PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI IAIN BATUSANGKAR TAHUN 2020
Berani Jadi Mahasiswa, Berani Berprestasi

By Doni Okta 08 Okt 2020, 11:58:22 WIB Kemahasiswaan
PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI IAIN BATUSANGKAR TAHUN 2020

Keterangan Gambar : PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI IAIN BATUSANGKAT TAHUN 2020


PEDOMAN

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI

TAHUN 2020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IAIN BATUSANGKAR

2020

 

 

  1. PENDAHULUAN

 

 

 

  1. Dasar Pemikiran

 

Fungsi dari pada pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sementara tujuan dari pada pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik (mahasiswa) agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Perguruan tinggi secara terus-menerus mengembangkan iklim akademis yang demokratis agar dapat mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa menjadi insan cerdas, komprehensif, dan kompetitif.

Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses. Acapkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengembangan soft skills tidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu diidentifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Untuk menyahuti hal tersebut diatas, salah satu upaya yang dilakukan oleh Institut Agama Islam Negeri Batusangkar adalah melaksanakan pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Kegiatan ini merupakan kompetisi antar mahasiswa yang dilakukan secara bertingkat mulai dari jurusan, fakultas hingga institute. Mahasiswa berprestasi tercermin dari aspek pengetahuan baik akademik dan non akademik, keterampilan, keikutsertaan dalam lembaga kemahasiswaan, dan prestasi.  

 

  1. Landasan Hukum

 

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  6. Peraturan Presiden RI Nomor: 147 Tahun 2015 tentang Alih Status STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar;
  7. Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tetang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset,  

     Teknologi,     dan Pendidikan Tinggi Nomor 232 Tahun 2019 tentang Nama Program  

     Studi  pada Perguruan Tinggi

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

  1. Nilai Kerja

Nilai kerja yang diusung dalam program Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yaitu:

  1. Kejujuran, transparansi, dan keterbukaan
  2. Semangat bersaing secara sehat, dan bekerja sama
  3. Kesetaraan (non-diskriminatif)

 

  1. Tujuan dan Sasaran

1. Tujuan

    1. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi/capaian unggul dan membanggakan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
    2. Memotivasi siswa untuk melaksanakan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana untuk menyeimbangkan hard skill dan soft skill mahasiswa.
    3. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi unggul dan membanggakan secara berkesinambungan.
    4. Meningkatnya jumlah gagasan kreatif mahasiswa untuk pembangunan yang berasal  dari Kampus

2. Sasaran yang ingin dicapai

  1. Mahasiswa IAIN Batusangkar yang terdiri dari 27 Jurusan dan 4 Fakultas
  2. Terselenggaranya kegiatan untuk mengakses dan menetapkan peraih gelar mahasiswa  berprestasi unggul
  3. Meningkatnya jumlah peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

 

  1. PESERTA

Peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma yang terdaftar pada PD-DIKTI di IAIN Batusangkar.

  1. PERSYARATAN

 

  1. Persyaratan Umum

Persyaratan umum adalah persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai kelengkapan Pilmapres, yaitu:

  1. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana atau Diploma  Maksimal semester V yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Aktif Kuliah;
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata minimal 3,50 untuk Jurusan Sosial dan 3.25 untuk Jurusan  Eksakta yang dibuktikan dengan transkrip nilai sementara mahasiswa;
  3. Belum pernah menjadi pemenang Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun-tahun sebelumnya;
  4. Memiliki prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan dibukutikan dengan sertifikat/piagam;
  5. Keterlibatan dan keakftifan dalam berorganisasi dan atau Lembaga kemahasiswaan dibuktikan dengan SK.

 

  1. Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus dipenuhi oleh peserta melalui kelengkapan yang harus diunggah oleh peserta untuk dinilai oleh tim juri selama proses Pilmapres berlangsung, yaitu:

  1. Foto Berwarna ukuran 5 R);
  2. Curriulum Vitae yang menunjukkan riwayat aktivitas dan prestasi;
  3. Prestasi/ capaian yang unggul dan membanggakan dilengkapi dengan bukti pendukungnya;
  4. Motivation Letter minimal 2 lembar pada kertas A4;
  5. Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Mahasiswa dan Global Pandemi Covid-19”. Karya ditulis pada kertas ukuran A4 spasi 1,5 dengan jumlah halam 3-5 Lembar. Karya tulis nantinya akan dipresentasikan pada saat final.
  6. Video Profil Mahasiswa berdurasi 3-5 menit yang memuat identitas diri peserta, prestasi, Kegiatan berorganisasi, dan soft skill yang dimiliki (Tahfidz, Art Performances, dan lain sebagainya). Soft skill Peserta akan ditampilkan pada saat final.

