PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2018

Selamat & Sukses Kepada Jurusan dan Program Studi dengan TERAKREDITASI

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Foto Sambutan

Rektor, Wakil Rektor I, II dan III. Ka BIRO. Dekan, Wakil Dekan, Kabag, Kasubag, Pembina Lembaga, Dema, Sema Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar meresmikan Gedung Student SKILL CENTER Mahasiswa IAIN Batusangkar, Rabu. 10/01-2018.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kamuri, MA dalam sambutannya, mengutarakan rasa terima kasihnya kepada Seluruh Keluarga Besar IAIN Batusangkar, dengan peresmian gedung Student Skill Center mahasiswa yang ditujukan sebagai pusat Kreatifitas bagi seluruh mahasiswa IAIN Batusangkar nantinya.

Gedung Student Skill Center IAIN Batusangkar yang di pelopori oleh Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa Al-Iqtishaad gedung pertama yang kita miliki pada awal tahun 2018, nanti kedepannya gedung ini menjadi pusat menampung seluruh Kreatifitas dan juga tempat melatih jiwa berdagang Mahasiswa IAIN Batusangkar, harapan kasmuri kedepannya, lulusan-lulusan dari IAIN Batusangkar memiliki sarjana-sarjan yang mempunyai jiwa kreatifitas tinggi di bandingkan dengan Sarajana lulusan perguruan tinggi yang lain, Ulas Kasmuri.

Dalam waktu yang sama Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora, M.Si menyampaikan pada tahun 2019 nanti, gedung Student Skill Center ini akan kita pusatkan pada satu gedung, nantinya selurus Pusat kreatifitas Mahasiswa IAIN Batusangkar bisa terpusat satu gedung, ini anggaran nya sudah kita usulkan insa’ allah ini akan terkabul, ucapnya.

Potong Pita Peresmian

Selaku Pembina dari UKM Kopma Al-Iqtishaad, Sri Adella Fitri, M.Si menyebutkan pada kesempatan ini, kopma sudah Akuntabel dan Transparan dalam pelaporan keuangan selalu di exspos ke public ini sudah kita buktikan pada tahun-tahun sebelum nya. Nantinya generasi kopma kedepan bisa melahirkan generagi yang tatap menciptakan kreatifitas yang unggul, dan salaku Pembina UKM Kopma Al-Iqtishaad saya berterimah kasih kepada Bapak Rektor mempercayai Kopma Al-Iqtishaad selaku penggarap Student Skill Center IAIN Batusangkar.

Ketua DEMA Zal Aidi, dalam kesempatan yang sama menyampaikan Apresiasi bagi UKM Kopma Al-Iqtishaad dan kita semua, dengan ini kita telah memiliki gedung Student Skill Center Mahasiswa untuk menampung Semua Kreatifitas Mahasiswa IAIN Batusangkar, harapan saya selakuk ketua DEMA dengan adanya gedung ini, kita dapat menyalurkan, ide-ide kreatifitas Mahasiswa, tidak terlepas dari itu kemajuan dari IAIN Batusangkar terletak seluruh Mahasiswa itu sendiri.

Ketua UKM Kopmah Al-Iqtishaad Febi Rahmad dalam sambutannya, Gedung ini nantinya bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri mahasiswa IAIN Batusangkar, peresmian Gedung Skill Center ini didak terlepas dari seluruh Pimpinan IAIN Batusangkar dan Keluarga Besar UKM Kopma Al-Iqtishaad. Hari ini hari yang bersejarah bagi kami selaku Pengurus dari UKM Kopma Al-Iqtishaad, di sini saya tekan kan lagi gedung ini bukan gedung UKM Kopma Al-Iqtishaad, tapi ini adalah gedung milik seluruh mahasiswa IAIN Batusangkar. (dn/hm)

26169393 1497572750341133 8403064697234040407 n

Ahad, 07 Jan 2018, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, menjadi saksi sumpah jabatan yang di pimpin oleh Dr. H. Kasmuri, MA Rektor IAIN Batusangkar, dan sekaligus menandai secara resmi di lantiknya kepengurusan baru Senat Mahasiswa (SEMA)danDewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut periode 2018, sedangkan Senat Mahasiswa (SEMA)danDewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Tingkat Fakultas di lantik lansung oleh masing-masing Dekan Fakultas periode 2018, di Auditorium IAIN Batusangkar, dengan mengusung tema “Suksesi Kepengurusan Berintegritas Menuju Kampus Madani”.

Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar yg diwakili Staf Ahli Bpk Imran,SH. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Rizal, M.Ag, Kepala Biro AUAK Drs. H. Yasrizal, MA, Wakil Dekan III, Kabag, Kasubag, Pembina Lembaga Mahasiswadan juga Ketua Lembaga Mahasiswa Selingkup IAIN Batusangkar.

Dalam sambutan, Dr. H. Kasmuri, MA. menekankan bahwa momentum pelantikan DEMA dan SEMA bukan hanya sekedar serimonial tahunan saja tetapi lebih pada tolak ukur baru bagi para aktivis untuk melakukan perubahan-perubahan sekaligus menjadi pondasi awal untuk kegiatan mahasiswa yang bermanfaat bagi seluruh Mahasiswa IAIN Batusangkar. ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memanajemen sebuah lembaga dalam menyonsong serta mempersiapkan perubahan masa depan yang lebih baik,yang disebut sebagai agen of change merupakan pioner dan tonggak dari sebuah perubahan. Ulas rektor.

Dalam kesempatan yang sama Staf Alih Bupati Imran, berpesan agar mahasiswa IAIN Batusangkar bersenergi dalam untuk pembangunan Kab. Tanah datar yang lebih baik ke depannya, dalam membangun dan bekerjasama dalam dunia pendidikan, Staf Bupati menuturkan Kepengurusan yang baru dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan amanat organisasi.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Yarman, S.Ag., MA mengatakan bahwa pelantikan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya, karena dengan alih status IAIN Batusangkar, bertambahnya kepenguruan DEMA, SEMA pada masing-masing fakultas. Disamping itu maka pada tahun 2018 kita angkatkan pelantikan serentak mulai dari DEMA, SEMA Institut sampai DEMA, SEMA Fakultas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Rizal, M.Ag berharap kepengurusan baik DEMA maupun SEMA Institut untuk bersinergi dengan DEMA, SEMA Fakultas, DEMA, SEMA Institut juga merupakan perpanjangan tangan dari seluruh Kepengurusan DEMA,SEMA Fakultas. “Saya berpesan pada kepengurusan yang baru agar ada program-program baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya,” tuturnya.

Ketua Panitia Aidil Ihsan dalam pelantikan serentak DEMA,SEMA Institut maupun Fakultas pada IAIN Batusangkar mengatakan kepenguruan DEMA,SEMA Insitut dan Fakultas periode 2018. Ini hasil dari Kongres yang diangkatkan sebelum ini, dari hasil kongres itulah terpilihnya masing-masing Ketua Dema, Sema di tingkat Institut maupun di tingkat Fakultas. Ketua-ketua yang dilantik hari ini antara lain, Ketua Dema Institut Muhammad Zal’Aidil, Indra Wahyudi Sebagai Ketua Sema Institut. Sementara itu Ketua Dema FTIK Apri Nurul Iman, Ketua Sema Ulya Yudi Rahman, pada Fakultas Syariah Ketua Dema Ramadhoni, Sema Aidil Ihsan, sedangkan pada FUAD Ketua Dema Bustamar, Sema Bayu Fadilah dan FEBI Ketua Dema Alges Wahyuni Saputra, Sema Riki Rikardo.(dn/hm)

