Forum AICIS ke-19 Resmi Ditutup, Lahirkan Beberapa Rekomendasi
Forum AICIS ke-19 Resmi Ditutup, AICIS ke-20 Di Bengkulu

By Doni Okta 06 Okt 2019, 14:24:40 WIB Akademik
Forum AICIS ke-19 Resmi Ditutup, Lahirkan Beberapa Rekomendasi

Keterangan Gambar : Foto Penutupan AICIS oleh Arskal Salim Dirjen Pendis


Jakarta Humas IAIN Batusangkar- Kegiatan “The 19th Annual International Conference On Islamis Studies” (AICIS) 2019 yang digelar selama 4 hari di Hotel Grand Marcure Batavia Jakarta Barat resmi ditutup oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim, Kamis, (03/10) malam.

Arskal Salim dalam sambutannya, mengaku puas dengan hasil sidang AICIS yang diprakarsai Kemenag sejak 19 tahun lalu ini.

Forum kajian keislaman yang diinisiasi kementerian Agama RI sejak tahun 2000. Pertemuan para pemikir Islam dari berbagai Universitas dunia ini menjadi tempat bertemunya para pemangku kepentingan studi Islam yang diharapkan menjadi barometer perkembangan kajian Islam dunia.

Pergelaran AICIS ke 19 ini, sebanyak 1.700 sarjana dalam bidang Islamic Studies berkumpul di Jakarta selama empat hari, pada 1-4 Oktober 2019. Konferensi tahunan ini mengambil tema "Digital Islam, Education and Youth: Changing Landscape of Indonesian Islam". Pertemuan ini membahas 450 paper dari 1300 yang diseleksi.

Terkait fenomena digital Islam, forum AICIS 2019 merekomendasikan tiga hal yang harus diperhatikan stakeholder keislaman dunia. Poin-poin rekomendasi tersebut adalah: 1. Perlu pemahaman mendalam tentang kompleksitas Islam Digital sebagai hasil persinggungan antara Islam society dengan digital teknologi. Terdapat kebutuhan pemikiran ulang atas perpektif lama studi Islam, 2. Sarjana muslim perlu memperkaya studi digital Islam dan reorientasi metodologi khususnya terkait persinggungan Islam dengan gaya beragama anak muda milenial. 3. Terkait pemahaman interpretatif dan wacana agama kaum muda, para pemangku kepentingan pendidikan Islam perlu melakukan langkah-langkah strategis, terintegrasi, dan komprehensif untuk mempromosikan Islam moderat di kalangan milenial.

Pada gelaran kegiatan AICIS yang ke 20 pada tahun 2020 mendatang akan diselenggarakan di Provinsi Bengkulu. (Pendis/hm/dn)