 

  1. PROSEDUR PEMILIHAN

 

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada Institut Agama Islam Negeri Batusangkar dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat Jurusan, Fakultas, hingga Insitut dengan prosedur dan tahapan sebagai berikut:

 

  1. Seleksi Tahap Awal (Desk Evaluation)

Desk Evaluation dilakukan oleh jurusan masing-masing dari tanggal 7-12 Oktober 2020. Jurusan akan mengirimkan satu orang mahasiswa terbaik Jurusan kepada Fakultas untuk berkompetisi pada tingkat selanjutnya pada tanggal 13 Oktober 2020. Mahasiswa terbaik jurusan harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana atau Diploma  Maksimal semester V yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Aktif Kuliah;
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata minimal 3,50 untuk Jurusan Sosial dan 3.25 untuk Jurusan  Eksakta yang dibuktikan dengan transkrip nilai mahasiswa;
  3. Belum pernah menjadi pemenang Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun-tahun sebelumnya;
  4. Memiliki prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan dibukutikan dengan sertifikat/piagam;
  5. Keterlibatan dan keakftifan dalam berorganisasi dan atau Lembaga kemahasiswaan dibuktikan dengan SK.
  6. Menuliskan Motivation Letter minimal 2 Lembar pada kertas A4.
  7. Menulis Curriculum Vitae

 

  1. Seleksi Tahap Kedua

Seleksi tahap kedua dilakukan terhadap peserta Pilmapres yang lolos seleksi tahap awal. Seleksi ini dilakukan oleh Fakultas masing-masing dari tanggal 13-18 Oktober 2020. Fakultas nantinya akan mengirimkan Tiga orang mahasiswa terbaik Fakultas untuk berkompetisi pada tahap akhir pada tanggal 19 Oktober 2020. Penilaian dilakukan bedasarkan:

  1. Wawancara wawasan umum, keagamaan, kepemimpinan, klarifikasi terhadap prestasi/capaian yang diunggulkan dan dibanggakan, dan motivation letter;
  2. Kemampuan baca tulis Alqur’an
  3. Kemampuan berbahasa asing (Arab atau Inggris)
  4. Asesmen dan pengamatan kepribadian;

 

 

  1. Seleksi tahap akhir

Seleksi tahap akhir merupakan seleksi mahasiswa berprestasi pada tingkat institut yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2020. Adapaun tahapan yang dilakukan adalah:

  1. Fakultas mengirimkan nama mahasiswa berprestasi tingkat fakultas masing-masing kepada Panitia Pilmapres tahun 2020 pada tanggal 19 Oktober 2020;
  2. Peserta pemilihan mahasiswa berprestasi melengkapi seluruh persyaratan untuk mengikuti seleksi tahap akhir seperti:
    1. Merupakan Wakil resmi dari Fakultas yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari pimpinan fakultas bidang kemahasiswaan (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama);
    2. Mengirimkan video profil diri dan karya tulis ilmiah pada tanggal 24 Oktober 2020.
    3. Mengikuti pembekalan untuk mengemban peran sebagai mahasiswa berprestasi IAIN Batusangkar pada tanggal 27 Oktober 2020. Pembekalan tersebut berupa pengembangan soft skill seperti kemampuan komunikasi, kerjasama, berfikir kritis, kreatifitas, kepercayaan diri, kegigihan, kepedulian, dan kepemimpinan.
    4. Memakai baju kurung basiba bagi wanita dan baju taluak balango bagi laki-laki pada saat final.
    5. Menampilkan Art Performances yang dikuasai pada saat final.
    6. Mempresentasikan karya tulis pada saat final.

 

  1. Mahasiswa yang dinyatakan sebagai finalis wajib mengunggah seluruh berkas persyaratan umum dan khusus pada google form yang sudah disiapkan panitia pada tanggal 24 Oktober 2020.

