Ramadhan membasuh hati yg berjelaga Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya Untuk lisan dan sikap yg tak terjaga Mohon dibukakan pintu maaf Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum

Dahlia1

Humas STAIN Batusangkar: Setelah dikukuhkan pada akhir desember tahun lalu, Posdaya Dahlia, lewat Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar berhak untuk ikut seleksi ke tingkat nasional setelah meraih Juara Harapan I pada Penilaian Lomba Posdaya Terbaik 2015 Tingkat Koordinator Wilayah Sumbar I, bertempat di Gedung Haryono Suyono Universitas Taman Siswa, kemarin.

Dikatakan, Rektor Universitas Taman Siswa, Irwandi Sulin saat membuka acara secara resmi menyebutkan penilaian lomba posdaya dimulai dengan perkenalan yayasan, kelembagaan posdaya dan program pemeberdayaan masyarakat melalui posdaya. “Melalui yayasan Damandiri Pengembangan pemberdayaan masyarakat melalui posdaya terus gencar diupayakan, karena diharapkan akan mampu merubah kondisi masyarakat ke arah yang baik, seperti aspek ekonomi, kesehatan, ibadah dan lainnya” Tegas Irwandi.

Lebih Lanjut, Arnes Suhaimi yang juga Koordinator Posdaya Wilayah Sumbar I saat menjelaskan kriteria penilaian dari dewan juri menjelaskan Penilai laporan kegiatan dalam perlombaan tahap ini, difokuskan pada pendataan dan pemetaan, dengan melihat sejauh mana bentuk dan hasil dari pencapaian program-program kerja yang sudah dirancang dan dilaksanakan oleh masing-masing posdaya.

Dahlia2

Sementara itu, Riky Afrizaldi, S.STP selaku Wali Nagari Lubuk Jantan juga ikut mendampingi rombongan berlomba.Sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah, baik tingkat nagari maupun kabupaten tidak hanya sebatas mensuskeskan program dari Posdaya Dahlia, namun juga turut membantu transportasi ke Padang dengan pengadaan dua unit kendaraan milik DPRD. “Kita dari pemerintah nagari tentu berharap bisa memberikan dan memfasilitasi kegiatan masyarakat termasuk untuk Posdaya Dahlia, dan semoga hadirnya kami disini juga bisa menambah semangat ketika berlomba” harap Riky.

Setelah seluruh posdaya tampil dihadapan lebih kurang 50 orang peserta dan tamu undangan, akhirnya dipilih 5 posdaya terbaik. Pada lomba ini, Posdaya Dahlia meraih Juara Harapan I, itu artinya otomatis berhak untuk mengikuti tahap seleksi tingkat nasional bersama 4 posdaya lainnya. Ulya Atsani, SH., M.Hum., Kepala P3M STAIN Batusangkar yang turut serta mendampingi Posdaya Dahlia tidak kecewa dengan hasil yang diraih. “Untuk seleksi nasional kita harus memperbaiki dan melengkapi kekurangan dari laporan yang telah disampaikan, karena mengingat persaingan tingkat nasional tentu akan lebih ketat dan selektif lagi” tutur Ulya kepada Kabarancak.Com di Batusangkar.

Dahlia3

P3M STAIN Batusangkar awalnya mengirimkan 3 laporan kelompok posdaya mengikuti lomba ini, namun hanya Posdaya Dahlia yang akhirnya masuk 10 besar dan berhak mengikuti tahap penilaian di Padang. Masing-masing kelompok diwakili oleh 3 orang pengurus untuk mempresentasikan laporan kegiatan posdayanya. Posdaya Dahlia sebagai salah satu posdaya yang aktif di Nagari Lubuk Jantan, Kec. Lintau Buo Utara, Kab. Tanah Datar ini sangat bersemangat tampil dihadapan Dewan Juri. Seluruh pertanyaan yang dilemparkan juri, bisa dijawab dengan yakin dan mantap oleh tim Posdaya Dahlia yang dipimpin Ibu Sasriwati saat presentasi.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Taman Siswa, Irwandi Yusuf,SH dan juga beberapa pengurus yayasan. Diikuti 9 kelompok posdaya dari 10 kelompok yang dinyatakan lolos seleksi penilaian laporan tingkat wilayah Sumbar I oleh panitia, pengurus menyampaikan laporan kegiatannya dihadapan dewan juri yang berjumlah 5 orang, peserta dan tamu undangan lainnya. Dewan juri tersebut yaitu Arnes Satriani, SH., MH., Joni Zulhendra, S.H.I., MA., Ir. Zasmeli Suhaimi, MP., Isral Naska dan Sudarman.