IAIN Batusangkar Raih Juara III Nasional Investasi Fair 2018.

By Doni Okta 30 Apr 2018, 15:57:41 WIB Akademik
IAIN Batusangkar Raih Juara III Nasional Investasi Fair 2018.

Keterangan Gambar : Penyerahan Tropi dan Tabanas Dari Tim RILIS IQ IAIN Batusangkar kepada Rektor.


Batusangkar, Nasional Investment Fair 2018 merupakan ajang Kompetisi Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi Kampus Trisakti School Of Management, yang bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia, Mirae Asset Sekuritas, The Indonesia Capital Market Institute (TICMI),

kegiatan bertujuan untuk mengedukasi para Mahasiswa/i tentang Pasar Modal dan untuk membantu mereka agar dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu Pasar Modal yang dapat diukur melalui berbagai macam kompetisi diantaranya Online Trading dan Debat Pasar Modal, dan tidak hanya akan menguji kompetensi dan pengetahuan peserta secara mendalam, tetapi juga mempertajam kemampuan penerapan ilmu mereka dalam Berinvestasi, khususnya Saham. Rangkaian acara tersebut tidak hanya kompetisi tetapi juga ada Seminar Nasional yang akan dibawakan oleh pembicara-pembicara yang sudah ahli di Pasar Modal.

Kegiatan Nasional Investment fair 2018, yang berlangsung sejak 01 maret 2018, kegiatan ini terdiri tiga tahapan, pertama tahapan pra Penyisihan yang dikuti oleh 50 Perguruan Tinggi se Indonesia, kedua Tahapan Penyisihan yang meninggalkan 20 Perguruan Tinggi Se Indonesia dan 5 Perguruan Tinggi yang masuk babak final, salah satu IAIN Batusangkar.

Adapun babak awal (pra penyisihan) peserta mengikuti Trading Competition serta mengirimkan paper dengan topik yang ditentukan oleh panitia. Judul paper yang di paparkan dalama ajang ini “Analisa Fundamental dan Teknikal Saham PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk (AISA)” yang mengantarkan nama besar IAIN Batusangkar di Ajang Nasional ini, Yang di lakukan pada tanggal 26 – 28 April 2018 di Kampus Trisakti Jakarta.

Dalam ajang kompetisi Pasar Modal tersebut, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, meraih Juara ke III, dimana IAIN Batusangkar yang di wakili oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang tergabung dalam tim RILIS IQ yakni Iqbal Sulaiman, Liza Zulhayati, yang duduk di semester 6 dan semerata Muthaharsyah Yustha disemester 8, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sementara itu Meidya Putri, SE pendamping dari Tim RILIS IQ IAIN Batusangkar, meyampiakan IAIN Batusangkar masuk dalam babak semifinal yang bersaing dalam 20 Perguruan Tinggi Se Indonesia, semetara yang lolos ke babak final tersebut menyisahkan lima pergurun tinggi yakni IAIN Batusangkar, STIE Kesatuan Bogor, Universitas Mercu Buana dan dua Tim dari Universitas Indonesia, yang diselenggarakan pada tanggal 28 April 2018.

Lebih lanjut Meidya Putri menerangkan dari lima perguruan tinggi yang masuk babak final IAIN Batusangkar berhasil mendapatkan peringkat ke III, sementara itu peringkat ke II di tempati tim Futuristic dari STIE Kesatuan Bogor dan juara Pertama oleh Tim Scion Capital dari Universita Indonesia “ucap Putri”

Rektor IAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA memberikan Apresiasi terhadap 3 orang mahasiswa IAIN Batusangkar, kasmuri mengatakan dari 3 orang Mahasiswa mereka adalah ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi IAIN Batusangkar. dari babak awal, tim RILIS IQ IAIN Batusangkar menjadi satu-satunya utusan peserta yang lolos hingga ke tahap final. Dan satu satunya juga Perguruan Tinggi Agama Islam yang berani unjuk gigi di tingkat nasional, “dengan keterbatasan Fasilitas Kita bisa menghasilkan Prestasi Maksimal”Ucap Rektor.

Senada dari Wakil Rektor III Dr. Rizal, M.Ag yang di damping oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Ulya Atsani, M.Hum, kita dari awal tahapan kompetisi ini sudah menyiapkan diri untuk ikut dalam ajang tingkat Nasional ini, alhamdulillah apa yang kita rencanakan mendapatkan hasil Peringkat ke III, yang lebih memauskan kita satu-satunya Perguruan Tinggi Islam yang mampu meraih penghargaan di tingkat Nasional, yang bersaing dengan Perguruan Tinggi Se Indonesia.”ucap Rizal.(hm)