BATUSANGKAR INTERNATIONAL CONFERENCE 2ND, THEME " ISLAMIC ECONOMIC DEVELOPMENT: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN GLOBAL ECONOMIC COMPETITION", OCTOBER 14-15, 2017
CLICK HERE FOR MORE INFORMATION...

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Foto Mahasiswa IAIN Batusangkar Sedang Ikuti Pembekalan KKN PPM

Humas IAIN Batusangkar : Jum’at 24/06-16 Dalam rangka menambah Wawasan Mahasiswa sebelum melaksanakan KKN-PPM tahun 2016, Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata (BP KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar adakan pembekalan.

Sebanyak 1143 Orang Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar ikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) selama dua hari pada tanggal 24-25 juni 2016 di Auditorium IAIN Batusangkar.

Pembekalan Kuliah Kerja Nyata dibuka langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dra. Desmita, M.Si Ketua LPPM Ulya Atsani, SH., M.Hum, Ketua BP KKN Drs. Adripen, M.Pd dan Dosen Pembimbing La­pangan (DPL).

Acara Pembeukaan Pembekalan KKN

Dalam sambutan Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA menyampaikan dihadapan ribuah mahasiswa yang akan mengikuti pembekalan tahun ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Perdana Setelah Kita telah alih status, pada tahun ini kita sudah mengirimkan juga Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Luar Negeri sebanyak 5 Orang kenegara Serawak Malaysia, harapan kita tahun mendatang akan kita tambah mahasiswa dalam Program KKN Nusantara atau pertukaran Mahasiswa KKN dengan Perguruan Tinggi Se Indonesia “Ujar Rektor”

Sebelum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ditengah2 masyarakat, Kasmuri menghimbau kepada seluruh mahasiswa IAIN Batusangkar yang akan mengikuti KKN perlu mengaplikasikan teori-teori dalam bentuk nyata, seiring memenfaatkan sebagian ilmu pengetahuan yang diperoleh ditengah-tengah masyarakat, dan bisa melihat permasalahan ditengah-tengah masyarakat yang nantinya mempunyai rasa cinta kepedulian sosial terhadap kemajuan mayarakat. Terakhir Rektor berpesan mahasiswa IAIN Batusangkar agar menjadi sang Motivator, Inovator dan Problem Salver, dan tetap menjaga kesopanan dan nama baik Perguruan Tinggi. 

Ketua BP KKN Drs. Adripen, M.Pd Mengangkat Tema dalam pembekalan KKN tahun ini “Pemberdayaan Masyarakat Berbasiskan Pendataan dan Potensi Lokal” adapun materi yang akan disampaikan dalam pembekalan ini diataranya Gambaran umum Pelaksanaan KKN disampaikan langsung oleh ketua LPPM, Urgensi KKN di perguruan Tingggi disampaikan langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar, Strategi Dakwah, Teknik Penyusunan Prgogram Pemberdayaan di Masyarakat dan Strategi Implementasi Program Utama KKN IAIN Batusangkar.

Penyampain Materi pembekalan oleh Rektor

Pada kesempatan yang sama ketua LPPM Ulya Atsani, SH., M.Hum menyampaikan Program utama KKN-PPM IAIN Batusangkar tahun ini adalah Keagamaan, Manajemen Masjid dan Kemasyarakatan, pada KKN-PPM tahun ini IAIN Batusangkar akan menempati 4 Kabupaten, 6 Kecamatan dan 149 Jorong di Sumatera Barat “ucapnya”

Seorang sarjana harus melakukan Tri Dharma Per­guruan Tinggi, yaitu pen­didikan dan pengajaran, pe­neli­tian dan pengabdian. Kami harapkan mahasiswa dapat mentransfer ilmunya nanti di tengah masyarakat, baik yang diperoleh di bang­ku kuliah maupun dalam pembekalan KKN-PPM,” tutup Ulya Atsani ”. (Humas IAIN Bsk Doni)