CIVITAS IAIN BATUSANGKAR IKUTI UPACARA HAB KEMENAG KE 73

By Doni Okta 04 Jan 2019, 10:21:34 WIB Akademik
CIVITAS IAIN BATUSANGKAR IKUTI UPACARA HAB KEMENAG KE 73

Keterangan Gambar : Suasana Upacara HAB ke 73


Batusangkar – Civitas IAIN Batusangkar ikuti Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 Tahun 2019 pada kamis pagi (03/01) di Lapangan Cindu Mato, Bertema “Jaga Kebersamaan Umat”
Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bertindak selaku inspektur upacara dan diikuti seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) jajaran kemenag, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Mahasiswa dan Pelajar.
Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Wakil Bupati Zuldafri Darma disebutkan, "memasuki tahun politik Kementerian Agama mengajak seluruh warga negara Indonesia menjaga kebersamaan umat, senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok serta golongan kepentingan. Ini sesuai tema yang diangkat kali ini, Jaga Kebersamaan Umat.
"Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama harus menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Ujaran, perilaku dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari, jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati dan saling melukai hati antar sesama anak negeri," sebutnya.
Dalam sambutan tersebut Zuldafri juga menyebut jika Kemenag RI mengajak untuk memperingati HAB Kemenag ke-73 ini dimaknai dengan kesederhanaan, keprihatinan dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti Lombok, Palu, Banten dan Lampung.
"Tujuh puluh tiga tahun silam, tepatnya 3 Januari 1946, pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga saat ini," ungkap Zuldafri lagi.
Zuldafri juga menyebutkan, memasuki tahun 2019, enam sasaran strategis Kementerian Agama yang telah digariskan yakni, meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.(dn/hm)