Pemerintah dan Rektor PTN Sumatera Barat Mendukung Penuh IAIN Batusangkar Menjadi UIN Batusangkar
Tahun 2019, IAIN Batusangkar Bertekat Menjadi UIN Batusangkar

By Doni Okta 24 Jul 2019, 08:31:01 WIB Akademik
Pemerintah dan Rektor PTN Sumatera Barat Mendukung Penuh IAIN Batusangkar Menjadi UIN Batusangkar

Keterangan Gambar : Foto: Kunjungan ke kediaman Gubernur


Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Islam dalam waktu dekat ini akan melakukan transformasi perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) atau alih status untuk beberapa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) pada tahun 2019.
Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam Kemenag, Arskal Salim, mengatakan sekarang ini ada 17 PTKIN yang telah berstatus UIN. Setidaknya, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) Kemenag, peralihan status IAIN menjadi UIN menjadi akan ditingktakan sehingga aka nada 30 UIN dalam tahun 2020 mendatang. Republika.co.id
Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA bertekad, Perguruan Tinggi Islam yang berada di Kabupaten Tanah Datar yaitu IAIN Batusangkar untuk menjadi UIN Batusangkar dapat terwujud ditahun 2019 ini.
“Tekat IAIN Batusangkar yaitu menjadi UIN Batusangkar, tentunya didukung dengan ketersediaan lahan kampus yang cukup luas, ketersediaan sumber daya manusia, Sarana prasara pendidikan yang mempunyai serta telah memiliki 7 (tujuh) jurusan/program studi sudah yang mendapatkan Akreditasi “A” dari BAN-PT.”
Tidak tanggung-tanggung yang dilakukan Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana dan Ka, Biro beserta jajaran IAIN Batusangkar untuk melakukan komunikasi dan lobi serta telah menandatangani surat Rekomendasi dari kepada kepala daerah, mulai dari Bupati Kab. Tanah Datar, Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Prov. Sumbar, dan bahkan Rektor Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Barat, seperti Rektor Universitas Andalas, Rektor Universitas Negeri Padang dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, seperti yang di jelaskan oleh Kasmuri.
Selaku Kepala daerah tentu saya akan memberikan dukungan sepenuhnya dan menginginkan agar IAIN Batusangkar bisa secepatnya menjadi UIN Batusangkar. “Pembinaan dan pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) di Sumbar juga menjadi salah satu kebijakan yang harus dibuat Pemprov” Tegas Irwan Prayitno saat menerima kunjungan Rektor IAIN Batusangkar yang di damping Wakil Rektor I, II Ka. BIRO dan Dekan dikediamannya. Senada dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Sumatera Barat ‎Hendra Irwan Rahim‎, yang juga putra asli daerah Kab. Tanah Datar tersebut, siap membantu melakukan komunikasi dengan pengambil kebijakan di tingkat pusat “ucapnya”
Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA menyambut peralihan status IAIN Batusangkar menuju UIN Batusangkar dengan bangga, hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat dalam bidang pendidikan serta untuk mendorong pembangunan sumber daya manusia dan kemajuan pendidikan di Sumatera Barat. saat menerima kunjungan Rektor, Wakil Rektor I dan Dekan IAIN Batusangkar, di ruang kerjanya.
“Unand siap membantu Institusi ini untuk berkembang dan maju. Ketersediaan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Unand siap membawa kampus ini menjadi lebih baik lagi”. unand.ac.id
Begitu juga dukungan penuh datang dari Rektor Universitas Negeri Padang Prof. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. pada saat menerima kunjungan Rektor dan Wakil Rektor, Dekan dan Ka. BIRO di rungan kerja Rektor UNP, Ganefri menyambut hangat maksud dan tujuan IAIN Batusangkar, dan beliau menyatakan siap mendukung penuh cita-cita IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar.
 “Dalam dunia pendidikan, kita sebagai pendidik mendorong bagaimana masyarakat khususnya Sumatera Barat mampu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perguruan-perguruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Barat, sehingga kedepan masyarakat bisa mendorong Putra/putri nya bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, dan mampu menjadikan Sumatera Barat satu Keluarga 1 Sarjana”
Senada dengan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Dr. H. Eka Putra Wirman dengan telah di keluarkannya Surat Rekomentasi alih status IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar, yang tertanggal 25 Juni 2019.
Kasmuri menegaskan dengan adanya dukungan berupa Rekomendasi dari pemerintah daerah dan Perguruan Tinggi Negeri, maka IAIN Batusangkar merasa yakin untuk bisa bertranformasi menjadi UIN Batusangkar sebagaimana yang diharapkan oleh Keluarga Besar IAIN Batusangkar. Sudah selayaknya Tanah Datar memiliki Universitas, sebab cikal bakal beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Sumbar lahir di Tanah Datar.(hm/dn)