Pelantikan Wakil Rektor dan Pejabat Pelaksana Akademik Periode 2020-2024, serta Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

By Putra Lanova 15 Agu 2020, 15:27:17 WIB Akademik
Pelantikan Wakil Rektor dan Pejabat Pelaksana Akademik Periode 2020-2024, serta Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

Keterangan Gambar : Dr. Marjoni Imamora, M.Sc lantik Wakil Rektor, Dekan, dan Direktur Program Pascasarjana IAIN Batusangkar, sekaligus melakukan penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.


Jum'at, 14 Agustus 2020 Rektor IAIN Batusangkar periode 2020-2024 Dr. Marjoni Imamora, M.Sc  melakukan pengangkatan pejabat untuk pertama kalinya setelah melalui penjaringan dan seleksi yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2016 Tentang STATUTA IAIN Batusangkar. Karena kampus memiliki banyak orang-orang terbaik yang pantas mengisi jabatan yang tersedia maka membutuhkan pertimbangan dan pemikiran yang cukup panjang sehingga Rektor bisa memutuskan dan memilih: 

1. Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, jabatan sebelumnya  Ketua Lembaga Penjaminan Mutu.
2. Dr. Eficandra, S.Ag, M.Ag. sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, jabatan sebelumnya Kepala Satuan Pengawasan Internal.
3. Dr. Sirajul Munir, M.Pd sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasam, jabatan sebelumnya Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
4. Dr. Adripen, M.Pd sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jabatan sebelumnya Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah.
5. Dr. H. Zainuddin, M.A sebagai Dekan Fakultas Syariah, jabatan yang sama dengan sebelumnya.
6. Dr. Akhyar Hanif, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana.
7. Dr. H. Rizal, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, jabatan sebelumnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.
8. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd sebagai Direktur Program Pasacasarjana, jabatan sebelumnya Wakil Direktur Program Pascasarjana.

Dengan menerapkan protokol covid-19 yang ketat pada acara pelantikan, Rektor mengingatkan serta meminta kepada pejabat yang baru saja dilantik untuk memberikan yang terbaik dengan bekerja secara Profesional. Meskipun jabatan tersebut merupakan jabatan tugas tambahan bagi seorang Dosen pada Perguruan Tinggi namun perannya sangat strategis dalam mempengaruhi keberhasilan organisasi. Tidak lupa Rektor mengucapkan terimakasih kepada tiga (3) orang Pejabat sebelumnya yang tidak lagi mendapatkan tugas tambahan sebagai pejabat, yakni  Dra. Desmita, M.Si sebagai mantan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Ulya Atasani, S.H., M.Hum sebagai mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Dr. H. Syukri Iska, M.Ag sebagai mantan Direktur Program Pascasarjana. Kepada para mantan pejabat tersebut Rektor tetap meminta bantuan agar tetap memberikan yang terbaik , karena pengalaman serta keilmuan mereka sangat dibutuhkan untuk mencetak mahasiswa-mahasiswa IAIN Batusangkar yang lebih berkualitas. Bahkan Rektor menegaskan dengan kalimat "Ikuti saya jika saya masih dalam kebenaran dan aturan yang ada, namun tolong ingatkan saya dengan bijaksana jika saya sudah keluar dari jalur".

Dengan terisinya beberapa jabatan strategis yang ada Rektor berharap estafet kepemimpinan yang diterima segera dijalankan secepat mungkin. Sebagai tahap awal tentunya melakukan penjaringan dan seleksi untuk mengisi jabatan lain yang masih ada. Karena jabatan pelaksana akademik merupakan jabatan yang berakhir dalam satu periode kepemimpinan Rektor, maka seluruh jabatan tersisa ditargetkan akan selesai terisi pada bulan Agustus ini. Rektor mengharapkan seluruh pihak yang ditunjuk untuk menjabat nantinya dapat bersedia membantu beliau dalam memajukan IAIN Batusangkar dan mencapai visi misi yang sudah ditetapkan.

Pelaksanaan pelantikan yang mengambil tempat pada Auditorium Kampus II dan menjelang Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 ini menjadi momen yang membahagiakan bagi keluarga besar IAIN Batusangkar. Hal ini juga ditambah dengan kegiatan Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi 25 orang PNS  Dosen dan Tenaga Kependidikan yang sudah mengabdikan dirinya selama lebih dari 10 dan 20 tahun. Rektor menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap penerima tanda kehormatan atas bakti dan pengabdian mereka terhadap Bangsa dan Negara, serta berharap tetap terus berkarya bagi kejayaan IAIN Batusangkar.(iGe).