IAIN Batusangkar Sukses Selenggarakan PEKSIMIDA

By Doni Okta 26 Jul 2018, 11:08:35 WIB Kemahasiswaan
IAIN Batusangkar Sukses Selenggarakan PEKSIMIDA

Keterangan Gambar : Foto PEKSIMIDA IAIN Batusangkar


IAIN Batusangkar, Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Sumatera Barat tahun 2018 yang diselenggarakan di Kampus I IAIN Batusangkar dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, Rabu (26/7).

Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, mengatakan kegiatan dua tahunan ini tentu saja menjadi ajang memupuk persaudaraan dan kesatuan, serta kerjasama antar mahasiswa pada perguruan tinggi di Sumatera Barat. Selain itu, kegiatan ini juga diperuntukkan sebagai ajang seleksi bagi pada mahasiswaa untuk mewakili kontingen Sumatera Barat dalam Kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (PEKSIMINAS) XIV tahun 2018 di D.I. Yogyakarta.

Ini adalah salah satu wadah bagi mahasiwa untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukkan, seni sastra, maupun seni rupa, IAIN Batusangkar perdana tahun ini, memnjadi salah satu perguruan tinggi yang menyelanggarakan kegiatan PEKSIMIDA di Sumbar, khususnya pada tangkai lomba penulisan Puisi “ucap pria kelahiran Padang Pariaman ini”

Sementara itu ibu Dr. Elda Herlina, M.Pd ketua Pelaksana PESIMIDA IAIN Batusangkar, pada katagori Tangkai Lomba Penulisan Puisi, menyampaikan bahwa kegiatan PEKSIMIDA dilaksanakan bertujuan memberikan wadah kepada seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Barat untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya di bidang seni, khususnya pada tangkai lomba penulisan puisi, dengan mengusung tema “Mari Mengukir Prestasi di Bidang Seni Sastra”.

Pada acara tersebut sekaligus diluncurkan buku “ANTOLOGI PUISI” karya Irwan Malin Basa salah seorang Dosen IAIN Batusangkar yang sangat produktif menulis buku, Jurnal dan Artikel di berbagai Media masa. Irwan Malin Basa juga memberikan 10 exsenplar buku antologi puisi tersebut kepada para pemuncak dan dewan juri.

Sementara itu bertindak sebagai dewan juri pada ajang Lomba Penulisan Puisi, Dr. Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn dari Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Yulnetri, S.S., M.Pd dari IAIN Batusangkar dan Ronidin. S.S., M. Hum. Mengatakan selamat dan sukses bagi IAIN Batusangkar yang telah menyelenggarakan Lomba Penulisan Puisi dengan melahirkan penulis-penulis puisi handal pada ajang kali ini, dan pemenang pada lomba ini, Juara ke III a.n Mulhidayati Salima dari STIKES Syedza Saintika Padang, Juara ke II a.n Mulyadi dari STKIP PGRI Padang dan Pemuncak a.n  Roby Satria dari UNAND. (dn/hm)