Rektor Sambut Mahasiswa PPL Internasional

By Doni Okta 29 Okt 2019, 14:29:57 WIB Kemahasiswaan
Rektor Sambut Mahasiswa PPL Internasional

Batusangkar-FTIK: Senin (21/10/2019) Rektor IAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA menyambut kepulangan mahasiswa PPL internasional. Sebanyak 4 mahasiswa sudah melewati PPL Internasional di Ma’had Muhammadi Perempuan Kelantan Malaysia yang berakhir 13 Oktober 2019.Mahasiswa PPL tersebutberasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (Asti Nazhyfa &Nurlaila) dan Jurusan Bimbingan dan Konseling (Dita Anggraini & Siska Putri Amdani) FTIK IAIN Batusangkar.

Pelaksanaan PPL Internasional ini diawali dengan tahap persiapan melalui orientasi dan observasi sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan merancang beberapa program kerja yang meliputi kegiatan praktek mengajar dan praktek manajemen sekolah. Alhamdulillah kegiatan PPL di Malaysia tersebut berjalan lancar sesuai dengan program kerja yang direncanakan. Meskipun terdapat beberapa kendala, berkat adanya kerja sama yang solid antara mahasiswa PPL dengan pihak sekolah menjadikan kendala tersebut tidak terlalu berarti. Ini terlihat dari kepulangan mereka yang berhasil mengantongi berbagai ilmu mengajar dan manajemen sekolah di Ma’had Muhammadi Perempuan Kelantan Malaysia.

Rektor sangat menyambut baik kepulangan mahasiswa tersebut. Beliau mengungkapkan “Semoga pengalaman yang diperoleh selama menjalani PPL di Malaysia dapat diterapkan di beberapa sekolah di tanah air dan ilmu tersebut juga bisa dishare dengan sesama mahasiswa lainnya”.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Dr. Sirajul Munir, M.Pd menuturkan bahwa “Bulan November mendatang FTIIK juga akan memberangkatkan mahasiswa PPL Internasional lainnya ke Thailand. Mereka akan praktek di sana  mulai 11 November 2019 sampai 11 Mei 2020. Mahasiswa tersebut akan bergabung dengan 13 Perguruan Tinggi lainnya Se-Indonesia”.(VR/HM)