SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Amin abdullah 1

Program Pascasarjana STAIN Batusangkar hadirkan para pakar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui seminar Nasional, dengan tema “Kurikulum Integratif Berbasis KKNI Bidang Studi Keislamam Pada Pendidikan Menengah Dan Tinggi (Kajian Filosofis dan Implementatif Kurikulum 2013 dan Kurikulum PTKI)”.

KKNI menuntut proses pendidikan Perguruan Tinggi Islam untuk menginternalisasikan dan mengakumulasikan ilmu pengetahuan (science), pengetahuan (knowledge), pengetahuan praktis (know-how), keterampilan (skills), afeksi (affection), kompetensi (competency) bagi mahasiswanya.

Dikatakan Ketua STAIN Batusangkar di dampinggi Waket Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Desmita menyebutkan KKNI memberikan arahan konkrit bagi STAIN Batusangkar untuk membangun kurikulum yang semakin mengantarkan mahasiswanya untuk mempunyai kompetensi yang unggul dan berdaya saing dalam dunia kerja sekaligus memiliki integritas pribadi yang mumpuni.

Amin abdullah 2

Lebih lanjut, ia menjelaskan sesuai dengan Peraturan Presiden no.8 Tahun 2012, tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi berbasis kompetensi mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), ialah kerangka penjejangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan,dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan serta program peningkatan SDM secara nasional.

Seminar pengembangan kurikulum ini merupakan kegiatan yang efektif. Agar semakin menguatkan komitmen civitas akademika STAIN Batusangkar dan menghasilkan rencana tindak lanjut terhadap kurikulum yang berlandaskan KKNI.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana STAIN Batusangkar Dr. H.Syukri Iska, M.Ag menyampaikan seminar nasional yang berbasis KKNI ini bertujuan agar menemukan arah dan konsep yang konkrit dalam pengembangan kurikulum Program Studi Pascasarjana STAIN Batusangkar yang terinternalisasi, integratif, dan interkonektif menuju Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Amin abdullah 3

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor sumber daya manusia. Oleh sebab itu, “Pascasarjana STAIN Batusangkar melalui seminar Nasional ini dan mengundang Para Dosen, Mahasiswa Pascasarjana,Sarjana dan guru se-Kabupaten Tanah Datar untuk membahas nantinya kurikulum yang berbasis KKNI, sehingga kita bisa meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor daya manusia.” Tegas Syukri Iska.

Para pakar yang hadir pada Seminar Nasional yakni Prof. Dr. Amin Abdullah,M.A membahas tentang “Kajian Filosofis Kurikulum Integratif Berbasis KKNI” dan Prof.Dr.Sutrisno,M.Ag mengkaji “Format Kurikulum Integratif berbasis KKNI (Setting Kurikulum 2013 dan Kurikulum PTKIN)”

Lulusan STAIN Batusangkar tidak hanya akan menghadapi tantangan-tantangan perubahan sosial yang memerlukan kecerdasan tentang nilai-nilai yang bersumber dari ilmu-ilmu keislaman dan ke Indonesiaan, tetapi juga tantangan-tantangan ekonomi yang menuntut mahasiswa untuk mempunyai kecakapan professional yang unggul yang diperlukan oleh pasar kerja.