Menteri Agama RI Buka Secara Resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XIV

By Doni Okta 05 Mei 2018, 15:19:03 WIB Kemahasiswaan
Menteri Agama RI Buka Secara Resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XIV

Keterangan Gambar : Dok. 03/05-18 humas IAIN Batusangkar,


Menag: Perkemahan Wirakarya Membuktikan PTKIN Tidak Termasuk Berpaham Radikal

Riau-Kamis (03/05/2018) Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XIV di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan ini akan berlangsung mulai dari tanggal 03 s.d 10 Mei 2018. Menteri dalam pidatonya menegaskan bahwa perkemahan wirakarya ini membuktikan bahwa PTKIN tidak termasuk berpaham radikal.

“Kehadiran para mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Pramuka dalam even Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya ini, bagi saya adalah sebuah pembuktian, bahwa kita bukan termasuk yang radikal dan Perguruan Tinggi Keagamaan di bawah Kementerian Agama bukan basis penyebaran paham radikal”.tegasnya

Beliau juga memastikan bahwa keluarga Besar Kementerian Agama tidak ada yang terlibat dalam paham radikal.

“Saya yakin dan percaya, keluarga besar Kementerian Agama, khususnya civitas akademika PTKI, tidak ada satupun yang terlibat dalam kelompok radikal yang cenderung anti Pancasila dan NKRI. Karena, sejak kelahirannya, khittah PTKI adalah perguruan tinggi yang mengusung paham dan ajaran yang mengedepankan moderasi Islam (wasathiyah)”.tambahnya

Pantauan Humas IAIN Batusangkar setelah Menteri Agama membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya dilanjutkan dengan pawai masing-masing kontingen salah satunya Kontingen IAIN Batusangkar menunjukkan pakaian adat Minagkabau Sumatera Barat.

Dalam acara Pembukaan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XIV di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Hadir Rekor Dr. H. Kasmuri. MA, beserta Ibu DW, Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaa dan kerjasama Dr. Rizal, M.Ag. Kabag Akademik dan kemahasiswaan Yarman, M.Ag dan 2 Pimbina Pramuka Racana IAIN Batusangkar.

Turut Hadir dalam pembukaan tersebut, Plt. Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, Pejabat Kemenag RI, Forkopimda Riau, Para Rektor/Ketua, Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan peserta 1500 kontingen dari 66 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, 12 PTS se-Indonesia, serta utusan dari Negara tetangga Malaysia.(hm/dn)