IAIN Batusangkar Miliki Assesor SDM Aparatur
Segera Dirikan Assesmen Center

By Doni Okta 28 Feb 2021, 12:29:47 WIB Akademik
IAIN Batusangkar Miliki Assesor SDM Aparatur

Keterangan Gambar : Pelantikan Assesor SDM Aparatur secara Daring dan Luring oleh Sekjen Menag


Jakarta-Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar melantik tiga pejabat eselon III dan 21 Pejabat Fungsional Kementerian Agama. Para Pejabat Fungsional Kemenag yang dilantik secara luring dan daring Jumat (26/2/2021).

Salah satu pejabat yang diangkat dengan mekanisme penyesuaian atau inpassing, Asessor SDM Aparatur Ahli Pertama yakni Dian Erhan Saputra, S.Psi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Suamatera Barat.

“Pejabat yang baru saja dilantik, saya minta segera beradaptasi dan laksanakan tugas. Segera tuntaskan pekerjaan rumah yang ada dengan segera. Saya berharap 1 Maret mendatang seluruh pejabat telah memulai tugasnya,” pesan Nizar.

Dian Erhan Saputra yang di lantik secara daring dan mengatakan pejabat fungsional yang dilantik didominasi oleh ASN yang berasal dari Kementerian Agama Pusat sebanyak 11 orang, sisanya tersebar pada berbagai Kanwil dan Perguruan Tinggi. Untuk daerah Sumatera tercatat 4 orang yang baru menduduki jabatan tersebut.

Selain IAIN Batusangkar terdapat 1 orang dari Kanwil Riau, 1 orang dari Kanwil Jambi, dan 1 orang dari UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi. Dengan demikian, untuk satuan kerja di bawah Kementerian Agama pada Provinsi Sumatera Barat baru memiliki satu orang Assesor SDM Aparatur yang ditugaskan pada IAIN Batusangkar, ucap dian.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamor, M.Sc menyampaikan dengan telah dilantiknya Dian Erhan Saputra sebagai Asessor SDM Aparatur Ahli Pertama, artinya IAIN Batusangkar memiliki tugas dan tanggung jawab cukup besar untuk melakukan pengembangan SDM, baik itu terhadap internal organisasi ataupun membantu satuan kerja lain dalam melakukan penilaian kompetensi manajerial sebagaimana tugas pokok yang dimiliki oleh Assesor SDM Aparatur.

IAIN Batusangkar satu-satunya Satuan Kerja di bawah Kementerian Agama pada Propinsi Sumatera Barat yang memiliki Assesor SDM Aparatur, sesuai arahan Sekjen Kementerian Agama RI, kita harus bergerak cepat diantaranya adalah dengan pendirian Assesmen Center. “ucap Marjoni”

Yang telah diatur dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019, tentang Pembinaan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2020, tentang Uji Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil pada Kementerian Agama, “sambung Rektor”

Ini sangan membanggakan dan mengharumkan nama IAIN Batusangkar, megingat kita sudah dalam proses alih Status dari IAIN menjadi UIN Batusangkar. tutup marjoni. (ige/dn/hm)