TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN, FEBI ADAKAN WORKSHOP

By Doni Okta 22 Okt 2018, 15:09:33 WIB Akademik
TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN, FEBI ADAKAN WORKSHOP

Keterangan Gambar : Foto Bersama Peserta dengan Pematri


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar, adakan workshop penyusunan ANJAB (Analisis Jabatan), ABK (Analisis Beban Kerja), dan SOP (Standar Operasional Prosedur)  Jumat/ahad 19/21 Oktober 2018.

Kegiatan dengan tema "Menuju Pengelolaan Fakultas yang Efektif, Efisien, Transparan dan Profesional, yang diselengarakan selama dua tersebut di pusatkan di Hotel Royal Denai Bukittinggi.

Ulya Atsani Dekan FEBI mengatakan dalam menunjang dan meningkatkan kualitas layanan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang strategis bagi aspek Institusi kita sebagai pengelola dalam melayani mahasiswa dengan utuh.

Diharapkana dari kegiatan ini tersusunnya dokumentasi ABK, Anjab dan SOP Layanan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang menjadi panduan dan acuan dalam pelaksanaan kerja-kerja harian sehingga bisa menopang pencapain visi dan misi dari Fakultas "ucap Ulya.

Sementara itu pemateri yang kita datangkan dalam melekasanakan kegiatan ini antaranya, Prof. Dr. Yasri, MS dari Universitas Negeri Padang, yang juga kepala badan pengelola pengembangan bisnis. Beliau juga seorang guru besar bidang Pemasaran dengan konsentrasi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah.

Dalam paparannya Yasri, MS menjelaskan analisis jabatan terbagi dua rincian yaitu, uraian jabatan dan spesifikasi jabatan. Uraian jabatan juga terdiri dari Analisis beban kerja, perencanaan pegawai, rekrutmen dan seleksi.

“Jadi setiap pengusulan pegawai/karyawan harus sesuai dengan analisis jabatan yang dibutuhkan. Begitupun untuk menempati suatu posisi, seseorang tersebut harus memenuhi spesifikasi/kualifikasi pada posisi yang akan ditempati tersebut. Kegunaan informasi dari analisis jabatan dimulai dari rekrutmen dan seleksi, program latihan dan pengembangan sampai dengan yang terakhir melakukan orientasi pada karyawan tersebut”.

Sedangkan SOP menurut penuturan Yasri, MS adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu organisasi telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis. SOP bersifat tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami. Oleh sebab itu kita harus memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pengguna layanan.

Wokshop ini juga di hadiri Dekan FEBI besera Wakil Dekan, Kabag, Kasubbag, Ka. Labor, Ketua Jurusan beserta Staf Administrasi yang ada pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar.(meri/dn/hm)