Irwan, M.Pd Raih The Best Paper dalam Seminar Internasional

By Putra Lanova 14 Sep 2018, 16:54:46 WIB Akademik
Irwan, M.Pd Raih The Best Paper dalam Seminar Internasional

Keterangan Gambar : Irwan, M.Pd Raih The Best Paper dalam Seminar Internasional


Batusangkar, 13 September 2018.  Fakultas Taribyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar kembali melaksanakan acara Seminar Internasional yang bertemakan “Teachers’ Problems in Digital Age” atau masalah-masalah guru pada era digital. Seminar yang dilaksanakan pada tgl 12 s/d 13 September di Hotel Emersia and Resort Batusangkar itu dihadiri oleh berbagai kalangan dari berbagai institusi.
Pada acara ini hadir sebagai Keynote speaker Prof. Dr. Fasli Jalal mantan Wakil Menteri pendidikan yang juga putra Lintau Tanah Datar.  Hadir pula beberapa pakar bidang pendidikan dari luar negeri seperti Malaysia, Amerika dan Philipina.  Sedangkan dari dalam negeri juga hadir pakar dari ITB Bandung dan dari IAIN Batusangkar sendiri.
Salah satu sesi yang menarik dari acara ini adalah dipilihnya makalah terbaik atau The Best Paper dari 53 makalah yang ditampilkan.  Berdasarkan penilaian tim dan panelis, terpilih makalah Irwan, M.Pd yang berjudul Teacher’s Problem in Transferring Local Knowledge.  Makalah ini ditulis berdasarkan hasil riset yang dilakukan di Pariangan terhadap program Kampung Literasi yang disponsori oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.  Peghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dekan FTIK IAIN Batusangkar Dr.Sirajul Munir, M.Pd dan disaksikan oleh seluruh keynote speaker dan peserta yang hadir.
Dalam makalahnya Irwan, M.Pd menyimpulkan bahwa ada beberapa hambatan dalam melakukan program literasi seperti tidak adanya jaringan internet, minimnya sarana dan prasarana pendukung kegiatan literasi, rendahnya partisipasi masyarakat dan kurangnya media ajar dalam bentuk digital untuk mengajarkan kearifan lokal, science lokal dan pengetahuan lokal kepada generasi muda, ucap Dosen Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar
“Prestasi ini merupakan hasil keseriusan kerja saya dan kawan kawan dalam melakukan kegiatan pelestarian budaya dan kegiatan literasi selama ini” kata Irwan, M.Pd ketika melakukan jumpa pers dengan berbagai awak media setelah acara seminar.  Prof.Dr. Fasli Jalal memberikan apresiasi yang luar biasa atas capaian yang diperoleh Irwan, M.Pd karena sudah memiliki puluhan Hak kekayan Intelektual dan Hak Cipta dari Kemenkumham RI. 
Penghargaan ini melengkapi berbagai penghargaan yang pernah diraih oleh Irwan, M.Pd sebagai penulis dan penggiat literasi.  Sebelumnya Irwan, M.Pd juga meraih penghargaan sebagai Penulis Paling Produktif yang diberikan oleh Bupati Tanah Datar pada acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tgl 2 Mei 2018 yang lalu.  
Di samping sebagai dosen dan penggiat literasi Irwan, M.Pd juga merupakan salah seorang Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) yang sudah diakui dan lulus program asesmen dari Kemendikbud RI bersama BSNP.  Beliau banyak melakukan kajian kajian kebudayaan Minangkabau seperti sastra lisan, naskah kuno, pencak silat, ritual adat serta tari tradisi.  Berbagai penelitian dan tulisan di jurnal nasional dan internasional tentang kebudayaan sudah banyak ditulisnya.  Semoga karya karyanya bisa bermanfaat untuk kemajuan bangsa.(hm/dn/ir)