriM.A dalam Kegiatan Forum Komunikasi Lembaga Penelitian PTKI Se Sumbar

“KONTRIBUSI NYATA UNTUK KEMAJUAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT”

Humas_STAIN Batusangkar. Penelitian sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi memberikan dampak kemanfaatan yang lebih. STAIN Batusangkar melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) mengangkatkan acara Forum Komunikasi Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Sumatera Barat yang diinisiasi juga oleh 2 PTKIN lain di Sumbar. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, diikuti sebanyak 18 orang peserta dari 21 undangan PTKI Se-Sumatera Barat.

Dikatakan, Ketua STAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA., menyebutkan, “Forum pertemuan ini memberikan arti mendalam bagi kita untuk mengembangkan dan memajukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di PTKI khususnya Sumatera Barat, yang selain kaya akan keindahan alam dan kelezatan kulinernya, juga dikenal dengan kekhasan budaya dan masyarakat yang agamis dengan difilosofiABS-SBK Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah”.

Lebih Lanjut ia menjelaskan forum ini tidak lain adalah agar PTKI lebih siap dan mampu dalam publikasi ilmiah. Persoalan pengelolaan jurnal ilmiah yang belum terakreditasi masih menempatkan kesulitan mendapatkan artikel sebagai kendala utamanya, sehingga jurnal tidak dapat terbit secara reguler atau berkala. Kasmuri mengharapkan “dengan adanya kerjasama yang kuat guna menyikapi masalah ini, terutama dukungan dan pembinaan dari PTKIN kepada PTKIS di Sumatera Barat yang terkenal sebagai salah satu pusat pengembangan pendidikan yang banyak melahirkan tokoh di tingkat nasional.” Tegasnya.

Peserta

Forum pertemuan ini mengundang Dr. Mamat S. Burhanuddin, Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Islam. Kemudian juga hadir sebagai pemateri, Subandriyah, Al Makin dan Saptoni. Acara itu ditargetkan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas dalam pengelolaan jurnal ilmiah bagi para peneliti, khususnya dosen.

Sementara itu, Ulya Atsani, S.H., M.Hum., selaku Kepala Unit P3M STAIN Batusangkar juga menambahkan, “bahwa, PTKI baik negeri maupun swasta khususnya di Sumatera Barat kedepannya agar lebih mampu lagi meningkatkan daya saing dalam bentuk karya tulis dosen seperti Jurnal. Tidak sebatas penerbitan dalam bentuk cetak namun juga di On line-kan, sesuai keluarnya Surat Edaran Direktur DIKTIS untuk meng-on line-kan jurnal”

Foto Bersama Peserta Forum Komunikasi Lembaga Penelitian PTKI perguruan tinggi keagamaan islam Se Sumbar

Sesuai Permendiknas No. 22 Tahun 2011 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah dan Peraturan Kepala LIPI dan Dirjen DIKTI No. 1 tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, Adripen, M.Pd., selaku ketua panitia mengharapkan agar kegiatan seperti ini memberikan dampak yang besar bagi PTKI di Sumbar. “Kegiatan ini selain sebagai forum silaturrahmi sesama pengelola penelitian PTKI, namun juga untuk meningkatkan kompetensi menulis dan mengelola jurnal sebagai kontribusi nyata”, ujar Adripen