 

 

KOMPONEN PENILAIAN

 

 

  1. Komponen Penilaian
  1. Indeks Prestasi Kumulatif
  2. Karya Tulis Mahasiswa
  3. Prestasi/Capaian yang diunggulkan dan dibanggakan
  4. Pengetahuan Peserta
  5. Kemampuan yang dimiliki
  6. Pengamatan kepribadian

 

  1. Uraian Komponen Penilaian
  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

IPK adalah nilai rerata seluruh mata kuliah yang lulus dan disahkan oleh Dekan atau Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Peserta wajib menyertakan dua dokumen IPK yaitu a) Transkrip Nilai Sementara mahasiswa, b) Dokumen rekapitulasi IPK sesuai dengan table/formati yang disediakan. Contoh table rekapitulasi IPK.

Rekapitulasi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

 

Nama Mahasiswa             :………………………………………………

NIM                                   :………………………………………………

Jurusan/Program Studi     : ……………………………………………..

Fakultas                            : ………………………………………………

 

Semester

Tahun

Nilai IP

Jumlah SKS yang telah ditempuh

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

IPK-Total SKS

 

 

 

 

 

 

  1. Karya Tulis Ilmiah
  1. Pengertian

Karya tulis ilmiah yang dimaksud adalah tulisan ilmiah hasil kajian pustaka yang bersumber dari referensi ilmiah dan atau hasil riset. Karya tulis ilmiah berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara sistematis dan tajam, serta diakhiri dengan simpulan yang relevan.

  1. Tema

Tema Pilmapres IAIN Batusangkar tahun 2020 adalah “Mahasiswa dan Global Pandemi Covid-19”

  1. Sifat dan Isi Tulisan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Kreatif dan Obyektif
  1. Tulisan berisi gagasan kreatif untuk memberikan solusi permasalahan yang berkembang di masyarakat dan merupakan hasil pemikiran secara divergen, terbuka, dan komprehensif.
  2. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subyektif.
  3. Tulisan didukung oleh data atau informasi dari referensi ilmiah.
  4. Karya asli (bukan karya jiplakan, baik sebagian atau seluruhnya), dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba dan belum pernah dipublikasikan (baik cetak maupun elektronik).
  1. Logis dan Sistematis
  1. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis
  2. Pada dasarnya, karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, simpulan, dan rekomendasi.
  1. Isi karya tulis ilmiah berupa kajian pustaka yang bersumber dari referensi ilmiah dan atau hasil riset.
  2. Karya tulis ilmiah belum pernah diikutsertkan dalam lomba karya tulis pada tingkat manapun, kecuali pada rangkaian Pilmapres tahun ini.
  1. Sistematika Penulisan
  1. Bagian Awal
          1. Halaman judul (huruf kapital, mencantumkan nama penulis, nomor induk mahasiswa, fakultas)
          2. Lembar pengesahan (memuat judul, nama penulis, dan nomor induk mahasiswa) ditandatangani oleh mahasiswa yang bersangkutan dan pimpinan fakultas dan diberi tanggal sesuai dengan hari pengesahan
          3. Surat pernyataan keaslian karya tulis dan belum pernah dipublikasikan maupun diikut sertakan dalam kompetisi lain
          4. Prakata dari penulis
          5. Daftar isi, dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar table, daftar lampiran
  2. Bagian Inti
      1. Bab I. Pendahuluan yang berisi latar belakang dan rumusan masalah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan serta metode studi pustaka yang dilakukan
      2. Bab II. Kajian Kepustakaan yang berisi uraian tentang landasan teori atau konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji serta uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan
      3. Bab III. Pembahasan yang berisi tentang analisis-analisis permasalahan dan sintesis yang didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternative model penyelesaian masalah (solusi) atau gagasan yang kreatif.
      4. Bab IV. Penutup yang berisi simpulan dan rekomendasi. Simpulan harus konsisten dengan analisis daan sitensis padaa pembahasan serta menjawab tujuan. Rekomendasi yang disampaikan berupa alternative pemikiran atau prediksi transfer gagasan daan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat.
  3. Bagian Akhir

Bagian akhir memuat daftar pustaka dan lampiran

 

  1. Prestasi/capaian yang diunggulkan dan dibanggakan

Prestasi diraih selama menjadi mahasiswa yang mendapatkan pengakuan dan atau penghargaan yang berdampak positif pada pribadi dan perguruan tinggi. Prestasi yang dimaksud bukan hanya sekedar berpartisipasi pada kegiatan tertentu tapi juga menjadi penggerak/motvator/pemberdaya masyarakat, juara/finalis atau sekurang-kurangnya mendapat predikat tertentu.

