SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

4

IAIN Batusangkar, Rizal Ramli mendorong IAIN Batusangkar menjadi Universitas. Hal itu ia sampaikan saat memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa IAIN di kampus Lima Kaum, Batusangkar, Senin (6/11).
Menurutnya, untuk menjadi sebuah Universitas, IAIN Batusangkar sudah memenuhi persyaratan dan sudah layak untuk menuju sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Acara yang langsung dibuka oleh Rektor IAIN Batusangkar yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dra. Desmita, M.Si, menyebutkan terima kasih kepada Bapak Dr. Rizal Ramli berkenan memberikan kuliah umum di hadapan Civitas IAIN Batusangkar, dengan memnyonsong tema “ Peluang dan Tantangan Ekonomi Islam Indonesia Dalam Konstelasi Politik Ekonomi”

Desmita menyampaikan "Saat ini mahasiswa yang kuliah di IAIN Batusangkar sebanyak delapan ribuan, kalau mereka membelanjakan uang sebanyak Rp.30 ribu rupiah sehari, sudah Rp.21 juta sehari, sebulannya mencapai Rp.630 juta, coba kalau setahun akan mencapai Rp.7,5 miliar lebih," ujar desmita.

6

Mendengar pemaparan wakil Rektor, Rizal Ramli mendukung kampus menjadi sebuah Universitas yang diperhitungkan di Sumatera Barat maupun di Indonesia, tidak perlu menunggu lima tahun, saya tantang manajemen kampus ini untuk beberapa tahun depan sudah Universitas, saya akan mendukung sepenuhnya," kata Rizal Ramli yang merupakan salah satu pakar ekonomi di Indonesia.
Dikatakan, Tanah Datar sudah sangat layak menjadi sebuah kota pendidikan, ini sangat didukung oleh udara kota yang sangat sejuk, tidak panas seperti kota lain di Indonesia, ini akan sangat baik bagi mahasiswa untuk menimba ilmu di Batusangkar, ujarnya.
"Kota Bandung, Kota Malang contohnya yang berhawa sejuk, sehingga menjadikan daerah tersebut sebagai kota tujuan untuk menimba ilmu pendidikan," katanya.
Disamping sebagai kota pendidikan, tentu daerah yang banyak Universitasnya, secara ekonomi daerah tersebut akan meningkat secara signifikan, seperti yang terjadi saat sekarang ini di Kota Budaya ini, sebut Rozal Ramli.

Selain itu Rizal Ramli, juga mendorong mahasiswa IAIN Batusangkar untuk terus giat menuntut ilmu, agar Indonesia bisa menatap dunia dengan ilmu, jika manusia hidup dengan ilmu akan memberi kesejateraan terhadap diri, keluarga dan daerahnya.

Rizal Ramli juga menyinggung tentang lemahnya perekonomian indonesia dibandingkan dengan negara-negara tetangga dan negara di dunia. "Kita padahal negara terbesar kelima di dunia, tetapi perekonomian kita jauh tertinggal, jika indonesia ingin ekonominya maju mesti meninggalkan tiga hal yaitu memberantas korupsi, memberdayakan generasi muda dan meninggalkan atau mengurangi sistem permodalan melalui bank dunia, saat ini anggaran negara tersodot oleh tiga hal, pertama untuk membayar hutang, untuk anggaran pendidikan yang mencapai Rp200 triliun pertahun dan ketiga baru untuk pembangunan infrastruktur," ujarnya. (dn/hm)