SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

MOU KELANTAN 243

Humas_IAIN Batusangkar, Kolej Islam Antar Bangsa Sultan Ismail Petra (KIAS) Kelantan Malaysia berminat melakukan kerja sama dengan IAIN Batusangkar yang dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Rektor IAIN Batusangkar Dr.H.Kasmuri,M.A dengan KIAS Kelantan Malaysia yang diwakili oleh Prof. Dr.Aziz Bin Mohd Zin. butir butir MoU tersebut antara lain kesepakatan kedua belah pihak  untuk mengagendakan ajang silaturahmi akademik dalam bentuk kerja sama konferensi, penelitian dan pertukaran mahasiswa baik program Diploma maupun sarjana. MoU ini ditanda tangani pada hari 16 November di IAIN Batusangkar dihadapan segenap Civitas Akademika IAIN Batusangkar.  

Kerjasama dengan KIAS Kelanta Malaysia ini aka memberikan dampak positif bagi perkembangan kedua kampus Islam yang beda negara, hal ini sesuai degan visi IAIN Batusangkar menjadi lembaga pendidikan tinggi Islam menuju berkelas internasional dengan penguatan keilmuan yang integrative dan inter-konektif serta berkearifan lokal. Salah satu poin MoU ini adalah pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. KIAS berencaa akan mengirimkan mahasiswanya untuk melanjutkan pendidikannya di IAIN batusangkar dalam ilmu Bimbinga konselin, Ilmu Tafsir dan lainnya. Begitu juga dengan IAIN Batusangkar akan mengirim dosen dosen yang dibutuhkan oleh KIAS Kelantan Malaysia, disamping itu Kias menawarkan kegiatan penelitian dan penerbitan jurnal ilmiah bersama. Hal ini disambut baik oleh Rektor IAIN batusangkar, sebab ini menandakan bahwa IAIN batusangkar suadah mulai dilirik oleh perguruan tinggi luar negeri. Oleh karena itu IAIN batusangkar harus terus mengembangkan diri agar kepercayaan yang sudah muncul dipeliahara dan lebih ditingkatkan lagi.

Naskah ditandatangani langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA, dari KIAS Kelantan ditanda tangani oleh Prof.Dr.Aziz Bin Mohd Zin yang di saksikan lansung oleh para pejabat dilingkungan IAIN Batusangkar dan para tamu dari KIAS Kelantan Malaysia serta dihadiri oleh pcivitas akademika. Sementara itu, perwakilan KIAS Kelantan Malaysia, Prof Dr Abdul Aziz Mat Zin dalam sambutannya menyampaikan, KIAS dan IAIN Batusangkar banyak kesamaan salah satunya program studi keagamaannya, maka dari itu KIAS kelantan berminat menjalin keakraban dengan IAIN Batusangkar yang kana kita wujudkan berbagai program yang mendukung perkembangan kedua perguruan tinggi” ungkap Mat Zin.

Aziz MaT Zin juga menyebutkan kerjasama yang telah terjalin agar terbina dengan baik dimasa yang akan datang dan diberkati Allah SWT, dengan menghasilkan lulusan di Malaysia dan IAIN batusangkar yang cemerlang di tengah masyarakat. Ia berharap dengan penanda tanganan naskah kerjasama yang dilakukan IAIN Batusangkar dan KIAS Kelantan Malaysia dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak dan kami dari KIAS akan mengundang para dosen dari ilmu tertentu untuk menjadi dosen tamu di KIAS Kelantan Malysia. (Hms/s.w)