Mahasiswa Calon Peserta KKN Tahun 2018

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Sehubungan dengan pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Batusangkar Tahun 2018, yang Insyallah akan dimulai dari tanggal 1 s.d 28 Februari 2018, dengan ini disampaikan kepada Mahasiswa IAIN Batusangkar yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2018, agar mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran

informasi selengkapnya lihat disini

Foto IAIN Batusangkar

Batusangkar Kamis, 4/1’’18: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, bahagia dan bangga dengan Terakreditasinya beberapa jurusan di awal tahun 2018. Terakreditasinya Jurusan dan satu Program Studi Pascasarjan (S2) IAIN Batusangkar oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras seluruh tim, yang melibatkan semua unsur perwakilan civitas akademika mulai dari pimpinan, dosen, pegawai, dan juga mahasiswa. Semoga menjadi berkah untuk kita semua”.kata H. Kasmuri, Rektor IAIN Batusangkar.

Dikatakan Ketua Lembaga Penjamin Mutu Ridwal Trisoni, Akreditasi sendiri merupakan tanggung jawab perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur oleh Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan terakreditasinya Jurusan dan Program Studi Pascasarjana IAIN Batusangkar, menjadi upaya Institusi kita menjamin mutu suatu lembaga pendidikan kepada lembaga yang independen, disini BAN-PT. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu di IAIN Batusangkar.

Standar akreditasi merupakan tolok ukur yang harus dipenuhi oleh institusi perguruan tinggi, yang digunakan untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan institusi. Suatu standar akreditasi terdiri atas beberapa elemen penilaian (parameter/indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan, ucap Ridwal Trisoni.

"Puji Syukur, Akreditasi yang diperoleh dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap IAIN Batusangkar," Hasil ini cukup membanggakan kita semua karena Jurusan dan satu Program Pascasarjana pada IAIN Batusangkar memperoleh nilai akreditasi dari BAN PT, yakni Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan nilai A, Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan nilai A, Jurusan Tadris Fisika dengan nilai B, di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Sedangkan di Fakultas Syariah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) dengan nilai A Jurusan Ahwal Al Syakhshiyyah (AS) dengan nilai A, dan Jurusan Hukum Tata Negara (siyasah) Terakreditasi BAN-PT, sedangkan pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Jurusan Ilmu Al-Quran Tafsir dengan nilai B, dan Pascasarjana S2 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) memperoleh Nilai B. Sementara Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) masih Menunggu keputusan dari BAN-PT. Insyak Allah kita berharab juga dapat nilai A. Kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Desmita.

Dengan terakditasinya Jurusan dan 1 Program Studi Pascasarjan di IAIN Batusangkar maka hal ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk lebih giat dalam meningkatkan mutu serta kualitas Pendidikan sehingga menjadi perguruan tinggi negeri terkemuka di Sumatera Barat serta Indonesia, dan tidak tertutupnya kemungkinan menjadi "World Class University" seperti target yang dicanangkan kedepannya, dalam Rencana Indek Pegembangan IAIN Batusangkar, Ucap Desmita.

Dengan nilai A sebagai patokan standar jaminan mutu tertinggi, dan nilai ini akan menjadi asset penting bagi IAIN Batusangkar. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Adapun target lain tahun depan adalah menjadikan semua jurusan di lingkungan IAIN Batusangkar untuk dapat memperoleh akreditasi dengan nilai A dan ISO yaitu Akreditasi Standar Internasional. Sambung desmita, (dn/hm)

PENGUMUMAN

DIBERITAHUKAN KEPADA MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH  YANG AKAN MENGAMBIL MATA KULIAH PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) dan PLKP-S SMT. GENAP TA. 2017/2018 SEBAGAI BERIKUT:

1.  Pendaftaran dibuka Tgl. 02 s. d 05 Januari 2018 Pada Labor Tarbiyah

2.  Orientasi Dilaksanakan Tgl. 29-30 Januari 2018

3.   Observasi Ke Sekolah Tgl. 31 Januari 2017 s/d 1 Februari 2018

4.   Pelaksanaan PPL mulai tanggal 2 Februari 2017 s/d 23 Mei 2018

Pengumuman lengkap lihat disini

Formulir Pendaftaran download disini