Pelaksanaan Seleksi Calon Rektor IAIN Batusangkar Periode 2020-2024 Secara Daring

By Putra Lanova 08 Jul 2020, 19:12:02 WIB Akademik
Pelaksanaan Seleksi Calon Rektor IAIN Batusangkar Periode 2020-2024 Secara Daring

Keterangan Gambar : Seleksi Calon Rektor IAIN Batusangkar periode 2020-2024


Pemilihan Rektor IAIN Batusangkar hampir memasuki tahap akhir dengan dilaksanakannya Seleksi Calon Rektor tepat hari ini. Hal ini didasarkan kepada Keputusan Dirjen Pendis nomor 7293 tahun 2015, dimana  lima orang calon Rektor yang ada akan diseleksi oleh Komisi Seleksi yang dibentuk dan ditetapkan oleh Menteri Agama. Selanjutnya Komisi Seleksi akan menyaring tiga orang Calon Rektor berdasarkan nilai terbaik yang kemudian diserahkan kepada Menteri Agama. Diantara tiga orang dengan nilai terbaik tersebut Menteri Agama akan memilih salah seorang untuk diangkat menjadi Rektor IAIN Batusangkar Periode 2020-2024.

Rangkaian kegiatan seleksi hari ini terlaksana dengan baik sesuai jadwal yang sudah ditetapkan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tanggal 02 Juli 2020 perihal Undangan Seleksi Calon Rektor IAIN Batusangkar. Sedikit berbeda dari pola pelaksanaan seleksi  periode-periode sebelumnya, seleksi kali ini dilakukan secara daring. Hal ini tidak terlepas dari kondisi wabah Covid-19 yang masih menjadi penghalang untuk pelaksanaan secara tatap muka. Namun hal ini tidak mengurangi kualitas dari seleksi itu sendiri yang notabene menghadirkan para ahli dibidangnya yang terdiri dari Pejabat Eselon I Kementerian Agama, Akademisi Perguruan Tinggi, Profesional, dan Tokoh Masyarakat.

Pelaksanaan seleksi secara daring yang dijadwalkan pada pukul 14.00 s.d 21.30 WIB ini membuat para calon Rektor harus mengikuti rangkaian kegiatan secara bergiliran, dimulai oleh Dr. Suswati Hendriani, M.Pd pada giliran pertama dan diakhiri oleh Dr. Marjoni Imamora, M.Sc sebagai penutup. Sementara itu tiga orang calon lainnya mendapat giliran secara berurutan dimana Dr. Akhyar Hanif, M.Ag (2), Dr. Adripen, M.Pd (3), dan Dr. Syukri Iska, M.Ag berada pada urutan keempat.

Dalam kesempatan yang sama Rektor IAIN Batusangkar saat ini Dr. H. Kasmuri, M.A ikut mengantarkan para calon Rektor memasuki ruang seleksi sekaligus menyampaikan bahwa siapapun yang akan terpilih menjadi Rektor nantinya memang orang-orang terbaik yang ada di IAIN Batusangkar, dan berharap kepada para calon agar dapat membawa IAIN Batusangkar ke arah yang lebih baik lagi hendaknya.(iGe).