GELAR WISUDA KE VIII, IAIN BATUSANGKAR SIAP ALIH STATUS.
125 Orang di wisuda angkatan VIII th 2019.

By Doni Okta 02 Agu 2019, 15:18:15 WIB Akademik
GELAR WISUDA KE VIII, IAIN BATUSANGKAR SIAP ALIH STATUS.

Keterangan Gambar : Prosesi Rapat Senat Terbuka Wisuda Angkatan ke VIII.


Batusangkar-Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA. kukuhkan 125 wisudawan/wi program Pascasarjan (S2), Sarjana (S1) dan Diploma III (D3) pada Rapat Senat Terbuka wisuda angkatan VIII periode II tahun 2019 yang berlangsung di auditorium kampus I, Rabu (31/7).
Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan/wi dan orang tua/wali. “Atas nama civitas akademika IAIN Batusangkar, kami mengucapkan selamat kepada keluarga wisudawan dan wisudawati yang telah menghantarkan putra-putri, suami dan istri, mencapai jenjang akademik Diploma, Sarjana dan Magister,” ungkapnya.
Do’a dan restu kami menyertai Saudara yang hari ini diwisuda. Rahmat dan Ridho Allah akan menanti Saudara jika Saudara mengamalkan ilmu yang bermanfaat bagi kesejahteraan ummat manusia, berguna bagi Agama, Bangsa dan Negara tercinta, “tambah kasmuri”
“Wisuda tahun 2019 ini adalah wisuda teristimewa yang pernah ada di IAIN Batusangkar, ini ditandai dengan jumlah wisudawan yang melonjak setiap tahunnya, akibat lonjakan jumlah wisudawan itu maka civitas akademika melalui rapat senat dan dengan beberapa pertimbangan memutuskan bahwa pada tahun 2019 dan seterusnya pelaksanaan wisuda dilaksanakan 3 kali dalam setahun”
Selang 4 tahun setelah menjadi IAIN, maka di pertengahan tahun 2019 ini ada atmosfir, semangat dan tekad baru dari segenap civitas akademika IAIN Batusangkar, yaitu keinginan yang kuat untuk bertransformasi atau beralih status dari IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar, berbekal dengan segala sumberdaya yang ada, serta capaian prestasi yang telah kita raih selama ini maka dengan penuh keyakinan dan percaya diri yang tinggi, pada pertengahanan tahun 2019 ini kita bertekad untuk mengusulkan peralihan status dari IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar ke Pemerintah Pusat.”sambung rektor”

Untuk mewujudkan keinginan menjadi UIN, maka saat ini IAIN Batusangkar sedang melengkapi beberapa persyaratan, termasuk dukungan dari beberapa stakehoders, mulai dari Bupati Tanah Datar, Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, serta Rektor dari perguruan tinggi Negeri di Sumatera Barat, dari stakehoders tersebut kita sudah mendapatkan surat dukungan dan Rekomendasi alih status tersebut, dengan ditandatanganinya dukungan dan rekomendasi dari pemerintah daerah serta perguruan tinggi negeri lainnya, maka IAIN Batusangkar merasa yakin untuk bisa bertranformasi menjadi UIN Batusangkar.”tegas rektor”
Dan yang sangat kita banggakan di IAIN Batusangkar, kita sudah menggantongi Akreditasi “A” sebanyak 7 Jurusan, dari segi peminat/pendaftar adanya peningkatan yang drastis, tahun ini sudah tercatat 11.125 calon mahasiswa yang terdaftar, semetara daya tampung kita hanya 2000-an orang mahasiswa tiap tahun nya, dari aspek pengembangan sarana fisik/bangunan, tahun ini kita membaguan gedung auditorium dan pusat kegiatan mahasiswa dengan kapasitas 3000 daya tampung. “kata kasmuri”
Sementara itu wisuda ke VIII tahun 2019 ini IAIN Batusangkar juga memberikan penghargaan kepada enam (6) wisudawan/ti lulusan terbaik yakni Program Pascasarjana diraih oleh, Fitra Nirwan Prodi Ekonomi Syariah IPK (3.96). Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan diraih oleh Syahru Fitra Hakiki IPK (3,92) Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. sedangkan pada Fakultas Syariah diraih oleh Maratul Husna IPK (3,75) Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah diraih oleh Anike Putri IPK (3,24) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam diraih oleh Liza Zulhayati IPK (3,77) Jurusan Perbankan Syariah dan lulusan terbiak Diploma III yaitu Mega Enggriani IPK (3,35), Selain itu rektor juga memberikan penghargaan kepada 14 orang peneliti Terbaik, yang berasal dari masing-masing jurusan.
Sementara itu Ketua Panitia Wisuda Hendra Eka Putra, M.Pd mengatakan sebanyak 125 orang wisudawan terdiri dari 5 orang lulusan Program Pascasarjana (S.2), 118 orang lulusan Program Sarjana (S.1) dan 2 orang lulusan Program Diploma III. Yang tersebar di 18 Jurusan Sarjana dan 2 Program Studi Pascasarjana.(hm/dn)