 

 

  1. Bidang Prestasi yang Dikompetisikan
  1. Bidang Ilmiah/Penalaran/Akademik
  2. Bidang Seni-Budaya
  3. Bidang Olah Raga
  4. Bidang Teknologi, Sains, serta Inovasi
  5. Bidang Keagamaan
  6. Kewirausahaan
  7. Bidang lainnya
  1. Jenis Prestasi/Capaian Unggulan yang Tidak Dikompetisikan
  1. Pemakalah/Presenter/penyaji/Narasumber/Pemandu/Motivator/moderator dalam forum ilmiah/seminar/FGD/konferensi/lokakarya/pelatihan
  2. Penemuan inovasi
  3. Potensi HKI/Hak Cipta
  4. Kewirausahaan/Entrepreneurship
  5. Literatur, Buku, Artikel, Karya Tulis, Cerpen, Novel, Lagu yang dipublikasi/ diterbitkan
  6. Produk senin/produk olah raga/produk teknologi
  7. Pelatih/wasit/juri/coach/adjudicator
  8. Pengabdian kepada masyarakat
  9. Ketua/koordinator kepanitiaan dalam kegiatan tingkat provinsi/nasional/ regional/internasional
  1. Jenis Capaian Karir di Organisasi Kepemudaan/Kemahasiswaan
  1. Organisasi kemahasiswaan/lembaga kemahasiswaan: SEMA dan DEMA Institut, SEMA dan DEMA Fakultas, dan HMJ
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  3. Unit Kegiatan Khusus (UKK)
  4. Organisasi Profesi Mahasiswa
  5. Organisasi kemahasiswaan lainnya
  6. Organisasi sosial kemasyarakatan lainnya

 

  1. Pengetahuan yang dilakukan melalui proses wawancara pada saat final pemilihan mahasiswa berprestasi.
  1. Pengetahuan Keagamaan
  2. Pengetahuan Sosial dan Budaya
  3. Pengetahuan ke-IAIN-an
  4. Pengetahuan Umum

 

  1. Kemampuan peserta seperti baca tulis alqur’an, berbahasa asing, art performances dan lain-lain.
  2. Kepribadian dengan mengamati perilaku peserta selama kegiatan berlangsung seperti kesantunan dalam berpakaian dan berbicara, kedisiplinan/ketepatan waktu, partisipasi dan keaktifan dalam berbagai kegiatan dan lain sebagainya. Merujuk pada pedoman nasional, hasil kepribadian tidak dikuantifikasikan, tetapi dijadikan syarat untuk menentukan kepatutan sebagai Mapres terpilih.

 

  1. Pelaksanaan Penilaian

Pada tingkat fakultas, penilaian merujuk pada standar bobot penilaian pada tingkat perguruan tinggi sebagaimana ddiatur dalam Pedoman Pilmapres 2018, yakni unsur-unsur yang dinilai adalah sebagai berikut:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan bobot 20%;
  2. Karya tulis ilmiah terdiri dari nilai tulisan dan presentasi, dengan bobot 25%;
  3. Prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan, dengan bobot 20%;
  4. Pengetahuan dengan bobot 15% dan
  5. Kemampuan, dengan bobot 20%

 

  1. Jadwal Kegiatan

 

No

Tanggal

Kegiatan

Ket

1

7-12 Oktober 2020

Seleksi Tahap Awal

Jurusan

2

13 Oktober 2020

Pengiriman Mapres Jurusan ke Fakultas

3

13-18 Oktober 2020

Seleksi Tahap Kedua

Fakultas

4

19 Oktober 2020

Pengiriman Mapres Fakultas ke Institut

5

24 Oktober 2020

Penyerahan Berkas Finalis (Umum dan Khusus)

Finalis

6

27 Oktober 2020

Pembekalan peserta Pilmapres

Institut

7

28 Oktober 2020

Final Pilmapres IAIN Batusangkar tahun 2020

 

 

 

 

 

IV. PENUTUP

 

 

Pelaksanaan pemilihan mahasiswa berprestasi IAIN Batusangkar tahun 2020 merupakan salah satu upaya untuk mendorong tumbuh-kembangnya kegiatan akademik mahasiswa IAIN Batusangkar sebagai bagian dari upaya menegakkan dan mengembangkan budaya akademik di lingkungan IAIN Batusangkar, khususnya pengembangan budaya berkompetisi dan berprestasi.

