IAIN Batusangkar Buka Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN

By Doni Okta 29 Jan 2019, 12:03:41 WIB Akademik
IAIN Batusangkar Buka Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN

Keterangan Gambar : Ayoo..Kuliah di IAIN Batusangkar


Batusangkar. IAIN Batusangkar menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) pada tahun akademik baru 2019/2020. IAIN Batusangkar membuka pendaftaran 26 program studi strata-1.


SPAN PTKIN merupakan salah satu instrumen jalur pendaftaran mahasiswa baru, lewat pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.
Menteri Agama menargetkan dapat menjaring 350 ribu pendaftar, yang terdiri dari 225 ribu pendaftar melalui jalur SPAN PTKIN dan 125 ribu pendaftar melalui jalur UM PTKIN. kegiatan yang diikuti oleh seluruh PTKIN di Indonesia ini dilaksanakan di Hotel Borobudur Jakarta. Rabu (23/1).


“Saya memandang apa yang kita lakukan adalah hal yang sangat strategis, ini tahap awal kita mendapatkan calon-calon mahasiswa terbaik”, untuk memiliki output yang baik, tidak hanya dibutuhkan proses saja. “Input yang baik tentunya diharapkan akan berdampak kepada kualitas yang akan dihasilkan,” ujar Menteri Agama RI Lukman Hakin Saifuddin.
Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA mengatakan IAIN Batusangkar sebagai salah satu PTKIN dibawah naungan Kementerian Agama, tahun 2019 menargetkan capaian jumlah mahasiswa baru, semua jalur pendaftaran mulai dari SPAN-UM PTKIN, dan jalur mandiri sebanyak 2.400 mahasiswa terbagi dari empat Fakultas dua puluh tujuh Jurusan strata-1 dan Diploma III.
Pantia lokal PMB IAIN Batusangkar tahun 2019. Dr. Sirajur Munir, M.Pd mengatakan proses pendafataran jalur SPAN PTKIN Pengisian dan Verifikasi PDSS di mulai tanggal 23 Januari – 28 Pebruari 2019. Daftar program studi dan daya tampung SPAN PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id.


Sementara proses pembukaan pendaftaran jalur UM PTKIN, pendaftaran di mulai tanggal 02-29 April 2019, Pelaksana Ujian tulis pada tanggal 28 Mei 2019, dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id. sementara itu jalur Mandi pendaftaran di mulai pada tanggal 10 juni 13 juli 2019, dan pelaksanaan ujian pada tanggal 16-18 juli 2019. dapat dilihat di laman http://www.pmb.iainbatusangkar.ac.id.