IAIN BATUSANGKAR LATIH WARGA PARAMBAHAN TEKHNIK TERNAK BELUT

By Doni Okta 21 Feb 2019, 21:53:04 WIB Kemahasiswaan
IAIN BATUSANGKAR LATIH WARGA PARAMBAHAN TEKHNIK TERNAK BELUT

Batusangkar, Guna mengembangkan dan memningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Tanah Datar khususnya Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum,Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menggelar pelatihan Ekonomi Produktif,Senin (18/2) yang dilaksanakan di Ala Kantor Walinagari Parambahan.
Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Staff Ahlinya Dr Ermond Reflin dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan  Pemberdayaan sumber daya manusia dalam meningkatkan perekonomian warga sangatlah penting ,karena menurutnya disaat zaman modernisasi ini masyarakar dituntut untuk menciptakan lapangan kerjanya sendiri dengan melihat peluang investasi dan bisnis dan dalam hal ini Dia sangat mendukung program yang diluncurkan oleh mahasiswa IAIN dalam menciptakan tenaga trampil.
“Kita sangat mendukung dan salut dengan program yang digelar oleh adik-adik mahasiswa ini,karena dengan program ini juga turut membantu pemerintah Tanah datar dalam mengentaskan penggangguran dan kemiskinan “Ungkap Dr Ermon Reflin.
Dia juga meminta agar program ini tidak sampai disini saja ,namun diharapkan berkesinambungan dengan memamfaatkan dan Nagari.
Senada yang disebutkan Walinagari Parambahan Robi Yasdi,karena dengan terpilihnya Nagari yang dipimpinnya ini sebagai tuan rumah pelatihan yang digelar oleh Mahasiswa FEBI ini,untuk itu dia berharap agar dapat dimamfaatkan oleh warganya dalam meningkatkan pengetahuan tentang pembudidayaan dan pemamfaatan serta pengembangan ternak belut.
Diakui IAIN Batusangkar telah menjadi mitra yang erat bagi Parambahan,karena telah berulangkali meluncurkan program inovatif di Nagari ang dpimpinnya.
“Kita memberikan apresiasi yang tinggi atas atensi yang diberikan oleh IAIN Batusangkar ke Parambahan ini semoga kedepannya semakin banyak program inovatif dilaksanakan di Nagari ini “Harapnya .
Sementara itu Ketua Pelaksana Arfan Riswandi kepada BNews mengungkapkan,pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan SDM agar mampu meningkatkan ekonomi poduktif dengan menerapkan prinsip syariah.
“Pelatihan ini gelar selama 2 hari dan setelah itu kita juga akan melakukan pembinaan terhadap peserta agar mampu meningkatkan perekonomian mereka “Ungkapnya.
Turut hadir Camat lima Kaum yang diwakili Henri Dunan dan walinagari labuah serta tokoh masyarakat Parambahan.(an/LAP/hm)