Humas IAIN Batusangkar Tingkatkan sinergi dan peran kehumasan
KASUBBAG THR IAIN Batusangkar Ikuti Rakor Kehumasan Bidang Pengawasan

By Doni Okta 20 Mei 2019, 09:12:52 WIB Kunjungan
Humas IAIN Batusangkar Tingkatkan sinergi dan peran kehumasan

Keterangan Gambar : Foto Peserta Rakor Kehumasan Bidang Pengawasan PTKN


IAIN Batusangkar - Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga (THR) IAIN Batusangkar Yuasrina, SE ikuti rapat koordinasi Kehumasan bidang pengawasan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Se-Indonesia.
Kegiatan selama tiga hari 15-18 Mei 2019 tersebut dilaksanakan di Hotel Aviaris, Bintaro, Tangerang. Hadir sejumlah 74 pejabat eselon III seluruh Indonesia.
Kegiatan yang digagas oleh Inspektorat Jenderal Kemenag ini dimaksudkan untuk meningkatkan gairah publikasi dan informasi bidang pengawasan yang tidak terlepas dari peran serta humas dalam melakukan penerimaan dan penyampaian informasi. Apalagi melihat perkembangan era 4.0 saat ini yang lebih mengarah pada perkembangan informasi melalui media sosial maupun media alternatif lainnya.
Rojikin menyampaikan bahwa kebijakan dan strategi pengawasan Itjen Kemenag berasal dari arahan pokok Itjen Kemenag tahun 2019. Menurutnya dukungan dari berbagai satker di kemenag, mampu mensinergikan isu strategis atau program prioritas pembangunan nasional yang bersifat pencegahan dan pemberantasan korupsi, peningkatan kapasitas pengawasan intern serta penguatan sistem pengendalian internal.
Nurul Badruttamam (Kasubbag Tata Usaha dan Hubungan Masyarakat Kemenag) selaku Narasumber, mendorong seluruh Eselon III agar mampu mengawasi jalannya media publikasi satker masing-masing.
“Ia juga menyampaikan bahwa bentuk-bentuk publikasi yang dihimpun oleh setiap lembaga seperti Banner, berita, buku, paparan, produk hukum dan lainnya harus dipublikasi lewat website, media sosial, majalah dan lain sebagainya”.
Ia mengimbau “kegiatan kehumasan harus mampu mengatur segala persiapan seperti pidato, paparan dan peliputan kegiatan pimpinan hingga pada proses penyampaian informasi ke pihak eksternal” ungkapnya.
Kepala Sub Bagian THR IAIN Batusangkar, Yuasrina, SE berharap adanya anggaran yang memadai untuk kegiatan kehumasan, sehingga akan berimbas pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Fasilitas Kehumasan. Ia optimis jika hal tersebut terealisasi akan semakin mengembangkan dunia per-humas-an IAIN Batusangkar “tentunya kompetensi para humas PTKIN akan semakin berkembang” tuturnya (Hm/dn)