SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

foto lppm 2

Kamis, 30-11/”17. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menggelar sebuah kegiatan workshop tentang Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at, 30 November dan 01 Desember 2017 di Ruang Pertemuan Dosen Gedung K. Lanati 4 dengan Narasumber Bapak Ismail Suardi Wekke, Ph.D, dari STAIN Sorong Papua Barat, dan Bapak Syafrimen, M.Ed., Ph.D, dari UIN Raden Intan Lampung. Peserta kurang lebih 30 orang terdiri dari Dosen IAIN Batusangkar.

Untuk peningkatan akademik dan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat diperlukan Penelitian yang bertaraf Internasional. Selain itu juga diperlukan peningkatan atmosfir akademik melalui peningkatan kualitas penelitian dosen untuk publikasi International. Hal ini sangat diperlukan untuk mendorong kreativitas dosen untuk meningkatkan wawasan keilmuaan serta memupuk bakat meneliti sejak dini dan membuka wawasan global melalui pencarian referens dari berbagai sumber (Jurnal Internasional).

Foto Berita LPPM 1

Disamping itu selain kreativitas, gagasan, kemampuan akademik dosen serta membangun atmosfir penelitian di lingkungan institusi sehingga pada akhirnya dapat memacu dosen untuk meneliti, menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya di forum ilmiah International (baik jurnal maupun presentasi pada pertemuan ilmiah bertaraf Internasional)

Tujuan Workshop Penulisan Artikel Untuk Jurnal Internasional diantaranya adalah untuk membina penelitian khususnya dalam meningkatkan kualitas penelitian dosen dengan menciptakan wahana dan suasana kondusif antar peneliti, mewujudkan akuntabilitas penelitian yang dilaksanakan dosen, dan meningkatkan kemampuan dan budaya meneliti dan menulis hasil penelitian dari kalangan dosen pada jurnal bertaraf International. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kelemahan peneliti dalam mendesminasikan atau mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal bertaraf Internasional maka perlu dilakukan pendampingan tenaga ahli dalam penulisan paper, pemilihan jurnal sesuai dengan bidang dan hasil penelitiannya dalam jurnal Internasional dan bagaimana cara untuk mensubmitkan artikel tersebut ke jurnal International

Yusrizal Efendi, S.Ag., M.Ag selaku Ketua LPPM IAIN Batusangkar mengucapkan, “terima kasih kepada dosen IAIN Batusangkar atas keikutsertaan menjadi peserta workshop, ini untuk memotivasi para dosen IAIN Batusangkar karena penelitian terakhir ini masih kurang maksimal dalam hal publikasi jurnal ilmiah dan perlu kita tingkatkan. Semoga dengan adanya workshop ini bermanfat bagi para dosen IAIN Batusangkar yang ingin menambah wawasan dan juga akan termotivasi dengan tujuan yang baik untuk membangun sebuah kultur publikasi jurnal ilmiah Internasional yang baik pula”.(dn/hm)