Dengan adanya pedoman pemilihan mahasiswa breprestasi IAIN Batusangkar tahun 2020 diharapkan penyelenggaran kegiatan mahasiswa IAIN Batusangkar dapat diselenggarakan dengan baik, terencana, dan menghasilkan keluaran sesuai dengan target yang diharapkan yaitu mahasiswa IAIN Batusaangkar yang berprestasi tidak hanya disisi akademik tetapi juga non akademik. Pedoman ini mewadahi tata cara penyelenggaraan serta pengelolaan kegiatan yang dilengkapi dengan petunjuk teknis program pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2020.

Kriteria dan prosedur yang digunakan dalam pedoman ini akan dikembangkan dan diperbaiki agar lebih sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. SELAMAT BERKOMPETISI DAN TERIMA KASIH.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 1.  COVER KARYA TULIS

 

 

LOGO PERGURUAN TINGGI

 

 

JUDUL

KARYA ILMIAH YANG DIAJUKAN MENGIKUTI PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI PADA IAIN BATUSANGKAR

 

 

 

 

 

OLEH

NAMA LENGKAP

NIM

JURUSAN

FAKULTAS

 

 

 

 

 

 

 

NAMA JURUSAN

NAMA FAKULTAS

NAMA PERGURUAN TINGGI

KOTA

TAHUN

 

 

 

 

 

LAMPIRAN II. SURAT PERNYATAAN

 

 

SURAT PERNYATAAN

 

Saya bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama                          :

Tempat/Tanggal Lahir :

Jurusan                       :

Fakultas                      :

Perguruan Tinggi        :

Judul Karya Tulis        :

 

Dengan ini memyatakan bahwa Karya Tulis yang saya sampaikan pada kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 ini adalah benar karya saya sendiri tanpa tindakan plagiarisme dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba karya tulis.

Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tersebut tidak benar, saya bersedia menerima sanksi dalam bentuk pembatalan predikat Mahasiswa Berprestasi.

 

Batusangkar, ………………………. 2020

Yang Menyatakan,

 

(Materai 6000)

 

Nama Lengkap

NIM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN IV.

 

REKAP DATA PRESTASI/CAPAIAN MAHASISWA

 

Keterangan:

  1. Kegiatan yang dimaksud adalah seluruh capaian/penghargaan/pengakuan yang diunggulkan mulai dari yang dinilai terbaik.
  2. Isikan hasil pencapaian, contoh: juara 1; hasil penghargaan contoh: piagam penghargaan; dan hasil pengakuan contoh: diundang sebagai pembicara, dan lain sebagainya.
  3. Tahun adalah tahun perolehan capaian/penghargaan/pengakuan
  4. Nama dan lembaga pemberi adalah lembaga/individu yang memberikan
  5. Individu atau kelompok (sudah jelas)
  6. Tingkat adalah klaster capaian/penghargaan/pengakuan berupa internasional, regional, nasional, provinsi, lokal dan lain sebagainya.

 

 

 

 

Batusangkar,             2020

Juri

 

 

Nama Lengkap

 

 

 

 

 

LAMPIRAN V

 

PRESTASI/KEMAMPUAN UNGGUL

 

(Penilaian terhadap prestasi mahasiswa sebenarnya bisa melihat pedoman skek iain batusangkar tetapi berikut ini merupakan panduan umum pilmapres nasional)

 

  1. Pencapaian

Tingkat

Pencapaian

Individu

Kelompok

Internasional

Juara1

16

8

Juara 2

15

7,5

Juara 3

14

7

Regional

Juara1

13

6,5

Juara 2

12

6

Juara 3

11

5,5

Nasional

Juara1

10

5

Juara 2

9

4,5

Juara 3

8

4

Provinsi

Juara1

7

3,5

Juara 2

6

3

Juara 3

5

2,5

Lokal

Juara1

4

2

Juara 2

3

1,5

Juara 3

2

1

 

Keteranga:

  1. Pencapaian adalah prestasi mahasiswa pada satu atau beberapa bidang ilmu tertentu yang diperoleh melalui mekanisme kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional/regional/nasional/provinsi/lokal.
  2. Kompetisi tingkat internasional adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional, atau kompetisi yang diiikuti oleh peserta yang minimal berasal dari 3 kawasan regional di dunia.
  3. Kompetisi tingkat regional adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat regional, atau kompetisi yang diiikuti oleh peserta yang minimal berasal dari 3 negara disuatu kawasan regional. Beberapa contoh kawasan Regional adalah ASEAN, Asia Pasifik, Asia, Eropa, Amerika.
  4. Kompetisi tingkat Nasional adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat nasional, atau kompetisi yang diiikuti oleh peserta yang minimal berasal dari 3 provinsi yang ada di Indonesia.
  5. Kompetisi tingkat Provinsi adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat provinsi, atau kompetisi yang diiikuti oleh peserta yang minimal berasal dari 3 Kabupaten/Kota di suatu provinsi yang ada di Indonesia.
  6. Kompetisi tingkat Lokal adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat lokal.
  7. Apabila mahasiswa mencapai prestasi yang dilakukan melalui kompetisi berjenjang dari tingkat bawah sampai ke atasnya, maka yang dinilai adalah hanya prestasi pada jenjang tertinggi yang diperolehnya.
  8. Apabila suatu event kompetisi memberikan peringkat juara kategori, maka nilai untuk prestasi tersebut 80% dari nilai prestasi Juara 3 utamanya. Contoh suatu event kompetisi perorangan tingkat Internasional memberikan peringkat prestasi juara 1, Juara 2, Juara 3 dan Juara Kategori A, maka nilai prestasi Juara 1 = 16, Juara 2 = 15, juara 3 = 14 dan Juara Kategori A = 80% x 14 = 11,2
  9. Apabila ada prestasi yang masuk juara umum, maka akan diberikan tambahan nilai 2 setelah kumula

 

  1. Penghargaan/Pengakuan

Tingkat

Individu

Kelompok

Internasional

10

5

Regional

8

4

Lokal

6

3

PT/Provinsi

4

2

Lokal

2

1

 

Keterangan:

  1. Penghargaan/Pengakuan adalah pemberian/penghargaan/pengakuan yang diberikan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional/regional/nasional/provinsi/lokal atas capaian prestasi mahasiswa.
  2. Apabila mahasiswa mendapatkan beberapa penghargaan/pengakuan untuk suatu event maka penghargaan/pengakuan yang diberi penilaian hanyalah satu penghargaan tertinggi yang diperoleh oleh mahasiswa tersebut.

 

 

  1. Kepemimpinan

Tingkat

Jabatan

LK (1)

LK (2)

Ketua

Pengurus Harian

Ketua

Pengurus Harian

Internasional

13

11

9

7

Regional

12

10

8

6

Nasional

11

9

7

5

Wilayah

10

8

6

4

PT/Provinsi

9

7

5

3

Fakultas

8

6

4

2

Jurusan

7

5

3

1

 

 

Keterangan:

  1. LK (1): SEMA, BEM, UKM/UKK, Organisasi Mahasiswa antar perguruan tinggi, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, LK lainnya (yang melakukan pemilihan pengurus)
  2. LK II:Badan Semi Otonom
  3. Pengurus Harian: Sekretaris/Bendahara/Pembantu Umum/Ketua Panitia Kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN VI

PENILAIAN PRESENTASI KARYA TULIS

 

Nomor Peserta           : ……………………………..

Nama Peserta             : ……………………………..

Jurusan                       : ……………………………..

Fakultas                      : ……………………………..

 

No

Kriteria Penilaian

Bobot

Skor

SKor Terbobot

1

Penyajian

  1. Sistematika Penyajian dan Isi

10

 

 

  1. ALat Bantu

10

 

 

  1. Penggunaan Bahasa tutur yang baku

10

 

 

  1. Cara presentasi (sikap)

5

 

 

  1. Ketepatan Waktu

5

 

 

2

Tanya Jawab

Ketepatan dan kecepatan jawaban (25)

  1. Penguasaan materi

15

 

 

  1. Sintesa dan Analisa

10

 

 

Cara menjawab (35)

  1. Argumentasi

 

 

 

  1. Santun

 

 

 

  1. Bahasa Tutur

 

 

 

  1. Terstruktur

 

 

 

Total Nilai Skor Terbobot (Maksimal 1000)

 

 

Catatan:

  1. Nilai skor yang diberikan berkisar dari 4 sampai dengan 10.
  2. Skor terbobot = bobot x nilai skor
  3. Bobot presentasi: 60%