Mahasiswa FAUD IAIN Batusangkar Ikuti Magang Jurnalistik dan Broadcasting
Harian Umum Rakyat Sumbar & TVRI Sumbar materi jurnalistik, broadcasting

By Doni Okta 08 Agu 2019, 14:57:39 WIB Kemahasiswaan
Mahasiswa FAUD IAIN Batusangkar Ikuti Magang Jurnalistik dan Broadcasting

Keterangan Gambar : acaara magang fuad


Batusangkar, Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar, memberikan pembekalan orientasi magang kepada mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Kegiatan yang dilakukan pada Kamis (1/8) tersebut, mendatangkan dua narasumber dari Harian Umum Rakyat Sumbar untuk materi jurnalistik, dan TVRI Sumbar untuk broadcasting. Dekan FUAD Dr. Adripen, M.Pd dalam sambutannya, menekankan pentingnya kegiatan orientasi ini untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan manajemen kerja di tempat magang nantinya.

“Magang adalah salah satu proses perkuliahan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa, selain mempertajam ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Adripen juga mengingatkan pentingnya menjalin kerjasama, baik sesama mahasiswa magang maupun dengan lingkungan tempat magang. “Ini penting, karena kalua kerjasama dari luar tidak ada atau komunikasi tidak berjalan lancar, program magang kita tidak bisa berjalan. Jadi menjalin kerjasama dan silaturahmi itu sangat penting,” ujarnya.

Adripen menekankan agar mahasiswa yang telah menyelesaikan proses magang, agar membawa ilmu yang diperoleh selama di tempat kerja, sebagai bahan evaluasi dan introspeksi bagi mahasiswa. “Jangan sampai, kita sudah capek-capek magang. Malahan hasil yang didapat hanya nol besar. Dunia perkuliahan dengan dunia kerja sangat berbeda, sehingga saya pesankan kepada seluruh mahasiswa KPI, agar betul-betul menjalani proses magang dengan sepenuh hati dan tentunya akan membawa bekal pengalaman setelah tamat nantinya,” harapnya.

Orientasi Magang bari Mahasiwa KPI tersebut, dibagi menjadi dua sesi. Dimana, untuk sesi Sistematika dan Manajemen Jurnalistik serta Etika Komunikasi Dunia Kerja diberikan oleh Jon Kenedi Parman dari Harian Umum Rakyat Sumbar. Sementara untuk materi Broadcasting diberikan oleh Dadan Suparna dari TVRI Sumbar. (Fajri/Mahasiswa IAIN Batusangkar/hm/dn))