Jurusan Perbankan Syariah IAIN Batusangkar di Visitasi BAN-PT
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar melaksanakan

By Doni Okta 13 Mar 2019, 14:46:49 WIB Akademik
Jurusan Perbankan Syariah IAIN Batusangkar di Visitasi BAN-PT

Keterangan Gambar : Foto Penyerahan Cendra Mata Dari Rektor kepada Tim Asesor BAN-PT


Batusangkar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar melaksanakan Asesmen Lapangan terhadap Program Studi Perbankan Syariah oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang di laksanakan selama dua hari di kampus I dan II IAIN Batusangkar. 11 s/d 12-03-2019.
Adapun tim Asesor BAN-PT Dr. Fakhri Husein, SE., M,Si dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yokyakarta dan Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Tim asesor BAN PT mengatakan Kegiatan asesmen lapangan ini untuk verifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang bersangkutan, ini merupakan salah satu faktor pendukung dalam mendapatkan hasil yang lebih baik, harapan kami sebagai tim asesor juga demikian.
Dekan FEBI IAIN Batusangkar Dr. Ulya Atsani, M. Hum, mengatakan, visitasi itu sebagai upaya untuk menaikkan nilai akreditasi jurusan tersebut. Akreditasi jurusan PS ini sebelumnya adalah B. Semua jajaran dan stakeholder mengaku siap dalam menghadapi dan menjalani asesmen lapangan tersebut guna menaikan mutu dan nilai akreditasi.
Rektor IAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA mengatakan akreditasi merupakan tuntutan untuk perguruan tingi, karena salah satu syarat menuju mutu perguruan tinggi dengan standar kualifikasi kampus, mudah-mudahan akan berjalan lancar dan mendapatkan nilai yang terbaik.
“kita berharap hasilnya akreditasi yang akan di visitasi oleh BAN-PT akan membuktikan kita betul-betul siap dalam menjalankan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar minimum mutu pendidikan, dan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap IAIN Batusangkar," ujar Kasmuri.
Sementara itu Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd. mengatakan yang menjadi tolak ukur penilaian dari BAN-PT tersebut meliputi aspek:  visi dan misi, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum dan pembelajaran, sarana dan prasarana, sistem informasi dan terakhir penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. Inilah yang diniilai oleh BAN-PT dan alhamdulillah kita bisa memenuhi standar tersebut.
“Akreditasi sendiri merupakan tanggung jawab perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur oleh Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan terakreditasinya Jurusan dan Program studi pada IAIN Batusangkar, menjadi upaya Institusi kita memberikan jaminan mutu lsebagai embaga pendidikan kepada stakeholder dan lembaga audit eksternal yang dalam hal ini adalah BAN-PT. Hasil akreditasi ini menjadi bukti bahwa kegiatan tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan pada IAIN Batusangkar sudah sesuai dengan standar mutu IAIN Batusangkar dan standar BAN-PT, namun kita menyadari masih banyak yang perlu ditingkatkan” sambung. Ridwal.
Hadir dalam Kegiatan Visitasi dan Asesmen lapangan Program Studi Perbankan Syariah Wakil Rektor, Wakil Rektor I, II dan III, Para Dekan, Direktur Pasca Sarjana, Wakil Dekan, Kepala Unit Kepala Lembaga Kajur, Kabbag, Kasubbag, Dosen serta seluruh Mahasiswa Perbanka Syariah.
Hadir juga stakeholder, yakni Bank Nagari Syariah Cab. Batusangkar, Bank Muamalat, OJK, IDX dan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumbar, serta Para Alumni Perbankan Syariah. (hm/dn)